Sabtu, 11 Juni 2011

Apakah Anda Pernah Mengalami Gangguan Tidur Seperti Di Tindih Setan?

Pernah terbangun dari tidur, tapi sulit bergerak ataupun berteriak? dont worry, anda tidak sedang diganggu makhluk halus. Ini penjelasan ilmiahnya.
Pada saat mengalami ini biasanya kita akan sulit sekali bergerak dan kemudian ada sedikit rasa dingin menjalar dari ujung kaki ke seluruh tubuh. Untuk bisa bangun, satu-satunya cara adalah menggerakkan ujung kaki, ujung tangan atau kepala sekencang-kencangnya hingga seluruh tubuh bisa digerakkan kembali,biasanya disertai juga dengan munculnya bayangan kegelapan. Hal inilah yang diasumsikan “ketindihan” makhluk halus orang sebagian besar orang.


Sleep Paralysis
Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya.
Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.
Di dunia Barat, fenomena tindihan sering disebut mimpi buruk inkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada juga yang merasa melihat agen rahasia asing atau alien. Sementara di beberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat menduduki dada seorang perempuan hingga ia ketakutan dan sulit bernapas.
Kurang Tidur
Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM).
Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi.
Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).
Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.
Selain itu, sleep paralysis juga bisa disebabkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Akibatnya, muncul stres dan terbawa ke dalam mimpi. Lingkungan kerja pun ikut berpengaruh. Misalnya, Anda bekerja dalam shift sehingga kekurangan tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur.
Meski biasa terjadi, gangguan tidur ini patut diwaspadai. Pasalnya, sleep paralysis bisa juga merupakan pertanda narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan, atau depresi.
Jika Anda sering mengalami gangguan tidur ini, sebaiknya buat catatan mengenai pola tidur selama beberapa minggu. Ini akan membantu Anda mengetahui penyebabnya. Lalu, atasi dengan menghindari pemicu. Bila tindihan diakibatkan terlalu lelah, coba lebih banyak beristirahat.
Kurang tidur pun tidak boleh dianggap remeh. Jika sudah menimbulkan sleep paralysis, kondisinya berarti sudah berat. Segera evaluasi diri dan cukupi kebutuhan tidur. Usahakan tidur 8-10 jam pada jam yang sama setiap malam.
Perlu diketahui juga, seep paralysis umumnya terjadi pada orang yang tidur dalam posisi telentang (wajah menghadap ke atas dan hampir nyenyak atau dalam keadaan hampir terjaga dari tidur). Itu sebabnya, kita perlu sering mengubah posisi tidur untuk mengurangi risiko terserang gangguan tidur ini.
Nah, jika tindihan disertai gejala lain, ada baiknya segera ke dokter ahli tidur atau laboratorium tidur untuk diperiksa lebih lanjut. Biasanya dokter akan menanyakan kapan tindihan dimulai dan sudah berlangsung berapa lama. Catatan yang telah Anda buat tadi akan sangat membantu ketika memeriksakan diri ke dokter.
Mitos Sleep Paralysis Di Berbagai Negara
- Di budaya Afro-Amerika, gangguan tidur ini disebut the devil riding your back hantu atau hantu yang sedang menaiki bahu seseorang.
- Di budaya China, disebut gui ya shen alias gangguan hantu yang menekan tubuh seseorang.
- Di budaya Meksiko, disebut se me subio el muerto dan dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang.
- Di budaya Kamboja, Laos dan Thailand, disebut pee umm, mengacu pada kejadian di mana seseorang tidur dan bermimpi makhluk halus memegangi atau menahan tubuh orang itu untuk tinggal di alam mereka.
- Di budaya Islandia, disebut mara. Ini adalah kata kuno bahasa Island. Artinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari, berusaha membuat orang itu sesak napas dan mati lemas.
- Di budaya Tuki, disebut karabasan, dipercaya sebagai makhluk yang menyerang orang di kala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil napasnya.
- Di budaya Jepang, disebut kanashibari, yang secara literatur diartikan mengikat sehingga diartikan seseorang diikat oleh makhluk halus.
- Di budaya Vietnam, disebut ma de yang artinya dikuasai setan. Banyak penduduk Vietnam percaya gangguan ini terjadi karena makhluk halus merasuki tubuh seseorang.
- Di budaya Hungaria, disebut lidercnyomas dan dikaitkan dengan kata supranatural boszorkany (penyihir). Kata boszorkany sendiri berarti menekan sehingga kejadian ini diterjemahkan sebagai tekanan yang dilakukan makhluk halus pada seseorang di saat tidur.
- Di budaya Malta, gangguan tidur ini dianggap sebagai serangan oleh Haddiela (istri Hares), dewa bangsa Malta yang menghantui orang dengan cara merasuki orang tersebut. Dan untuk terhindar dari serangan Haddiela, seseorang harus menaruh benda dari perak atau sebuah pisau di bawah bantal saat tidur.
- Di budaya New Guinea, fenomena ini disebut Suk Ninmyo. Ini adalah pohon keramat yang hidup dari roh manusia. Pohon keramat ini akan memakan roh manusia di malam hari agar tidak menggangu manusia di siang hari. Namun, seringkali orang yang rohnya sedang disantap pohon ini terbangun dan terjadilah sleep paralysis.


Sumber:(Anehbinunik.blogspot.com)

9 Keajaiban Alam Dunia

9 Keajaiban Alam Dunia 2 Dari Indonesia

1. Ngarai Sianok Bukittinggi – Indonesia



2. Raja Ampat Papua – Indonesia


3. Mount Everest – Perbatasan Nepal & Tibet


4. Gurun Sahara – Afrika


5. Angel Falls – Venezuela

6. Antartika


7. Grand Canyon Arizona – USA


8. Montblanc – France-Suisse


9. Niagara Falls -Canada







Sumber http://beritaaneh.com/2010/06/9-keajaiban-alam-dunia-2-dari-indonesia/

Air Kelapa Muda sebagai Obat Alternatif Urtikaria

Air Kelapa Muda sebagai Obat Alternatif Urtikaria
SOLEHAH CATUR RAHAYU
Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Pusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan dan Teknologi Kesehatan


Pendahuluan
Penyakit alergi dengan berbagai manifestasinya sering dijumpai di masyarakat. Faktor penyebabnya seringkali sulit ditentukan walaupun dengan tes alergi sekalipun karena sering terjadi reaksi silang. Salah satu manifestasi dari penyakit alergi berupa urtikaria. Urtikaria merupakan suatu sindroma (kumpulan gejala) yang menifestasinya berupa gatal-gatal dan bintik-bintik merah pada kulit yang pada umumnya disebabkan oleh alergi. Namun, penyakit ini juag dapat disebabkan oleh krisis emosi atau karena terkena panas atau dingin. Walaupun penyakit ini tidak berbahaya, keluhan gatal yang terjadi sangat mengganggu.
Penyembuhan penyakit alergi seringkali sulit karena sifatnya yang seringkali kambuh, sehingga pengobatan seringkali diperlukan secara berulang. Pengobatan dengan obat-obat moderen, selain biayanya mahal juga dapat menimbulakn efek samping. Obat-obat untuk alergi seperti golongan kortikosteroid dapat menimbulkan efek samping berupa "full moon face" (wajah gemuk bulat seperti bulan) jika digunakan dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, jika ada obat alternatif untuk penyakit alergi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak membahayakan pemakai dan lebih murah, tentulah sangat diharapkan.
Tulisan ini merupakan laporan kasus yang ditemui penulis dalam mengamati penderita urtikaria yang diduga karena alergi telur atau daging ayam. Penderita ini sembuh dengan pengobatan moderen dan air kelapa hijau yang diminum.
Tujuan tulisan ini adalah menganalisis dugaan air kelapa muda hijau untuk penyembuhan urtikaria karena alergi.
Tinjauan Pustaka
Urtikaria adalah bintik-bintik merah pada kulit yang sangat gatal dan membentuk lapisan yang membengkak, kemudian meradang sehingga kelihatan tebal. Keadaan ini bersifat sementara dan akan layu dalam beberapa menit atau jam, kalau tidak akan menjadi kronis untuk jangka waktu lama1.
Dalam banyak hal, penyebab bintik-bintik merah adalah alergi terhadap obat-obatan, makanan, sengatan serangga, atau bahan-bahan protein seperti serbuk kembang. Namun, lebih dari 20% disebabkan oleh krisis emosi atau karena terkena dingin, panas, sinar matahari, tekanan, atau air1.
Obat-obat penyebab alergi paling terkenal adalah penisilin dan aspirin. Bahan-bahan protein yang masuk melalui hidung seperti serbuk kembang, jamur, debu dari bulu burung, debu rumah, dan ketombe binatang dapat menimbulkan urtikaria. Demikian juga dengan sengatan serangga seperti lebah tabuhan dan penyengat lainnya1.
Kasus alergi terhadap makanan hanya sedikit yang menimbulkan urtikaria. Namun, jika demikian maka makanan tersebut harus dihapuskan dari daftar menu. Jenis makanan yang dapat menyebabkan alergi adalah telur, ikan, kerang, cokelat, jenis kacang tertentu, tomat, tepung terigu, arbei, buah jeruk, daging babi, daging sapi, dan bumbu masak1.
Tindakan yang harus dilakukan: 1,2
  1. Mencari dan menghindari bahan atau keadaan yang menyebabkan penyakit ini.
  2. Untuk menghilangkan rasa gatal, dapat dioleskan sedikit tepung soda bakar yang sudah dicampur dengan air atau sepersepuluh larutan methanol dalam alkohol.
  3. Dapat diberikan obat antihistamin yang merupakan obat pilihan.
  4. Jika serangannya hebat, dapat disuntikkan larutan epinefrin atau efedrin dan kortikosteroid.
Deskripsi Kasus
Kasus 1

Identitas penderita: seorang anak laki-laki, umur 4 tahun, berat badan (BB) 18 kg. Riwayat alergi: pada waktu bayi, penderita alergi susu sapi dengan manifestasi mencret, kemudian susu sapi diganti dengan susu kedelai. Dilakukan desensitisasi dengan cara memberinya susu sapi dan menghentikannya saat gejala alergi muncul dan memberinya dengan susu kedelai lagi. Hal ini dilakukan berulang kali sehingga akhirnya penderita kebal terhadap susu sapi. Tidak ada riwayat alergi telur ayam atau daging ayam.
Kebiasaan penderita: penderita punya kebiasaan setiap kali makan selalu ada lauk telur ayam satu biji atau separoh. Hal ini berlangsung setiap hari selama berbulan-bulan. Selama itu, tidak ada gejala apapun yang ditimbulkannya. Dalam satu bulan sebelum sakit, kebiasaan tersebut dihentikan, penderita amat jarang makan telur ayam, paling banyak satu dalam sehari, itupun kalau sedang sulit makan.
Perjalanan penyakit: suatu pagi, kulit seluruh tubuh penderita mendadak gatal. Pada kulit tampak benjolan-benjolan kemerahan persis seperti kena bulu ulat. Penderita diberi obat CTM 1/4 tablet dan dexametason 1/5 tablet. Gejala berkurang, tetapi tidak hilang. Pada waktu tidur malam gejala hilang, tetapi saat bangun tidur gejala muncul kembali. Lama-lama, benjolan-benjolan pada kulit berubah melebar dan lebih merah dengan tepi yang tidak rata. Sebagian bergabung dengan lainnya dan tampak tebal. Saat itu, terpikir dugaan tentang penyebabnya, yaitu karena air mandi kurang bersih, alergi debu, dingin, atau alergi makanan. Antisipasi yang dilakukan adalah air untuk mandi diberi cairan antiseptik, lantai dibersihkan dengan pembersih lantai yang mengandung antiseptik, memakaikan baju panjang, serta tidak mengkonsumsi makanan yang diduga menjadi penyebab alergi. Makanan tersebut antara lain telur ayam, daging ayam, ikan laut, dan susu sapi. Tetapi, gejala tetap ada.
Pada hari kesepuluh, penderita dibawa ke praktik dokter spesialis anak, konsultan alergi imunologi. Diduga, urtikaria pada penderita terjadi akibat alergi telur ayam, karena kasus serupa sering terjadi. Oleh karena itu, penderita disarankan tidak makan telur ayam, daging ayam, dan ikan. Terhadap penderita tidak dilakukan tes alergi karena tidak mungkin. Kulitnya penuh dengan urtikaria dan tubuhnya mengandung histamin yang tentu akan bereaksi terhadap tes yang dilakukan walaupun sebenarnya tesnya negatif. Penderita mendapatkan obat dalam bentuk puyer yang berisi efedrin 0,01 mg, ryzen 1/2 tablet, dan sanmetidin 0,100 mg. Obat ini diminumkan 2 kali sehari untuk pemakaian 5 hari dan celestamin syrup 3 x 1 sendok. Dalam 1 kali pemberian, gejala langsung berkurang. Setelah beberapa kali pemberian, gejala menghilang setiap kali sehabis minum obat. Namun, jika efek obat telah habis (saat waktunya minum obat), gejala muncul lagi. Keadaan ini berlangsung terus hingga obat tersebut habis.
Pengobatan dilanjutkan dengan pemberian incidal 1/2 tablet dan dexamethason 0,25 mg, tiga kali sehari. Keadaan penderita tetap seperti sebelumnya. Selain obat tersebut, penderita juga minum air kelapa hijau + gula dengan takaran dan frekuensi tergantung kemauan penderita untuk minum. Pada hari pertama pemberian, gejala tetap. Pada hari kedua pemberian, urtikaria dan rasa gatal hilang sama sekali. Incidal diberikan 1 kali lagi, kemudian dihentikan. Sedangkan dexamethason tetap diberikan secara tappering (frekuensi pemberian dikurangi secara perlahan-lahan). Pemberian air kelapa hijau diteruskan sampai 7 hari. Sampai tulisan ini dibuat, urtikaria tidak pernah muncul lagi walaupun kadang-kadang penderita makan telur ayam atau daging ayam.
Kasus 2
Identitas penderita: seorang anak perempuan, umur 5 1/2 tahun, berat badan (BB) 20 kg. Riwayat alergi: penderita alergi obat golongan kotrimoksazol dengan manifestasi rash pada kulit dengan warna merah. Jika parah, kulit pecah-pecah. Jika sembuh, rash tersebut menjadi hitam. Tidak ada riwayat alergi telur atau daging ayam.
Perjalanan penyakit: suatu hari timbul bintik-bintik merah disertai rasa gatal di perut. Saat itu, penderita juga menderita ISPA. Penderita dibawa ke dokter dan mendapat obat Amoxicillin 3 x 250 mg, Demacolin 3 x 2/3 tablet, CTM 3 x 1/2 tablet, dan vitamin B kompleks 3 x 1/2 tablet. Sebelum urtikaria muncul, penderita minum obat kotrimoksazol. Tiga hari sebelumnya, penderita makan chicken nugget
Setelah minum obat, urtikaria bertambah parah dan menyebar ke seluruh tubuh. Setelah 2 hari pemberian obat, urtikaria mulai berkurang, namun belum hilang dan rasa gatal masih ada. CTM dihentikan dan hanya diberikan saat penyakitnya parah. Kadang-kadang penyakit menjadi parah setelah penderita diajak bepergian.
Pada hari ke-4 sore hari, penderita minum CTM 1/2 tablet. Urtikaria tetap ada walaupun tidak parah. Keesokan harinya, pagi hari, penderita mulai minum air kelapa muda hijau seperti layaknya minum minuman selingan. Takaran dan frekuensi minum semau penderita. Sejak itu, penderita tidak minum CTM lagi. Sore harinya, urtikaria menghilang dan rasa gatal tidak ada lagi.
Diskusi
Secara empiris, urtikaria seringkali disebabkan oleh alergi telur ayam. Pada kasus 1, penderita sudah satu bulan tidak/jarang menkonsumsi telur ayam. Hal ini bisa saja terjadi karena bahan-bahan alergen (penyebab alergi) secara kumulatif terkumpul di dalam tubuh yang suatu saat dapat muncul sebagai reaksi alergi.
Ada beberapa kemungkinan penyebab kesembuhan urtikaria pada kedua penderita di atas. Pertama, memang sudah waktunya sembuh dengan obat-obatan, walaupun tanpa air kelapa hijau muda. Kedua, air kelapa hijau muda dapat menyembuhkan urtikaria. Ketiga, air kelapa hijau muda membantu obat moderen dalam penyembuhan urtikaria. Hal ini terbukti karena pada kasus 1, sebelum pemberian air kelapa gejala selalu muncul kembali pada waktunya minum obat. Selain itu, pada kasus 2 urtikaria tidak hilang walaupun minum obat dan baru hilang setelah minum air kelapa hijau muda. Kemungkinan kedua ini beralasan, karena beberapa literatur menyebutkan bahwa salah satu khasiat air kelapa muda adalah sebagai antidotum (penawar) terhadap keracunan makanan, racun arsenik, kroton, jatropha (jarak pagar), dan Aleuritis dari familia Euphorbiaceae. Air kelapa muda juga berkhasiat untuk diuretikum, pembersih darah, obat TBC, obat sifilis, obat demam, dan gangguan pada saluran kencing.
Di Bagian Ilmu Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Pajajaran/ RS Hasan Sadikin, Bandung, bahkan telah digunakan sebagai bahan untuk rehidrasi oral yang mengandung mineral. Mineral tersebut adalah Natrium 1,15-1,67 mEq/L, Kalium 50-84 mEq/L, dan Chlorida 22,5-40 mEq/L dengan ph rata-rata 5,5 (5-6).
Selain mineral, air kelapa muda juga mengandung glukose, sakarose, zat putih telur, asam arang, enzim osidase, dan katalase yang membuat gula serta zat samak3,4,5.
Dengan khasiat sebagai penetral racun, diduga air kelapa muda juga dapat menetralkan zat-zat penyebab alergi. Namun, zat mana dari air kelapa muda yang mempunyai khasiat penawar racun, masih belum jelas. Adapun adanya anggapan di masyarakat bahwa air kelapa hijau muda lebih berkhasiat daripada yang lainnya, belum ada literatur yang menyebutkan.
Kesimpulan
  • Air kelapa muda dapat digunakan untuk detoksifikasi terhadap racun tertentu.
  • Pada kasus di atas, masih belum jelas penyebab sembuhnya urtikaria. Mungkin dari obat-obat moderen, mungkin juga dari air kelapa hijau muda. Atau, mungkin obat moderen dan air kelapa hijau muda saling menunjang.
  • Belum ada literatur yang menyebutkan perbedaan zat yang terkandung maupun khasiat antara air kelapa hijau muda maupun air kelapa muda yang biasa.
Saran
  • Untuk memastikan khasiat air kelapa muda hijau dalam penyembuhan urtikaria diperlukan eksperimen sederhana. Yaitu, jika ada kasus seperti tersebut di atas, berikan air kelapa muda hijau tanpa obat-obatan lain. Perlu menggunakan kontrol yang menggunakan air kelapa muda biasa.
  • Perlu penelitian tentang zat-zat yang terkandung dalam air kelapa hijau muda dan zat yang berkhasiat sebagai penawar racun, serta dibandingkan dengan air kelapa muda yang biasa.
Daftar Pustaka
  1. Shryock, H. Penuntun Perawatan & Pengobatan Modern Jilid 2 terjemahan dari Modern Medical guide. Bandung : Indonesia Publishing House, 1984.
  2. Konthen, P.G. et al. Alergi Makanan dalam Pedoman Diagnosis dan Terapi RSUD dr. Soetomo Lab/UPF Ilmu Penyakit Dalam. Surabaya : 1988 : 17-19.
  3. Sahly, S. Pengobatan dengan Resep-resep Asli. Solo: CV. Aneka, 1992.
  4. Wijayakusuma, H. et al. Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia Jilid Ke-3. Jakarta : Pustaka Kartini, 1994.
  5. Handian, S. Manfaat Air Kelapa Muda. Berita IDI Nomor 43 Tahun III Agustus 1980 : 9
  6.  
    Sumber Berita : http://www.tempo.co.id/medika/arsip/042002/kas-1.htm

Nuri Maulida: Operasi Vagina=Bohongi Diri



Nuri Maulida Foto: Deni
Pemberitaan mengenai operasi khususnya vagina kembali menjadi pembicaraan. Terakhir, kabar Dewi Perssik yang melakukan operasi vagina dengan alasan ingin kembali seperti perawan. Namun di mata pesinetron dan penyanyi Nuri Maulida, operasi tersebut bisa dijalankan atau tidak seperti keinginan orang yang dioperasi dia tak tahu, bahkan meski operasi ini dilakukan dengan prosedur medis
"Apakah operasi itu bisa atau enggak, saya enggak tahu. Secara kedokteran pun saya enggak tahu. Kalau bisa, amazing. Tapi dengan status sudah menikah sama aja membohongi diri sendiri," jelasnya.
Namun jika hanya untuk merawat diri atau memperbaiki, dia mengaku tidak menjadi persoalan. "Kalau cuma memperbaiki atau merawat diri perempuan bagi saya enggak masalah. Namun itu balik lagi ke diri masing-masing," lanjutnya ketika ditemui di kantor Nagaswara, Jumat (10/6).
Dia sendiri mengatakan enggan bila melakukan operasi itu. Sebab masih banyak cara alami yang dapat untuk merawat organ wanita. "Banyak hal alami untuk memanjakan suami. Karena saya baca buku tentang kewanitaan. Secara yang masih belum nikah sudah ada caranya, misal senam kegel dan sebagainya," tutup Nuri. (kpl/dis/mae)
Diambil dari :  KapanLagi.com, Selebriti - Sabtu, 11 Juni 2011 19.18 WIB

Julie Estelle

Nama: Julie Estelle Nick Name: Julie
Tanggal lahir: 4 Jan 1989 Status: Single
Zodiak: Capricorn Lahir di: Jakarta
Debut: Film 'Alexandria' (2005)
Gadis kelahiran Jakarta 21 tahun silam ini pernah diramalkan oleh salah satu media hiburan Indonesia sebagai salah satu aktris muda Indonesia yang memiliki masa depan cerah dalam dunia perfilman Indonesia. Aktingnya yang memikat dalam trilogi film horror "Kuntilanak" arahan Rizal Mantovani telah menjadi sebuah tonggak penting bagi karir Julie Estelle yang juga merupakan adik kandung dari mantan VJ stasiun televisi khusus musik MTV, Cathy Sharon. Perannya sebagai sosok Samantha, gadis misterius yang sering dihantui sosok Kuntilanak dalam film produksi MVP Pictures pada 2006 itu nyatanya memang menjadi catatan karir penting bagi Julie Estelle untuk menapaki dunia hiburan tanah air. Film yang mencetak rekor box office cukup mengesankan itu akhirnya menelurkan dua sekuel yang rilis secara bersamaan pada tahun berikutnya. Walaupun tidak mencetak rekor box office dua film lanjutan "Kuntilanak" makin mengasah karir Julie Estelle untuk menjadi seorang aktris muda menjanjikan.
Baru-baru ini pemilik nama lengkap Julie Estelle Gasnier ini ikut bermain dalam sebuah film thriller horror arahan Mo Brothers yang diberi tajuk "Ruma Dara". Akting memikatnya kembali dimainkan dalam film yang penuh dengan banyak adegan sadis ini. Beberapa media bahkan menyebut penampilan Julie Estelle dalam film ini sebagai salah satu aktris muda yang patut diperhitungkan untuk regenerasi aktris senior macam Christine Hakim dan Jajang C. Noer.
Dunia akting sendiri dikenalnya sejak dia bergabung dalam proyek film ambisius milik rumah produksi ReXinema yang bertajuk  "Alexandria" pada tahun 2005. Perannya sebagai karakter Alexandria Yasmina, sosok gadis yang diperebutkan dua pria cukup mencari perhatian publik. Ketika itu, Julie Estelle masih berada di bawah baying-bayang sang kakak yang sudah mapan sebagai VJ di kanal musik MTV.
Dalam film arahan oleh Ody C. Harahap tersebut dimana Fachry Albar dan Marcel Chandrawinata juga ikut bermain itu, Julie Estelle diganjar sebuah penghargaan bergengsi sebagai "Most Favorite Rising Star" dalam ajang MTV Indonesia Movie Awards 2006. Sebuah catatan yang mengagumkan tentunya, mengingat "Alexandria" adalah pintu gerbang pertama bagi Julie Estelle menapaki dunia hiburan tanah air.

Pada tahun yang sama Julie Estelle juga ikut bergabung dalam sebuah proyek film bertema cinta "Dealova", dimana dia harus beradu akting dengan Evan Sanders yang ketika itu masih menjadi VJ di kanal khusus musik, MTV. Walaupun film ini tidak terlalu mendapatkan pendapatan box office yang luar biasa, posisi Julie Estelle semakin diperhitungkan oleh sineas Indonesia.
Seperti layaknya aktris kebanyakan, Julie juga pernah menjadi salah satu model video klip untuk Matta Band. Prestasi lain yang cukup mencorong dari Julie Estelle adalah saat dia terpilih sebagai salah satu pengisi suara untuk film animasi box office "Teenage Mutant Ninja Turtles" yang merupakan tayangan ekslusif dari sebuah jaringan televisi kabel khusus untuk wilayah Indonesia.
Julie sendiri kebagian sulih suara untuk karakter April O'Neil, salah satu karakter penting dalam film itu. Bintang Indonesia lainnya yang terlibat dalam proyek ambisius ini adalah Nicholas Saputra.
Sebagai aktris muda yang terbilang seksi, kontroversi juga pernah datang untuk Julie Estelle saat kedapatan berpose untuk majalah Playboy versi Indonesia yang terbit pada medio Juli 2006. Saat itu Julie Estelle dilaporkan oleh kelompok Front Pembela Islam (FPI) karena terkait dengan foto-foto dirinya yang mengumbar aurat dalam edisi ketiga majalah Playboy. Kasus ini menguap begitu saja tanpa ada kelanjutan seiring dibredelnya majalah Playboy akibat tekanan FPI setahun kemudian.
Pada awal tahun 2008, menjelang dirilisnya trilogi terakhir dari film horor "Kuntilanak", publik kembali dikejutkan oleh beredarnya foto-foto syur Julie Estelle mengenakan bikini seksi bersama dengan sang kekasih ketika itu, Moreno Soeprapto. Foto itu memperlihatkan kemesraan di sebuah pantai antara Julie Estelle bersama dengan keluarga besar Moreno. Kasus ini walaupun sempat mengejutkan public, kembali menguap seiring dengan berakhirnya hubungan asmara antara Julie Estelle dengan adik dari pembalap Ananda Mikola itu pada medio akhir tahun 2008.

Putus hubungan dari Moreno Soeprapto yang berprofesi sebagai pembalap, tidak membuat Julie Estelle jera. Tak lama kemudian dia membina hubungan dengan beberapa pria yang berprofesi sebagai selebritis. Belum lama ini, dia memproklamirkan hubunganny dengan penyanyi muda Ello. Meskipun sedang hangatnya, hubungan mereka masih jauh dari pernikahan demikian sebuah sumber yang dekat dengan mereka mengatakan.
Julie Estelle sendiri merupakan lulusan dari Lycée International Français de Jakarta, sebuah sekolah Perancis yang ada di Jakarta. Kegiatan terbaru Julie Estelle saat ini menjadi juru bicara dan member aktif dalam masyarakat pengguna mobile blogging platform di Wapaku.com. Setelah bermain dalam sejumlah film dengan kualitas akting yang mengagumkan, akhirnya Julie Estelle bisa lega karena semakin sedikit gosip yang mengganggap karirnya didapat dengan mendompleng sang kakak.
Pada tahun 2010 ini, untuk pertama kalinya Julie Estelle juga ikut bermain dalam sebuah stripping sinetron berjudul "Amanah Dalam Cinta" bersama dengan aktor muda Christian Sugiono dan aktris Alice Sofie Norin. Kegiatan syuting yang cukup melelahkan dan berlangsung sepanjang hari nyatanya tidak membuat Julie Estelle kapok menjalani aktivitas terbarunya itu. Dalam akun twitter-nya akhir-akhir ini Julie selalu mengatakan senang dengan kegiatan terbarunya itu karena memiliki teman-teman mengasyikan di tempat syuting.
Sumber Berita : http://id.omg.yahoo.com/galleries/photos/

Pangeran Harry - Cameron Diaz Teman 'Nge-Gym'

Sepertinya persahabatan keluarga kerajaan dengan para selebriti akan semakin 'meluas'. Salah satunya disebabkan oleh persahabatan yang dijalin Pangeran Harry dengan aktris cantik Cameron Diaz!


Sepertinya persahabatan keluarga kerajaan dengan para selebriti akan semakin 'meluas'. Salah satunya disebabkan oleh persahabatan yang dijalin Pangeran Harry dengan aktris cantik Cameron Diaz !
Kedua pesohor ini dikabarkan mulai dekat setelah bertemu di sebuah pusat kebugaran eksklusif di London. Diaz sendiri berada di London untuk syuting film terbarunya, GAMBIT. Seorang sumber juga menyatakan bahwa keduanya cepat akrab, bahkan Harry mengundangnya dalam sebuah pesta bersama teman-temannya.
"Sejak sampai di Inggris, Cameron ingin bisa melanjutkan latihan dan olah raga yang biasa dilakukannya. Produser pun memberinya keanggotaan di sebuah pusat kebugaran mewah dan ekstra rahasia, tanpa tahu bahwa Pangeran Harry adalah salah satu anggotanya," jelas sang sumber, seperti dilansir The Mirror.
"Pada pertemuan pertama, mereka hanya saling menyapa. Tak sengaja mereka bertemu lagi untuk kedua kalinya. Di pertemuan kedua, mereka lari bersama di treadmil, dan Harry menggoda Cameron dengan mengganti pengaturnya menjadi perlombaan satu kilometer. Cameron setuju, dan menang. Sejak itu keduanya menjadi cukup dekat. Harry bahkan mengundang teman nge-gym barunya ini untuk minum bersama dirinya dan teman-temannya," lanjutnya. (spl/mae)
 
diambil dari: Editor KapanLagi.com, Hollywood - Kamis, 09 Juni 2011 10.24 WIB

Keindahan Alam Queenstown

Keindahan Alam Queenstown

Film trilogi "The Lord of the Rings", yang meraih 17 Oscar, menjadikan Selandia Baru sebagai salah satu tujuan berlibur dunia yang wajib dikunjungi. Selandia Baru memiliki segudang pemandangan dan tempat wisata lainnya yang mampu memanjakan mata Anda, seperti ditulis oleh Express on Sunday asal Inggris: "Jika saja lokasi film bisa mendapatkan Oscar, Selandia Baru akan memenangkannya."

Tetapi Selandia Baru tidak melulu soal lokasi pengambilan film dan bungy jumping (yang, ngomong-ngomong, merupakan tradisi suku Kiwi). Negara termuda dunia ini masih kental dengan kekayaan alam dan aset wisata lainnya yang menjadikannya sempurna sebagai tempat berlibur.


Pemandangan Danau Wanaka. Kredit foto: Tourism New Zealand Image Library/Kieran Scott
Dengan ruang terbuka yang sangat luas, lanskap pegunungan, pantai-pantai menawan, iklimnya pun hangat serta pemandangan alam yang indah. Dengan segala kesempurnaan ini, para pasangan baru yang ingin berbulan madu, penikmat petualangan sampai keluarga yang berlibur bisa pergi ke negeri ini, karena Selandia Baru bisa membuat terbuai.

Kota wisata Queenstown adalah salah satu dari lebih 150 lokasi tempat sutradara Peter Jackson melakukan syuting film Hollywood-nya. Di kota ini terdapat danau empat musim kebanggaan New Zealand dan tempat penginapan pegunungan. Terletak di tepi Danau
Wakatipu, tempat ajaib ini akan membawa imajinasi Anda melayang, meningkatkan gairah hidup dan semangat Anda.

Sejarah kawasan ini terkait dengan emas. Pada 1862, dua orang pencukur domba ’ketiban rezeki’ emas di tepi Sungai Shotover. Kemudian, kota yang hidup karena penambangan emas itu diberi nama Queenstown karena "..cocok untuk Ratu Victoria."

Kegiatan petualangan seperti olahraga di salju, bungy jumping, perahu jet, berkuda dan arung jeram. Anda juga dapat memanjakan diri saat berlibur sambil mencicipi makanan dan anggur, berperahu di danau, perawatan spa, belanja di butik dan bermain golf.

Queenstown penuh dengan restoran, klub malam dan kafe dan petualangan lainnya, serta penuh dengan aktivitas semangat. Selama bertahun-tahun, kota ini telah cukup banyak melakukan perluasan di bidang pariwisata lain, termasuk perkebunan anggur, galeri seni, kesenian jalanan dan program menantang dari olahraga golf.


Hotel tua di Arrowtown, Selandia Baru. Kredit foto: Tourism New Zealand Image Library

Kendurkan Otot Anda


Makan malam mungkin sebuah hal yang biasa di negara lain, tapi istimewa jika Anda sedang berada di Queenstown. Ada lebih dari 100 restoran cita rasa tinggi di sini – mulai dari restoran berkelas, kafe stylish, restoran keluarga, bar sushi, tempat wine ... Anda bisa pilih sesuai selera.

Selama musim panas dan musim gugur, biasanya penduduk lokal senang menyantap makan malam mereka di kafe pinggir jalan, seperti restoran taman, sambil menikmati makanan dan segelas anggur. Anda bisa menikmati semua itu di kala hawa sedang hangat sementara matahari terbenam pada pukul 10 malam. Saat musim dingin, perapian yang menyala serta makanan hangat yang khusus dibuat oleh restoran siap untuk disajikan dengan segelas anggur untuk menghangatkan tubuh Anda.

Queenstown merupakan bagian dari wilayah Central Otago. Anggur setempat telah sering mendapat penghargaan. Setiap saat adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke Central Otago yang terkenal dengan anggur jenis Pinot Noirs. Ada 45 kebun anggur di Central Otago dan anggur-anggur itu terus berkembang pesat hingga terkenal di selurh dunia. Pinot Noirs dari wilayah itu sangat diakui dan dicari, meskipun jenis anggur lainnya berhasil tumbuh juga dengan kualitas tinggi – ditanam di atas tanah shaly dengan iklim keras yang dipercaya sangat kondusif untuk produksi anggur.


Danau di Queenstown tampak makin indah dengan warna-warna musim gugur. Kredit foto: Tourism New Zealand Image Library/Bob McCree

Jika berminat, Anda bisa ikut tur mengenai anggur atau bisa menyewa mobil dan mengunjungi kebun anggur di Gibbston Valley, kawasan utama penghasil anggur di Queenstown. Gibbston Valley Wines, kebun anggur komersial pertama di Queenstown, terkenal dengan jamuan makan siangnya dan mencoba rasa anggur. Anda juga bisa melakukan tur ke gua anggur dan pabrik keju.

Berpengalaman melayani pengunjung selama lebih dari satu abad, Queenstown telah mengembangkan infrastruktur akomodasi di setiap pasar. Terdapat lebih dari enam perwakilan hotel internasional di sini. Banyak hotel dan resor yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari pusat kota sambil menikmati pemandangan. Beberapa penginapan mewah menampilkan gaya arsitektur yang indah dengan furnitur serta pelayanan yang luar biasa. Tempat penginapan biasanya berukuran kecil, melayani hanya cukup 4-6 orang, dan biasanya termasuk dengan pelayanan yang mewah.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati olahraga golf. Queenstown memiliki empat program, termasuk Millbrook. Anda bisa meluangkan waktu sehari dan memanjakan diri Anda di spa, atau menghabiskan waktu di pagi hari dengan berbelanja di butik yang tersedia di Queenstown.

Pelangi yang indah bisa Anda lihat di Danau Wakatipu. Di sana, Anda bisa menangkap ikan tawar pelangi, ikan tawar berwarna coklat dan quinnat salmon sepanjang tahun. Izin bisa didapatkan di kota dan pemandu bisa membawa Anda ke tempat pemancingan
terbaik.


Bersepeda di sekitar Danau Wakatipu. Kredit foto: Tourism New Zealand Image Library/Holly Wademan

Jika Anda ingin bepergian ke danau, Anda bisa menyewa kapal pesiar, yang disesuaikan untuk individu atau kelompok. Jika Anda ingin menyendiri, Anda bisa bepergian dengan kapal pesiar dari Queenstown kemudian berteduh di kawasan pegunungan, terutama di Danau Wakatipu.

Saatnya Bertualang


Jika Anda seorang petualang, Queenstown adalah tempat yang cocok untuk menguji adrenalin Anda. Tempat ini dijuluki sebagai "Adventure Capital of the World" – ibukota petualangan di dunia. Sebuah julukan yang dibuat oleh para pencari sensasi, yang berani memainkan adrenalin mereka, dan bertualang di lingkungan liar.

Aksi bungy jumping yang menakutkan ternyata berasal dari negeri ini. Ada segudang aktivitas yang bisa Anda lakukan disini, seperti: sky diving, mendaki gunung, arung jeram, kayak, memancing, berkuda, bersepeda, berjalan di hutang, terbang indah, berlayar, berselancar, jet boat, meluncur dan bungy Nevis! Di musim dingin, pegunungan diselimuti oleh kabut putih yang membuat tempat itu menjadi tempat yang bagus untuk melakukan ski, snow car, snowboard, heliski dan parapent.


Naik lift menuju pegunungan sebelum meluncur di salju. Kredit foto: Tourism New Zealand Image Library/Lake Wanaka Tourism.

Wanaka


Wanaka terletak di balik pegunungan Southern Alps di South Island, Selandia Baru. Tempat ini sangat damai, hanya sekitar satu jam jika Anda berkendara dengan mobil dari Queenstown. Dekat dengan Mount Aspiring National Park, kawasan ini adalah surga alam yang terletak di sebelah danau yang indah.

Hiruk-pikuk kehidupan di Wanaka jauh lebih tenang daripada di Queenstown, namun kawasan itu juga menawarkan kegiatan yang sama. Jadi, jika Anda ingin melakukan paralayang, perahu jet atau rap jumping dalam suasana yang lebih tenang, Wanaka adalah tempat yang cocok.


Sebelum melakukan heliboarding, Anda akan dibawa ke ketinggian ekstrim. Kredit foto: Tourism New Zealand Image Library/Miles Holden

Terdapat pula restoran dengan cita rasa yang baik dan beberapa bar. Banyak rumor yang menyebutkan, kue wortel terbaik bisa didapatkan di kafe-kafe tepi danau di Wanaka.

Danau Wanaka terletak tepat di tengah danau-danau lainnya. Ia merupakan pintu gerbang menuju Mt. Aspiring National Park, yang terkenal dengan gletsernya dan tempat mendaki. Gunung-gunung di sekitar danau adalah surga bagi pecinta ski. Kota itu sendiri memiliki sebuah desa untuk berbelanja dengan berbagai macam suasana untuk bersantai, makan dan minum.

Perlambat langkah dan hayati suasana sekitar. Anda tidak akan bisa merasakan suasana tempat itu sebelum menjelajahinya dengan berjalan kaki.

Eely Point Walk adalah aktivitas berjalan kaki di samping Danau Wanaka. Anda bisa mencapainya dalam waktu 15 menit. Terlindung dari angin, Eely Point adalah kawasan terkenal untuk berperahu dan piknik. Kemudian, hanya butuh waktu lima menit untuk melanjutkan perjalanan ke Bremner Bay, teluk yang dangkal yang sangat populer untuk tempat berenang keluarga.


Dublin Bay di Wanaka, Selandia Baru. Kredit foto: Tourism New Zealand Image Library/Gilbert van Reenen

Dari Bremner Bay, jalur ini akan mengikuti garis pantai Danau Wanaku hingga ke Pantai Penrith, yang menampilkan pemandangan indah danau dan gunung sekitar. Dengan mengikuti jalan dari Penrith Beach, Anda bisa menikmati Lake Outlet Walk.

Waterfall Creek Walk dimulai dari sebelah kiri Roys Bay – yang merupakan pantai utama di Danau Wanaka. Tempat itu mengikuti garis pantai hingga ke bagian Wanaka dari Damper Bay. Wanaka Station Park, di sebelah kiri dekat Waterfall Creek Walk, adalah tempat yang cocok untuk piknik. Rute itu terus berlanjut ke sepanjang jalan di depan Edgewater Resort Hotel dan Rippon Vineyard hingga ke Waterfall Creek. Kemudian terus hingga ke puncak tertinggi, yang menawarkan pemandangan indah dari Wanaka Township dan danau.

Arrowtown


Salah satu pemukiman yang paling indah di New Zealand adalah Arrowtown yang berada di sepanjang Sungai Arrow, yang dulunya merupakan tempat mendulang emas. Kota itu mempertahankan nilai sejarahnya dengan lebih dari 60 bangunan yang dibangun kembali dari abad ke-19. Pesona emas itu bisa Anda lihat di sepanjang jalan (meski Anda masih bisa mengambil emas di sungai).

Hanya 20 menit jika Anda berkendara dari Queenstown, Arrowtown adalah pusat perkebunan anggur terbaik, galeri artis, lapangan golf, memancing dan daerah ski. Anda juga bisa menjelajahi pemukiman para penambang Cina, dan berkunjung ke Museum Distrik Danau, bermain di lapangan golf lokal yang menantang atau mencoba perjalanan 4WD hingga ke Macetown, sebuah kota hantu yang hanya dapat diakses oleh jalur kereta. Arrowtown memiliki berbagai macam kafe, restoran dan toko-toko yang menarik.

Warna-warna musim gugur di Arrowtown, Selandia Baru. Kredit foto: Tourism New Zealand Image Library

Cuaca saat musim dingin dan rindang di musim semi menggantikan hari-hari musim panas yang panjang dan musim gugur yang menakjubkan. Perubahan musim  merupakan cerminan terbaik dari sejarah pepohonan yang berjajar di pinggir jalan. Festival musim gugur menampilkan para fotografer handal dan artis yang bisa memberikan inspirasi.

Glenorchy


Sekitar 40 menit dari Queenstown, terdapat sebuah kota pedesaan di Glenorchy, ujung barat Danau Wakatipu, dengan latar belakang hutan milik penduduk asli dan pegunungan yang tertutup salju.


Surga di Glenorchy. Kredit foto: Kredit foto: Tourism New Zealand Image Library/Ian Brodie.

Tempat ini dikenal sebagai pintu gerbang menuju Routeburn, Caples, Greenstone, Rees dan rute jalan Dart Valley. Selain itu, bisa juga jadi lokasi bermain perahu jet dan kayak di Dart River. Anda bisa menghubungi otoritas setempat jika Anda merencanakan untuk berjalan di salah satu trek. Menunggang kuda juga sangat disarankan. Kota ini juga memiliki berbagai macam penginapan, satu hotel dan beberapa kafe. Ide yang bagus untuk membeli perlengkapan mendaki dekat Queenstown. 
Sumber Berita : http://id.travel.yahoo.com/jalan-jalan/

Dari Jerman ke Bukit Tinggi

Dari Jerman ke Bukittinggi

Oleh Famega Syavira Putri

Penjajahan Belanda di Indonesia meninggalkan jejaknya di Bukittinggi. Kenang-kenangan itu berupa Jam Gadang yang menjadi ciri khas kota.

Jam ini dibangun pada 1926, sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada sekretaris kota. Hingga kini menara Jam Gadang masih menjadi bangunan tertinggi di Bukittinggi.



Jam Gadang dilengkapi lonceng besar di bagian atasnya. Di lonceng itu tertera pabrik pembuat jam: “Vortmann Relinghausen, I.W Germany”. Vortman adalah nama belakang pembuat jam ini, Benhard Vortmann. Recklinghausen adalah nama kota tempat mesin jam diproduksi di Jerman pada 1892.

Karena uniknya mesin jam ini, tidak ada montir yang bisa memperbaiki. “Jadi kalau rusak atau macet, kami perbaiki sendiri,” kata Yusrizal, satu dari empat petugas penjaga jam.Para penjaga tak pernah belajar memperbaiki mesin jam secara formal. Pengetahuan teknis mengenai jam ini diajarkan secara turun-temurun dan terbukti berhasil karena kerusakan kecil pada jam selalu berhasil diperbaiki oleh mereka.



“Kecuali saat gempa tahun 2007. Bandul jam sempat patah dan harus diganti,” kata Andre, petugas jaga yang lain. Gempa di Padang tahun 2010 juga membuat dinding menara retak, namun tak merusak mesin jam.

Andre dan Yusrizal sedang bertugas jaga siang, bergantian dengan dua orang petugas yang akan berjaga pada malam hari. Empat orang itulah yang melakukan seluruh pemeliharaan. Mereka bertugas merawat jam, menjaga keamanan, hingga menyapu lantai. Kecuali telah mendapatkan izin, pengunjung dilarang memasuki bagian dalam menara.

Bagian dalam menara terdiri dari beberapa tingkat. Tingkat paling atas adalah tempat penyimpanan lonceng. Mesin jam dan permukaan jam terletak pada satu tingkat di bawah. Menaiki tangga kecil ke atas cukup menguras tenaga. Tetapi perjuangan menaiki anak tangga itu tentunya terbayar.


Bagian dalam jam yang tak bisa dimasuki sembarang orang. Foto: Famega Syavira


Mesin jam yang keahlian memperbaikinya dipelajari secara turun-temurun. Foto: Famega Syavira

Dari atas menara, tampaklah kota yang dikeliligi tiga gunung: Singgalang, Merapi dan Sago.

Jam Gadang menjadi pusat penanda kota Bukittinggi. Acara-acara kota biasanya diselenggarakan di lapangan dekat menara ini. Salah satunya sebagai titik dimulainya etape ke-4 Tour de Singkarak pada 9 Juni 2011.



Tempat ini juga menjadi ruang interaksi favorit warga. Pada hari kerja pun lapangan di sekitar Jam Gadang tampak ramai. Anak-anak berlarian dan bermain dengan gelembung sabun, sementara orangtua mereka duduk-duduk di keteduhan. Sebuah ruang publik gratis yang seharusnya ada di setiap kota di Indonesia. 
Sumber Berita : http://id.travel.yahoo.com/

MenontonMigrasi Paus di Sydney

Menonton Migrasi Paus di Sydney



Paus punggung bungkuk mulai muncul di sepanjang pantai timur Australia, pekan lalu, bersamaan dengan jadwal migrasi tahunan mereka menuju belahan bumi utara. Wisata menonton paus pun mendapat banyak peminat. Tak heran, baik turis maupun penduduk lokal memadati pantai untuk menonton rombongan paus.

Pelarangan perburuan paus sangat berpengaruh dalam menaikkan jumlah populasi mamalia itu. Pada 1996, menurut penelitian Taman Nasional, tercatat hanya ada 242 paus punggung bungkuk. Saat ini, populasi paus sudah mencapai 7 ribu ekor. Jadi lebih mudah untuk melihat kawanan hewan tersebut.

"Kita mungkin tidak akan bisa melihat kawanan ini pada awal dan akhir musim, tapi ada peluang 99 persen di tengah musim, kita bisa melihat mereka," kata Richard Ford, pemilik Whale Watching Sydney. Dia menyediakan jasa menonton paus ke Sydney sejak sepuluh tahun lalu.

Jepang saat ini tengah berusaha melobi International Whaling Council untuk memperbolehkan perburuan paus (whaling) komersial.

Kapal-kapal asal Jepang memburu paus minke di Laut Selatan untuk alasan penelitian, tapi ternyata ada 5 ribu ton daging paus yang dijual di pasar ikan. Hal ini membuat Pemerintah Australia tidak senang.

Protes yang terus berlanjut dari kapal aktivis Australia, Sea Shepherd, menyebabkan Jepang mempersingkat musim perburuan pausnya tahun ini. Hasilnya, “hanya” 506 paus yang tertangkap dari target 850, menurut laporan ABC.

Australia sudah mengajukan tuntutan di pengadilan internasional mengenai perburuan paus di Laut Selatan. Tapi vonis dari Den Haag baru akan keluar pada tahun 2013.

Lebih banyak kesempatan melihat paus




Seekor paus punggung bungkuk muncul di lepas pantai Sydney. Apakah kapal penumpang terlalu dekat? Selama migrasi ini, kapal dilarang berada dalam jarak 300 meter dari anak paus.

"Seperti kapal penangkap ikan, kami bersandar pada banyak variabel untuk menemukan paus seperti para pengamat paus di pantai, analisis ombak — banyak faktor," kata Ford.

Paus adalah mamalia berdarah panas. Mereka bermigrasi ke perairan tropis untuk kawin, biasanya di Teluk Hervey di lepas pantai Queensland. Di sana, tur-tur pengamat paus juga bisa Anda temukan.

Mereka lalu kembali ke selatan, ke arus hangat sekitar bulan Oktober — pengujung musim melihat paus di Sydney.

Paus Southern Rite yang jarang terlihat juga ikut bermigrasi di utara Sydney, tapi tak akan pergi jauh melewati Queensland. "Kami melihat ada 17 (Paus Southern Rite) tahun lalu," kata Ford.

Kini, paus punggung bungkuk tengah menuju perairan yang lebih hangat di Laut Coral, memanfaatkan arus dalam ke arah utara, sekitar 5 km dari pinggir pantai. Bahkan para pengamat paus di pinggir pantai pun bisa melihat sekilas paus masuk ke dalam air atau kibasan ekor mereka.

Tur pengamatan paus sudah menjadi sebuah industri, kata Ford. "Kota mana lagi yang bisa menawarkan tiga jam menonton paus dari pinggir pelabuhan?" tambahnya.

Begitupun, tidak ada jaminan paus akan selalu terlihat. Banyak kapal yang kembali ke dok tanpa sedikit pun melihat paus.

Melihat paus di Sydney



Perjalanan bolak-balik dari Darling Harbour, Circular Quay dan Manly Wharf, tiap hari $60 (kapal kecil), $80 (kapal besar), +61 (0)2 9583 1199, www.whalewatchingsydney.net

Sydney Whale Watching, tur pagi dan sore hari berangkat dari Darling Harbour dan Circular Quay, $75 ($67.50 online), +61 (0)2 9571 6845, www.sydneywhalewatching.com

Dua-duanya menawarkan harga rombongan dan diskon keluarga. 
Sumber Berita : http://id.travel.yahoo.com/jalan-jalan/

Pantai Siung Pesona Baru Yogyakarta

Pantai Siung adalah salah satu pantai di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Meski termasuk yang paling baru dikenal, pantai ini telah menjadi andalan wilayah tersebut. Belum lama ini, saya mengunjungi pantai itu dan menyadari potensi wisata yang dimilikinya.

Siung terletak di Kecamatan Tepus, sekitar 70 km dari Yogya. Berbeda dengan pantai-pantai yang telah lebih dahulu dikenal seperti Parangtritis, Siung termasuk pendek. Pantai ini terletak di cekungan yang panjangnya hanya sekitar 300-400 m. Namun justru di sinilah letak keistimewaannya.

Pantai pendek ini dikelilingi oleh karang-karang besar berwarna kehitaman, yang sebagian besar ditumbuhi vegetasi dan lumut hijau. Paduan laut biru jernih dan karang kehijauan menambah keindahan panorama tempat ini.


Pantai Siung. Foto: Puput Aryanto

Siung bukanlah pantai yang paling ideal untuk berenang karena menghadap langsung ke Samudera Hindia. Topografi pantai yang berkarang dan berbatu serta ombak yang besar pun menyulitkan Anda untuk berenang. Tak heran pemerintah setempat memasang tanda larangan berenang. Namun, tentu Anda masih bisa bermain-main air di pinggir pantai.

Keistimewaan lain dari pantai ini adalah masih banyaknya pepohonan di pinggir pantai. Anda tinggal menyewa tikar dari penduduk sekitar dan berteduh di bawah pohon-pohon itu.

Selain cocok sebagai tempat melarikan diri dari kesibukan sehari-hari, Siung sangat sesuai bagi Anda yang memiliki hobi fotografi. Pantai yang pendek dan dibatasi karang-karang justru merupakan objek foto yang sangat menarik.

Bila tidak keberatan mengeluarkan keringat, Anda dapat mengikuti jalan setapak di sisi kiri pantai untuk mencapai puncak tebing. Sekitar 10-15 menit dibutuhkan hingga sampai ke puncak. Dari sana, akan terlihat keseluruhan pantai dan karang-karang besar di sisi kiri dan kanan. Juga terlihat Pantai Wediombo yang berada di sisi sebelah timur Siung.

Selain menjadi objek wisata dan foto yang menarik, daerah di sekeliling Pantai Siung juga sering dijadikan tempat latihan panjat tebing. Mahasiswa pencinta alam di Yogya — dan bahkan luar kota — sering berlatih di sini, memanfaatkan tebing-tebing dengan ukuran bervariasi dan jalur yang beragam.

Karena baru dikenal beberapa tahun belakangan ini, Siung belum banyak dikunjungi wisatawan. Air lautnya masih jernih, karang-karangnya pun masih bebas dari tangan-tangan jahil manusia.

Penduduk setempat telah membangun warung, toilet dan mushola di pantai ini. Berbeda dengan tempat wisata kebanyakan, harga-harga di pantai ini masih tergolong normal sehingga pantai ini dapat menjadi opsi jalan-jalan murah bagi Anda.

Bila perut mulai melilit, Anda dapat mendatangi salah satu warung yang berjajar di pinggir pantai. Biasanya mereka menyediakan mi instan, nasi dan lauk, serta es kelapa muda. Anda juga dapat meminta penjaga warung untuk memasakkan ikan yang baru ditangkap nelayan.

Sayangnya, di daerah ini banyak nelayan menangkapi bayi hiu padahal hewan itu adalah salah satu spesies yang dilindungi.

Menuju Siung


Dengan kendaraan pribadi dari Yogya, Anda tinggal menuju ke Jalan Wonosari. Dari Yogya hingga ke Wonosari, ibukota Gunungkidul, dibutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam perjalanan. Hati-hati terhadap jalan yang menanjak dan berliku.

Sampai di Wonosari, Anda tinggal mengikuti jalan ke arah Pantai Baron hingga persimpangan yang menuju ke Pantai Siung. Total waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Siung sekitar 2-2,5 jam tergantung moda transportasi dan kecepatan kendaraan Anda.

Bila Anda memilih kendaraan umum, Anda harus naik bis ke terminal Wonosari. Di sana Anda harus berganti dengan minibus arah Tepus atau Jepitu. Di perhentian terakhir Anda harus menyewa ojek.

Karena jalur transportasi umum masih kurang memadai, cara ini tidak disarankan. Anda yang berasal dari luar kota lebih baik menyewa motor/mobil di Yogya, dan menempuh perjalanan sendiri hingga lokasi yang dituju.

Jangan khawatir, seperti hampir keseluruhan wilayah Yogyakarta, akses jalan hingga ke tempat-tempat terpencil – termasuk Siung dan pantai-pantai di sekitarnya – adalah jalan aspal halus. 

Dengan kendaraan pribadi, Anda juga akan lebih mudah untuk mengunjungi pantai-pantai lain di wilayah itu, antara lain Sundak, Krakal, Wediombo dan Sadeng. Mari kita ke Yogya!

Harga tiket (pungutan resmi)
Orang   Rp 1000
Mobil    Rp 1500
Motor   Rp 1000

Parkir
Mobil    Rp 5000
Motor   Rp 2000

Oleh Olenka Priyadarsani
Sumber Berita : http://id.travel.yahoo.com/jalan-jalan

Tur Sejarah Letusan Krakatau

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG - Peluncuran hari meletusnya Gunung Krakatau di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, pada 27 Agustus 1883 menjadi paket wisatawan manca negara. Setiap turis akan dikenakan biaya sebesar Rp 100 juta untuk menikmati paket terpadu yang disiapkan kabupaten tersebut.
"Kami akan meluncurkan setiap tanggal 27 Agustus sebagai hari Kunjungan ke Gunung Krakatau. Paket wisata terpadu kami siapkan untuk turis asing dengan biaya Rp 100 juta per orang," kata Sekretaris Daerah Pemkab Lampung Selatan, Sutono, di Kalianda, Jumat (10/6).
Menurut dia, selama ini hari meletusnya Gunung Krakatau tidak pernah dilirik sebagai momen untuk menunjang kepariwisataan Lampung terutama Lampung Selatan. "Bupati menyambut baik gagasan ini, sehingga setiap tahun khusus ada paket wisata terpadu di kabupaten bersejarah ini," terangnya.
Mengenai paket wisata Rp 100 juta, ia mengemukakan hal ini hanya diperuntukkan untuk turis manca negara bukan orang Indonesia. Dalam paket ini, selain menginjakkan kaki di gunung Anak Krakatau, tuan rumah akan menyediakan paket wisata lain yang ada di kabupaten ini.
Paket wisata yang ditawarkan yakni menapak di kaki gunung Anak Krakatau, Krakatau Night, Festival Budaya, kunjungan kuliner Dermaga Bom, kunjungan sentra peternakan dan kerajinan, dan pengenalan potensi kabupaten Lampung Selatan.
Ia berharap tahun ini dapat diluncurkan dan tahun depan menjadi paket wisata manca negara yang rutin setiap tahun. Ia optimistis paket kunjungan ke Gunung Anak Krakatau ini akan menargetkan 100 orang turis.
Gunung Krakatau menjadi terkenal ke manca negara sejak meletus. Menurut buku 100 Natural Wonders of The World tahun 1995, Krakatau meletus pukul 10 pagi dengan kekuatan 1.482 megaton atau 26 kali lebih kuat dari bom hidrogen terbesar.
Letusan melontarkan batu sejauh 34 mil (55 km) ke udara dan menewaskan 36.380 orang. Letusan juga menghasilkan gelombang pasang Tsunami setinggi 40 meter yang melahap 295 desa.
Ledakannya terdengar ke Benua Afrika, Austria Selatan, Ceylon, dan Filipina. Langit menyala merah hingga dapat dilihat hingga di Eropa dan Amerika Utara. Material yang dimuntahkan mencapai 18 km kubik.
Sumber Berita : http://id.custom.yahoo.com/paling-indonesia/jalanjalan-kuliner-artikel/

Jumat, 10 Juni 2011

Rumah Kelahiran Bung Karno di Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) - Walikota Tri Rismaharini meresmikan pemasangan prasasti "Di Sini Tempat Kelahiran Bapak Bangsa Dr Ir Soekarno, Penyambung Lidah Rakyat, Proklamator, Presiden Pertama RI dan Pemimpin Besar Revolusi" di depan kampung Jl Pandean IV Surabaya, Senin (6/6/2011).

Prasasti itu terbuat dari batu granit hitam yang ditandatagani Walikota Surabaya ketika itu Bambang DH pada 29 Agustus 2010. Soekarno lahir pada Kamis Pon, 6 Juni 1901.

Selain itu, Risma juga menyempatkan mengunjungi rumah di Jl Pandean IV/40 Surabaya yang dipercaya sebagai tempat kelahiran Bung Karno.

Risma dalam acara itu didampingi Direktur Soekarno Institute Peter A Rohi, akademisi Tjuk K Sukiadi, Bambang Sulistomo (putra Bung Tomo) dan Ketua DPC PDIP Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana (Wakil Ketua DPRD Surabaya).

"Saya katakan rumah kelahiran Bung Karno ini adalah aset yang tak ternilai harganya. Ini karena Bung Karno bukan hanya tokoh Indonesia, tapi mendunia," katanya kepada wartawan.

Pemkot akan membeli rumah Jl Pandean IV/40 yang saat ini ditempati keluarga Jamilah sejak 1990 itu dan menjadikannya sebagai museum Bung Karno.

"Saya berharap anak cucu kita nantinya bisa meneladani kepahlawanan Bung Karno. Saya juga ingin mendapatkan koleksi barang-barang peninggalan Bung Karno. Ini supaya generasi muda tahu bagaimana perjuangan Bung Karno," tegasnya.

Risma sangat yakin bahwa Bung Karno lahir di Surabaya bukan di Blitar yang disebutkan selama ini. "Penelitian tentang tempat lahir Bung Karno sudah cukup lama dilakukan sekitar tahun 2007-2008. Tim Soekarno Institute berangkat ke Belanda. Saya sangat yakin Jl Pandean IV/40 Surabaya rumah lahirnya Bung Karno," pungkasnya. [tok/ted]
Sumber Berita : http://www.beritajatim.com/

Tegaskan Keluarga Tidak Ikut Nyapres

JAKARTA- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membantah spekulasi yang menyebutkan setelah masa jabatannya berakhir pada 2014,  dirinya telah menyiapkan sang istri, Ani Yudhoyono, untuk maju sebagai calon presiden.
SBY menegaskan bahwa dia maupun istri serta anggota keluarganya yang lain tidak akan maju dalam pencalonan presiden pada Pemilu 2014.
Penegasan itu disampaikan SBY saat memberi sambutan pada acara Indonesian Young Leader yang diselenggarakan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Kamis (9/6).
Presiden mengungkapkan pernyataan tersebut menanggapi lontaran Ketua Hipmi Erwin Aksa yang sebelumnya mengatakan, sudah saatnya Indonesia dipimpin oleh anak muda.
”Sebelum saya menyampaikan ceramah tentang kepemimpinan sebagaimana diminta oleh pimpinan Hipmi, sebagaimana tadi ketua panitia penyelenggara memperkenalkan diri, barangkali saya juga perlu memperkenalkan diri,” kata SBY mengawali perkenalannya.
Dia lalu menyebutkan nama lengkapnya. ”Jabatan saya presiden RI ke-6 hasil Pemilu 2004 dan Pemilu 2009. Saya bukan capres tahun 2014. Istri dan anak-anak saya juga tidak akan mencalonkan jadi presiden 2014,” tegas SBY disambut tawa dan tepuk tangan hadirin.
Presiden merasa perlu menegaskan hal itu agar tidak dicurigai memanfaatkan jabatannya untuk mengumpulkan dukungan dalam rangka memenangkan pemilu mendatang.
”Kalau tidak saya jelaskan dan perkenalkan siapa saya, dan keluarga saya bukan capres 2014, saya khawatir saudara Erwin dan saudara-saudara semuanya dicurigai oleh pihak-pihak yang kegemarannya bercuriga. Bisa-bisa saudara dituduh jadi tim sukses SBY tahun 2014,” katanya.
SBY menambahkan, dirinya tidak lagi membutuhkan tim sukses untuk 2014 karena tidak akan maju lagi sebagai calon presiden. ”Karena Insyaallah saya akan jatuh tempo,” ujarnya mengundang tawa hadirin, termasuk Menpora Andi Mallarangeng, Menbudpar Jero Wacik, Menkop Syarif Hasan dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa yang ikut mendampingi presiden.
Sebelum mengawali sambutannya, SBY mengaku sudah memperkirakan kehadirannya dalam acara kepemimpinan para pengusaha dan politikus muda ini akan menjadi bahan bagi lawan politik untuk menyudutkannya, meski acaranya berlangsung terbuka dan diliput serta disaksikan masyarakat luas.
”Saudara-saudara, hampir pasti akan ada komentar negatif serta gorengan, pelintiran, terhadap acara yang terbuka hari ini. Tapi jangan khawatir, Allah Maha Mengetahui, rakyat juga punya hati. Jadi acara kita hari ini sah dan halal. Karena niatnya baik,” lanjutnya.
Tidak Berambisi
SBY yang juga ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, menegaskan, dirinya dan keluarganya tidak berambisi untuk berkuasa kembali lewat Pilpres 2014. Dia juga menegaskan, tidak sedang mempersiapkan siapa pun untuk menjadi presiden.  ”Biarlah rakyat dan demokrasi yang berbicara pada 2014. Setiap orang memiliki hak dan peluang yang sama untuk menjadi presiden,” tandasnya.
Sementara itu, dalam uraiannya ketika menyampaikan tema ”Memimpin di Era Perubahan” SBY menjawab banyak kritik atas gaya kepemimpinannya yang dinilai ragu-ragu dan memilih jalan kompromi.
Dia mengatakan, setiap pemimpin memiliki gaya dan cara memimpin sendiri sesuai karakter maupun persoalan yang dihadapi. Diakui, dirinya lebih menyukai jalan tengah, tapi itu dilakukan bukan karena keragu-raguan.
”Jika sekali-kali saya mengalah dalam tarik-menarik politik, sekali-kali saya berkompromi, sekali-kali saya lebih baik membangun konsensus, bukan karena saya ragu atau tak berani. Tapi saya tak ingin konflik dan benturan politik makin menjadi,” kilahnya.
Meski menyukai kompromi, menurut SBY, tidak semua bisa dikompromikan. Kompromi tak bisa berlaku di wilayah hukum. ”Kecuali kalau menyangkut hukum, tidak ada kompromi. Politik bisa dimusyawarahkan.” (A20-43)
Sumber Berita : Suara Merdeka CyberNews, 10 Juni 2011

Nunun Diburu di 188 Negara

JAKARTA- Keberadaan Nunun Nurbaeti Darajatun, tersangka kasus dugaan suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Miranda Goeltom, masih misterius. Buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu ditengarai berada di Kamboja.
KPK telah mengirim permohonan red notice atas istri mantan Wakil Kapolri Komjen (Purn) Adang Daradjatun itu kepada Polri, Rabu (8/6). Selanjutnya Polri akan mendaftarkan buron tersebut ke markas International Criminal Police Organization (ICPO) di Prancis.
Menurut Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabid Penum) Polri Kombes Boy Rafli Amar, dalam dua hari ini pihaknya mempersiapkan administrasi, di antaranya identitas lengkap Nunun dan data-data terkait perkara pidana yang diduga dilakukannya.
”Dari sana (markas ICPO) nanti didistribusikan ke 188 negara anggota (ICPO),” ujarnya.
Setelah terdaftar dalam ICPO, selanjutnya Nunun menjadi buron bersama negara-negara anggota organisasi itu.
”Negara anggota itu akan memantau orang yang dituangkan dalam red notice tersebut,” ujarnya.
Boy menambahkan, langkah berikutnya adalah kerja sama lebih lanjut dengan negara bersangkutan jika keberadaan Nunun sudah diketahui. Kerja sama tersebut akan melibatkan Kementerian Luar Negeri.
Adang Tetap Bungkam
Adang Daradjatun, suami Nunun Nurbaeti, tetap tidak mau mengungkap keberadaan istrinya.
”Saya tidak akan menjawab kebenaran apakah Ibu (Nunun) ke Kamboja. Mau berobat di mana pun, terserah Ibu,” kata Adang di Gedung DPR, kemarin.
Menurutnya, mencari tahu keberadaan Nunun merupakan tugas aparat penegak hukum. Jika aparat hukum berhasil menemukan Nunun, Adang mempersilakan untuk membawa istrinya kembali ke Indonesia.
”Saya bilang, saya akan taati aturan hukum yang berlaku. Kalau istri saya berhasil diambil, ya silakan saja,” ujarnya.
Dia merasa bahwa istrinya diperlakukan secara tidak adil dengan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Pasalnya, Ari Malangjudo, pemberi cek kepada empat anggota DPR, belum ditetapkan sebagai tersangka.
Ari Malangjudo adalah bekas Direktur PT Wahana Esa Sejati. Di perusahaan itu, Nunun Nurbaeti menjadi presiden komisaris. Arie pernah bersaksi, pada tahun 2004 dia diperintahkan Nunun memberi bingkisan tanda terima kasih kepada sejumlah anggota DPR.
”Ada juga status orang yang dianggap member, tidak naik statusnya jadi tersangka. Sementara istri saya tersangka. Di mana keadilan itu,” tegasnya menyorot peran Arie.
Lebih lanjut Adang mengatakan, istrinya pernah berkata bahwa dia tidak pernah memberikan apa pun kepada Arie Malangjudo.
Sementara itu Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menyatakan ketidaksetujuannya atas status buron Nunun.
”Saya tidak setuju beliau dijadikan penjahat internasional. Janganlah. Belum tentu dia bersalah. Beliau sedang sakit, sehingga tidak ada di Tanah Air,” ujar Priyo.
Menurutnya, kasus itu adalah tantangan bagi KPK untuk memberantas korupsi di Indonesia.
”Ini ujian untuk KPK yang mempunyai seluruh infrastruktur dan kedigdayaan yang mereka punya. Kali ini publik sedang mengujinya, apakah masih sakti mandraguna,” ujarnya. (K24,K32,J22-25,59)
Sumber Berita : Suara Merdeka CyberNews, 10 Juni 2011

Pilgub Dikembalikan ke DPRD

BANDUNG -Pemilihan gubernur secara langsung bakal dihapus. Proses pemilihan dikembalikan lagi ke mekanisme DPRD provinsi.

Ketentuan tersebut termaktub dalam draf revisi Undang-undang (UU) Pemda yang segera diserahkan pemerintah kepada DPR pada akhir Juni 2011, kemudian dilakukan pembahasan.
”Dalam usulan kita, Pilgub dilakukan tidak langsung, lewat perwakilan rakyat di DPRD, untuk pemilihan bupati/wali kota akan dilakukan tetap secara langsung,”ujar Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Prof Dr
Djohermansyah Djohar di Bandung, Kamis (9/6).

Menurut dia, yang menjadi alasan penghapusan pilgub langsung antara lain fungsi gubernur yang terbatas, lebih sebagai wakil pemerintah pusat dibanding berperan sebagai kepala daerah. Dengan demikian, legitimasinya dinilai cukup dari DPRD.

Dijelaskan, kondisi itu berbeda dibandingkan peran bupati dan walikota dengan kewenangan otonomi yang lebih luas. Dengan sejumlah desentralisasi urusan pemerintahan, keberadaannya dianggap memerlukan pengakuan yang lebih kuat melalui proses pimilihan kepala daerah langsung. (dwi-80)
Sumber Berita : Suara Merdeka CyberNews, 10 Juni 2011

Warning Pavingisasi Aset PJKA

DUKUHTURI - Kegelisahan sebagian  warga Desa Pekauman Kulon, Kecamatan Dukuhturi  yang tinggal diareal dekat perlintasan KA, terkait belum tersentuhnya proses perbaikan jalan desa dan proyek saluran mendapat jawaban tegas pihak kecamatan. Camat Dukuhturi Fakihurrohim menyatakan bahwa pihaknya tidak mentolelir pemerintahan desa setempat untuk mengalokasikan dana ADD guna perbaikan jalan desa yang dimaksud. "Ini karena jalan desa dekat perlintasan KA itu adalah aset milik PJKA. Jadi kami tidak diperbolehkan melakukan pavingisasi, atau pengerasan jalan disekitar bantalan rel yang nota bene bukan lahan desa. Kalau ini dipaksakan, jelas kami bisa digugat dan disuruh membongkar bangunan diatas lahan mereka," terangnya, Jumat ( 10/6).
Dia justru memperbolehkan proses pavingisasi dijalan desa yang berdekatan dengan bantalan rel itu dilakukan secara swadaya murni masyarakat sekitar. "Ini dengan syarat bila pihak PJKA nanti menginginkan jalan itu dibongkar, masyarakat sendirilah yang membongkar dan tidak terjadi komplain dengan pemerintah desa setempat," tegasnya.
Dia menilai jalan disekitar bantalan rel memang sengaja dibiarkan begitu adanya oleh pihak PJKA untuk menghindari ajang kebut- kebutan pengendara motor yang berakibat jatuhnya korban jiwa disaat lintasan rel dilalui kereta api. Bahkan dia juga menyontohkan diwilayah lain seperti Adiwerna, juga membiarkan kondisi jalan desa yang dekat dengan perlintasan KA seperti adanya. Sebelumnya sejumlah warga  khususnya yang berdiam di RT 05/ RW 02 Desa Pekauman Kulon sempat mendesak pemerintah desa setempat untuk meneruskan pavingisasi yang smepat terhenti didekat areal bantalan rel kereta api.
Sementara itu Kades Pekauman Kulon Syaiful Bahri tak menampik bahwa upaya mewujudkan perbaikan akses jalan tersebut belum bisa diwujudkan dalam waktu dekat. Dia mengaku awalnya bupati memang sempat menjanjikan pengaspalan jalan tersebut ditahun 2007 silam. Saat itu orang nomor satu di Slawi tersebut mendukung realisasi pengaspalan jalan akses menuju balai desa dengan meminta pihak desa mengajukan proposal.
"Hingga kini proposal ajuan itu belum ada tanggapan. Dan apabila kita menggunakan ADD untuk perbaikan jalan tersebut jelas alokasinya tidak akan mencukupi. Sebenarnya itu tanah PJKA dan tidak boleh diaspal. Jalan terbaik untuk memudahkan akses jalan warga melalui pola pavingisasi. Namun kami juga ragu apakah pavingisasi itu boleh menggunakan ADD menyalahi aturan atau tidak. Kami takut bila lahan itu suatu saat diminta PJKA, otomatis mau tidak mau pihak desa harus membongkar paving yang sudah terpasang," tegasnya. ( her)
Sumber Berita : Radar Tegal, 10 Juni 2011

Sat Binmas Tingkatkan Kemitraan

SLAWI - Aksi kawanan curanmor belakangan ini mulai merambah kawasan obyek wisata Guci. Setidaknya sebuah mobil berhasil digasak kawasan pencuri disaat ditinggal pemiliknya berwisata diobyek tersebut. Hal ini menjadi pelecut jajaran Sat Binmas Polres Tegal untuk kembali meningkatkan efektifitas pantauan dan himbauan pada para aktifis obyek wisata.
Kapolres Tegal AKBP Nelson Pardamaian Purba SiK SH melalui Kasat Binmas AKP Ahmad Mujahid didampingi KBO Satbinmas Aiptu Nugroho menyatakan langkah waspada curanmor telah dilakukan dengan melakukan pembinaan terhadap petugas parkir, berikut pengunjung obyek wisata tersebut.  "Berkaca dari insiden hilangnya sebuah mobil pengunjung, ini lantaran kurang waspadanya si pemilik mobil. Dimana karcis parkir kendaraan sengaja ditinggal didalam mobil, dan memancing pelaku kejahatan melakukan aksinya. Mobil dirusak pintunya, dan dia bisa dengan mudah melewati pintu keluar dengan menunjukkan kartu parkir yang ditinggal pemilik dalam mobil," ujarnya, Jumat ( 10/6).
Dia juga menyatakan kedepan petugas parkir harus lebih bisa meningkatkan kewaspadaan dengan mengenali para pengunjung yang masuk dan yang akan keluar meninggalkan lokasi. Intinya dia meminta petugas parkir turut serta memerangi dan menutup ruang gerak pelaku curanmor. Kecenderungan adanya celah pelaku curanmor diobyek wisata Guci ditenggarai tidak ditulisnya nomor polisi kendaraan dikartu parkir oleh petugas parkir.  "Dari pengalaman ini, kami juga sempat menginstruksikan pada petugas parkir untuk turut menuliskan nomor polisi kendaraan pengunjung pada karcis parkir. Ini akan mempermudah menditeksi pengunjung yang pulang, apakah dia benar-benar membawa motor miliknya atau bukan," tegasnya.
Dan dia juga memberi warning pada petugas parkir untuk wajib meminta karcis parkir dikala pengunjung meninggalkan lokasi wisata. Dia juga sempat melakukan koordinasi internal dengan dinas terkait dalam upaya pentingnya membekali kartu identitas pada semua juru parkir diobyek wisata tersebut. Hal ini ditempuh untuk memudahkan pengunjung mana yang benar-benar tukang parkir, dan mana yang hanya berpura-pura menjadi tukang parkir. Petugas yang menggunakan kartu identitas nantinya diminta untuk menampilkan sikap ramah pada pengunjung agar pesan-pesan sosial waspada curanmor bisa diterima oleh para pemilik kendaraan bermotor.(her)
Sumber Berita : Radar Tegal, 10 Juni 2011

Kelayakan Jalan Harus Selalu Terpelihara

KONDISI jalan milik Kabupaten Tegal sepanjang sekitar 770,65 km lebih, selalu membutuhkan biaya perawatan agar selalu layak dilalui kendaraan. Saat ini, kondisi jalan sepanjang 337,8 km lebih dalam keadaan baik dan layak. Namun sepanjang 432,8 km lebih atau 50 prosen lebih dari panjang keseluruhan jalan di Kabupaten Tegal, selalu butuh perawatan. Dari mulai kondisi jalan dalam keadaan sedang, rusak dan rusak berat, dengan perawatan mulai pemeliharaan rutin, berkala sampai peningkatan jalan.
Guna pencapaian itu, sudah barang tentu membutuhkan anggaran biaya perawatan yang cukup tinggi. Jika sesuai PP 34 Tahun 2006 tentang pemeliharaan jalan, jika biaya pemeliharaan rutin jalan, sebesar Rp 20 juta/km dan biaya pemeliharaan untuk kondisi jalan yang sedang, rusak dan rusak berat sekitar Rp 100 juta/km, jelas sangat tinggi kebutuhan biaya akan pemeliharaan jalan.  “Mengetahui panjang jalan yang dimiliki dan kondisi jalan yang ada, dihubungkan biaya yang dibutuhkan untuk perawatan, sudah barang tentu butuh kebijakan dari Pengelola daerah,” kata Kepala DPU Pemkab Tegal, Ir Eling Susiardi.
Dikatakan Eling Susiardi, dengan panjang jalan milik Kabupaten Tegal diatas, sudah barang tentu bisa dikalkulasikan kebutuhan besaran biaya untuk pemeliharaan secara rutin. Belum lagi untuk pemeliharaan berkala dan peningkatan jalan. Karena pada dasarnya pemanfaatan jalan oleh masyarakat sudah mendapatkan perhatian perawatan dan pemeliharaan jalan sejak kondisi jalan mulai dari nol, karena sudah dimanfaatkan masyarakat. Padahal sifat jalan setelah dimanfaatkan, secara otomatis bakal menurun kondisinya dan guna pengembalian kondisi yang semula selalu membutuhkan biaya perawatan atau pemeliharaan.
Menurut dia, dari konteks itu, sangat wajar jika biaya perawatan atau pemeliharaan jalan sangatlah tinggi dan membutuhkan kebijakan pengelola daerah, agar kondisi kelayakan jalan untuk dilalui masyarakat yang membutuhan selalu terjaga dan terawat. Saat ini ketersediaan anggaran di DPU Pemkab Tegal, baik dari APBD Kabupaten Tegal, maupun bantuan dari Pemprof Jateng dan Pemerintah Pusat, berkisar Rp 39 M di Tahun 2011. Angka tersebut peruntukkannya tidak hanya perawatan jalan saja, melainkan untuk jembatan, jalan dan bangunan pelengkap.  “Sedang kebutuhan untuk perawatan rutin, disediakan anggaran sebesar Rp 2,373 M lebih dari keseluruhan panjang jalan kabupaten, sekitar 770,65 km lebih,” tutur Eling Susiardi pula.
Namun demikian, masih menurut Eling Susiardi, dengan segala kemampuan dan anggaran yang tersedia, mengingat kemampuan keuangan daerah, dinasnya selalu berupaya agar kondisi jalan didaerahnya selalu bisa maksimal untuk perawatan. Dari situlah perlu ada penyikapan kondisi jalan untuk mendapat perhatian dan disikapi secara bijak, baik oleh pengelola dan pemegang kebijakan didaerah, dinas terkait maupun masyarakat Kabupaten Tegal.
KEBIJAKAN
Melihat berat dan besarnya biaya pemeliharaan terhadap jalan yang ada didaerahnya, DPU Pemkab Tegal khususnya Bidang Bina Marga, selalu berupaya agar kelayakan jalan untuk dilalui kendaraan terjaga. Dengan kondisi ketersediaan anggaran yang ada, sudah barang tentu, pihaknya tidak mampu berbuat banyak namun tetap maksimal dalam melakukan pemeliharaan. Sudah barang tentu butuh dukungan kebijakan dari pengelola daerah setempat.
Melihat kondisi jalan yang ada saat ini, dirinya berharap ada pemahaman dari semua pihak, jika kenyataan akan pemeliharaan dan perawatan jalan bukanlah hal sepele. Selain itu, kebutuhan akan biaya dan ketersediaan anggaran yang ada juga sangat berpengaruh dengan maksimalnya kondisi jalan menjadi sebuah kondisi kelayakan untuk dilalui kendaraan.  “Ini yang perlu dicermati bersama, baik pengelola daerah dan masyarakat,” ujar Eling Susiardi.
Sementara, dari kenyataan kemampuan dan ketersediaan anggaran yang ada, dirasa butuh penompang yang cukup, sehingga keberadaan kondisi jalan bisa dimanfaatkan dan dilalui secara maksimal. Meski kondisi ketersediaan dan kemampuan anggaran saat masih membutuhkan dukungan, namun dinasnya ingin berupaya secara maksimal.  “Dinasnya berharap kebijakan untuk jalan menjadi penting dengan segala konsekuensinya,” pungkasnya. (gon)
Sumber Berita : Radar Tegal 10 Juni 2011

Rabu, 08 Juni 2011

Berkunjung Ke Daerah Berbekal Sambel Teri

Sosok Soeharto —mantan presiden RI— yang humanis, sederhana, juga mengharukan, yang selama ini belum pernah dipublikasikan, hadir dalam buku ”Pak Harto, The Untold Stories” yang kemarin diluncurkan di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Sebuah dongeng sejarah yang menarik.

PELUNCURAN buku setebal 600 halaman itu sengaja dilakukan pada 8 Juni, karena bertepatan dengan tanggal lahir Soeharto 8 Juni 1921, yang berarti tepat 90 tahun lalu.

Dari cover buku terbitan Yayasan 1968 Harapan Kita itu, pembaca sudah langsung melihat sosok Soeharto yang lain. Dia digambarkan mengenakan baju batik dan tengah duduk dengan sorot mata sayu di tengah-tengah ladang.
Dalam buku dengan editor Dr Ir Aris Setyanto Nugroho MM —putra mantan Dirjen Bea Cukai Soehardjo tersebut— ada 113 narasumber yang berbagi kisah kenangan bersama Soeharto.

Mereka adalah para tokoh nasional yang pernah berinteraksi dengan Pak Harto, baik sebagai ajudan, menteri, juga pemimpin negara tetangga seperti Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad, mantan Presiden Filipina Fidel Ramos, mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew, serta Raja Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah.

Salah satu kenangan yang menarik tentang Soeharto diungkapkan mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, yang juga pernah menjadi ajudan presiden kedua RI tersebut.

Dalam sambutannya pada acara launching itu, Try menuturkan bahwa Pak Harto sering melakukan perjalanan diam-diam (incognito) dengan berkeliling ke daerah-daerah guna melihat hasil pembangunan yang dicanangkannya kala itu.

”Pak Harto sering melakukan incognito. Pesannya tegas sekali, tidak boleh ada satu pun pejabat pusat dan daerah yang tahu kalau Pak Harto mau melakukan incognito. Rombongannya tidak mencolok, hanya tiga mobil, untuk dokter kepresidenan, pengawal, Pak Harto dan saya,” kata pria asal Surabaya tersebut.

Selama incognito, Pak Harto membawa logistik sendiri, yaitu makanan yang telah disiapkan Bu Tien.

”Biasanya Pak Harto membawa sambal teri bikinan Bu Tien. Pas waktu makan tiba, beliau tak segan-segan makan bersama anak buahnya. Terjalin hubungan antara bapak dan anak pada saat seperti itu,” kenangnya.

Tujuan perjalanan incognito yang memakan waktu berhari-hari tanpa protokoler, tanpa pengawalan formal, dan makan sesuai bekal serta menginap di rumah penduduk itu, membulatkan pikiran dan tindakan Pak Harto sehingga tidak ragu lagi dalam mengambil keputusan terbaik bagi rakyatnya.

Sementara mantan ajudan Pak Harto yang juga mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Wiranto, yang tertulis dalam buku tersebut, dilukiskan bila Pak Harto akan bermain golf di Lapangan Golf Rawamangun, hanya dikawal satu jip di belakang.

Pada saat itulah Pak Harto, menurut Wiranto, melihat peristiwa begitu lamanya kendaraan di stop demi dirinya lewat, sehingga menimbulkan protes dari pengendara dengan menyalakan klakson bersahut-sahutan.

”Lain kali polisi tidak perlu menyetop terlalu lama. Mereka kan punya keperluan yang mendesak, sedangkan saya hanya mau berolahraga,” kata Wiranto menuturkan perkataan Soeharto.

Putri Soeharto, Siti Hutami Endang Adiningsih atau yang akrab dipanggil Mamiek menuturkan, di tengah kesibukannya sebagai presiden, Soeharto adalah sosok yang sangat memperhatikan sekolah putra-putrinya. Termasuk dalam hal bayaran sekolah yang kala itu berupa uang plus beras.

”Setiap bulan bapak sendiri yang mengingatkan saya untuk membayar uang sekolah. Setelah bapak memberi saya uang, ibu mengingatkan saya untuk membawa beras. Bapak tidak berkenan jika hal itu dilakukan oleh orang lain,” tuturnya.

Walaupun Pak Harto dikenal sebagai sosok kejawen, menurut Mamiek, ayahnya pulalah yang mengajarkan pendidikan agama dan mengajarinya membaca Al Quran, meski tidak sehebat ustadz.

Pantas Pahlawan

Dalam sambutan peluncuran lainnya, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, sebagai manusia Pak Harto tak lepas dari kesalahan. Namun Kalla meyakini kebaikan Pak Harto bagi bangsa dan koleganya jauh lebih banyak daripada kesalahannya. ”Pak Harto bukan nabi, tapi tetap lebih banyak kebaikannya,” kata Kalla.

Kalla menuturkan bahwa Pak Harto adalah sosok yang responsif atas laporan dari rakyatnya. Dirinya mengaku pernah melaporkan kepada Pak Harto tentang tarif telepon yang tidak adil di wilayah timur Indonesia.

Kalla mengatakan karena di timur lebih mahal, maka ibaratnya tarif itu masih kolonial. ”Saya bilang ke Pak Harto, teknologi yang dipakai sama, kok di timur kena tarif yang sifatnya kolonial. Tidak lama setelah pertemuan itu, tarif telepon langsung berubah. Ini karena Pak Harto sangat responsif,” tuturnya.

Kalla mengaku terakhir kali bertemu Pak Harto pada Lebaran 2005. Pak Harto, menurutnya, menyampaikan selamat karena bisa menyelesaikan kerumitan di Aceh. ”Beliau memberikan selamat, berterimakasih dan berpesan agar jaga persaudaraan negeri ini.” tambahnya. 

Dalam kesempatan yang sama Aburizal Bakrie mengatakan sosok Soeharto memiliki sikap sabar, berani dan tegas dalam memimpin bangsa ini.

Tidak terlepas dari kesalahannya sebagai manusia biasa, Golkar —lanjut Ical— menganggap Soeharto pantas menjadi pahlawan. Mengenai gaya pemimpin Soeharto yang dianggap banyak pihak sangat otoriter dan anti demokrasi, menurut Ical, hal itu tidak terlepas dari gaya kepemimpinan seseorang serta zamannya, yang memang membutuhkan cara seperti itu.

Putri sulung mantan Presiden Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana atau Mbak Tutut mengatakan, buku The Untold Stories menceritakan tentang kehidupan Pak Harto yang tidak terungkap ke publik. Buku itu, katanya, adalah kenangan dari keluarga, sahabat, kawan, dan lawan politik Pak Harto yang dituliskan secara jujur, tanpa direkayasa, dan apa adanya. ”Semua jujur apa adanya. Bapak akan tersenyum di sana menyaksikan betapa besar kesetikawanan teman-teman bapak selama ini,” katanya.

Menurutnya, buku itu disusun lebih dari dua tahun. Mereka yang memberikan sumbangsihnya dalam buku itu, lanjut Tutut, bersentuhan langsung dengan ayahnya. Sehingga bisa lebih utuh dalam menuliskan kesan-kesan tentang Pak Harto.   (43)
Sumber Berita : Suara Merdeka CyberNews, 9 Juni 2011

Boneka Berdarah Teror Wagub Jateng

SEMARANG - Wakil Gubernur Jateng, Rustriningsih, menerima paket berisi tiga boneka penuh bercak darah. Boneka itu masing-masing mengenakan kalung bertuliskan nama anak-anak Rustriningsih.

Tak mau mengambil risiko, tim Gegana Sat Brimob Polda Jateng pun langsung dikirim ke rumah dinas Rustriningsih di Jalan Rinjani Nomor 1 Semarang.

Paket yang ditujukan kepada Rustriningsih itu diterima Tukino, petugas Satpol PP yang berjaga di rumah dinas, Selasa (7/6) sekitar pukul 16.00. Dalam paket yang dikirim melalui jasa pengiriman Tiki JNE itu tertera nama pengirim Seniman, beralamat di RT 04 RW 04, Pondok Cabe, Ciputat, Jakarta. Selain itu, pada kotak berukuran 20 x 40 cm berbungkus kertas berlakban tersebut juga tertera sebuah nomor telepon 08777503005. Belakangan diketahui nomor itu tak bisa dihubungi.

”Paket baru dibuka Rabu (8/6) sekitar pukul 07.00 oleh Rudi, bagian cleaning service,” kata Chandra, petugas Satpol PP di rumah dinas Wakil Gubernur.
Ketika dibuka, ternyata isinya tiga boneka kain. Dua di antaranya adalah tokoh kartun Malaysia, Upin Ipin, dan satunya lagi boneka perempuan mengenakan gaun berwarna pink.

Ketiga bonek dibungkus karung plastik, lalu dibungkus lagi dengan sebuah kardus mi instan. Yang mengagetkan, di sekujur tubuh boneka terdapat banyak bercak darah. Di leher boneka terdapat kalung bertuliskan nama tiga orang anak Rustriningsih, yakni Danes, Sabira, dan Nafi.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, petugas jaga kemudian menghubungi kepolisian. Polda Jateng mengirim tim Gegana karena khawatir di dalam boneka terdapat bom. ‘’Tim Gegana tiba sekitar pukul 08.30-09.30. Setelah dilakukan pemeriksaan, alhamdulilah tidak ada apa-apa,’’ kata Chandra.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Djihartono, mengatakan pihaknya sedang menyelidiki siapa pengirim paket tersebut.

”Saat ini kami masih melakukan penyelidikan terkait paket berisi boneka tersebut untuk mencari tahu pengirim dan maksudnya. Oleh karena itu, saya belum dapat menyimpulkan,” ujarnya.

Terkait bercak darah di boneka, Djihartono juga belum mendapatkan informasi. Pihaknya akan meneliti apakah darah tersebut berasal dari manusia atau binatang. (H68,J12-43)
Sumber Berita : Suara Merdeka CyberNews, 9 Juni 2011

Bunga Duka Cita Yang Menakutkan

WAKIL Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih mengaku tidak habis pikir dengan teror yang menimpa keluarganya. Dia juga merasa tidak mengenal sang pengirim paket berisikan tiga boneka dengan lumuran darah yang diterimanya Selasa (7/6) sore itu.

Yang lebih menyedihkannya, selain paket boneka itu, datang juga sebuah karangan bunga berisi ungkapan bela sungkawa atas ”kematian” anak keduanya.

Tentu saja paket itu membuat Rustri waswas. Pasalnya, ketiga boneka berlumuran darah itu masing-masing ditulisi nama ketiga anaknya. ”Pastinya kami merasa kaget dan takut dengan kiriman paket ini. Saya benar-benar tidak menyangka,” tutur Rustri saat dihubungi semalam.

Rustri menceritakan, sejak dia melihat paket di dalam sebuah kardus berukuran sekitar 30 cm x 10 cm dan terlakban itu, sudah merasa curiga. Terlebih saat melihat nama pengirimnya, yakni Seniman RT 4 RW 4 Pondok Cabe, Ciputat, Jakarta, yang tak dikenalnya. Karena kesibukannya sebagai wagub, paket tersebut dibiarkan saja.

Baru pada keesokan harinya, Rabu (8/6) pagi sekitar pukul 07.00, paket tersebut akhirnya dibuka oleh staf bagian rumah tangga, Rudi. Begitu dibuka, betapa kagetnya mantan Bupati Kebumen itu mendapati ada tiga buah boneka dengan lumuran darah dan bertuliskan nama ketiga anaknya.

Dua di antaranya adalah tokoh kartun Malaysia Upin Ipin dan satunya lagi boneka perempuan mengenakan gaun berwarna pink. Rustri menceritakan, boneka yang terbuat dari kain itu juga berambut layaknya manusia.

Staf rumah dinas wagub di Jl Rinjani No 1 Semarang kemudian melaporkan paket itu ke polisi. Kekagetan dan kekhawatiran semakin bertambah ketika sekitar pukul 08.30 Rustriningsih hendak berangkat ke Salatiga.

”Saat mau berangkat, saya mendapat kiriman bunga bertuliskan ‘turut berduka cita’ atas meninggalnya anak kedua saya. Saya tidak tahu apakah paket dan karangan bunga itu ada hubungannya,” terangnya.

Tak berselang lama, Tim Gegana Sat Brimob Polda Jateng dan beberapa petugas dari Polda Jateng tiba di rumah dinas wagub. Setelah menunggu beberapa saat dan memberikan informasi, Rustri kemudian melanjutkan pekerjaannya untuk mendatangi sebuah acara di Salatiga.

”Karena ada paket dan kiriman bunga itu, saya sampai terlambat di Salatiga,” katanya.

Rustri menyerahkan sepenuhnya penanganan paket itu ke kepolisian. (Saptono Joko S, Royce Wijaya-43)
Sumber Berita : Suara Merdeka CyberNews, 9 Juni 2011