Minggu, 14 Juli 2013

Ki Enthus Akhirnya Potong Rambut

TALANG - Hari ketiga ramadan menjadi pilihan Ki Enthus Susmono untuk memangkas rapi rambut gondrongnya yang selama ini telah menjadi 'trade mark' penampilannya. Keputusan memangkas rapi rambutnya tersebut atas desakan teman dekatnya, KH Awi, guru spriritualnya KH Makfudz yang juga ketua rois suriyah MNC NU, serta KH Makfur, ketua Banser, dan tentunya ibu-ibu pengajian. Ritual pemangkasan rambut dilakukan diruang utama Sanggar Satria Laras, Jumat (12/7) sekitar pukul 23.00 WIB.
Pemangkasan rambut diawali dengan pembacaan surah Al Fatehah oleh KH Makfudz sekaligus yang menjadi pemangkas pertama rambut dalang wayang santri tersebut. Iringan musik hadroh dan sholawat Thoallabadru serta gending jawa mewarnai prosesi pemotongan rambut yang juga turut dilakukan secara bergantian oleh para kyai, istri, dan kerabat dekatnya.
KH Awi mengakui, dirinya mendesak Ki Enthus untuk merapikan rambutnya agar terlihat lebih sopan. "Memang figur seorang seniman yang telah melekat pada diri Ki Enthus identik dengan kebebasan. Kini saatnya kebebasan tersebut butuh toleransi. Masyarakat belum mau menerima ada pejabat yang berambut panjang. Dengan penampilan rambut rapi kesan urakan dan seperti preman hilang dengan sendirinya," tuturnya.
Sementara KH Makfudz menyatakan rasullolah selama hidupnya sempat memangkas rambutnya sebanyak tiga kali. "Pemangkasan kali ini bermakna pembersihan diri menuju kehidupan yang lebih jernih dimasa mendatang," tegasnya.
Ki Enthus Susmono mengakui selama hidupnya dia terhitung baru 2 kali memangkas rambutnya. Pemangkas pertama dilakukan di tahun 2008 ketika dirinya masuk penjara. Lapas menghendaki penghuni harus berambut pendek. Dari pengakuannya, potongan rambutnya kala itu diabadikan dalam wayang 'ponokawan wanda bui' yang dikerjakannya di dalam sel penjara.  "Selepas dari lapas tahun 2009 saya ingin memanjangkan rambut tersebut hingga tahun 2013. Kurang lebih 4 tahun rambut saya panjang kembali," terangnya. (her)
Sumber Berita :  http://www.radartegal.com/index.php?id=152

0 komentar:

Poskan Komentar