Sabtu, 04 Agustus 2012

Polri Kalap Perintah SBY Dicuekin

Kepolisian Republik Indonesia benar-benar sudah kalap, meski pun Presiden SBY sudah memberikan perintah agar kasus Simulator SIM Korlantas diserahkan pada KPK. Dengan dalih Polisi bekerja sesuai dasar hukum, meski pun banyak pihak Polri sudah melanggar UU.
Sementar berbagai elemen masyarkat mengharapkan agar Presiden bisa bertindak tegas dalam menengahi perseteruan KPK vs Polri dalam penyidikan kasus ini, KPK merasa berhak menangani, karena merasa sudah mendahului penyidikan, dan Polri pun mempunyai alasan yang sama untuk terus melanjutkan pendidikan.
Berdasarkan penjelasan Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, Presiden membatasi diri untuk tidak masuk kedalam ranah hukum, namun Presiden hanya menghimbau agar Kepolisian Negara RI dan KPK jangan saling berkompetisi dalam penanganan kasus hukum. Padahal seharusnya tidaklah selalu kepedulian Presiden menengahi perseteruan itu diterjemahkan sebagai bentuk intervensi seorang Kepala Negara dalam persoalan hukum.
Inilah satu yang menyebabkan penegakan hukum di republik ini sulit untuk ditegakkan, karena Presiden menjadi Ambigu ketika berhadapan dengan kemelut yang terjadi menyangku persoalan hukum. Presiden seakan tidak mengetahui apa yang bisa dia lakukan dan apa yang menjadi haknya untuk bisa campur tangan dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang menyangkut hukum.
Kegamangan Presiden SBY ini tidak saja hanya menyangku hukum, tapi menghadapi berbagai persoalan yang ada didalam negeri pun juga begitu. Menyelesaikan konflik di internal Partai Demokrat saja, sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat SBY tidak mampu, bagaimana mungkin masyarkat bisa berharap agar SBY bisa mengatasi persoalan yang dihadapi masyarakat Indonesia secara umum.
Belum ada sikap seorang Negarawan yang diperlihatkan SBY dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi, SBY hanya bisa mengeluarkan Instruksi yang tidak diberangeri dengan ketegasan dalam pelaksanaannya, SBY hanya bisa menghimbau dan seterusnya-seterusnya. Inilah yang menyebabkan segala perintah dan himbauan SBY tidak pernah dipatuhi dan dilaksanakan oleh bawahannya.
Kalau menyelesaikaikan kemelut KPK vs Polri saja SBY tidak sanggup, bagaimana mungkin kita bisa mengharapkan kepedulian SBY terhadap masalah Muslim Rohingnya di Myanmar. Selama SBY tidak bisa bersikap sebagai seorang negarawan, maka selama itu pula SBY tidak bisa melakukan segala hal yang dialami negara ini.
Sumber tulisan:
http://m.kompas.com/news/read/2012/08/04/14090375/Polri.Tetap.Jalan.Meski
Sumber Berita : http://hukum.kompasiana.com/2012/08/05/polri-kalap-perintah-sby-dicuekin/

Nuzulul Quran Momentum Perubahan

KITA wajib bersyukur karena masih disayang oleh Allah. Sebagai bukti, Allah tidak hanya menciptakan manusia akan tetapi juga memberikan tata aturan hidup berupa Alquran. Alquran adalah aturan sejati untuk manusia karena datang dari yang menciptakan manusia untuk manusia. Kebenaran Alquran adalah mutlak.
Alquran memberikan petunjuk kepada kebenaran yang hakiki, yaitu suatu kebenaran yang mengantarkan manusia kepada kebahagian dunia dan akhirat. Manusia boleh membuat aturan, akan tetapi tidak menjangkau kepada aspek ukhrowi.
 Alquran berbeda dengan aturan yang dibuat oleh manusia untuk manusia, karena kebenaran aturan yang datang dari manusia itu nisbi, artinya aturan itu suatu ketika tidak berlaku lagi atau bersifat tidak mutlak. Karena itu, Nuzulul Quran yang diperingati tiap tanggal 17 Ramadan sangatlah monumental.
Ini merupakan momentum perubahan yang luar biasa, dari kegelapan menjadi tercerahkan setelah ada Alquran. Sebagai konsekuensi, mari Alquran kita --baca, kita hayati, kemudian kita amalkan.
Menurut Imam al Ghazali, ada tiga perangkat untuk dapat mencapai pemahaman Alquran secara benar, yaitu lisan, akal, dan hati. Lisan untuk membaca Alquran dengan fasih, akal sebagai perangkat untuk memahami makna yang terkandung di dalamnya, dan hati sebagai modal kesadaran kita untuk melaksanakan ajaran-ajaran Alquran (al Ihya juz 1 hal 294-295).
Firman Allah dalam Quran Surat al-Israa’ ayat 10 berbunyi ”Katakanlah, ”Kalau seandainya kamu menguasai perbendaharaan-perbendaharaan rahmat Tuhanku, niscaya perbendaharaan itu kamu tahan, karena takut membelanjakannya”. Dan adalah manusia itu sangat kikir” serta ayat 11 yang berbunyi ”Dan manusia berdoa untuk kejahatan sebagaimana ia berdoa untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa” mengungkapkan watak-watak dasar manusia yaitu kikir dan tergesa-gesa. Alquran memberikan terapinya dengan memerintahkan kepada kita untuk memperbanyak bederma dan bersabar.
Alquran mengajarkan keseimbangan kepentingan dunia dan akhirat, sesuai dengan firman Allah ”Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: ”Ya Tuhan Kami, berilah Kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah Kami dari siksa neraka” (QS. al-Baqarah: 201). Dalam Surat al-Baqarah ayat 3, Allah tak hanya mengajarkan kepada kita untuk sekadar menerima, tetapi juga memberi. Firman Allah ”(Yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rejeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.” (43)

- Penulis adalah Pengasuh Ponpes Al-Islah Mangkang, Tugu, Semarang
Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/08/05/194986/Nuzulul-Quran-Momentum-Perubahan-

Sosiolog Kehadiran Jokowi Mengancam SBY

Liputan6.com, Jakarta: Joko Widodo fenomenal. Wali Kota Solo ini mampu mematahkan prediksi sejumlah survei dengan memenangi putaran pertama Pilkada DKI Jakarta mengalahkan Fauzi Bowo. Kehadiran Jokowi seperti sebuah jawaban atas keinginan masyarakat Ibu Kota dari sosok angkuh pemimpin Jakarta saat ini.

Demikian dikatakan sosiolog dari Universitas Indonesia Thamrin Amal Tomagola dalam diskusi dengan tema "Bangkitnya Golkar dan Partai-Partai Neo-Orba" di Jakarta, Rabu (18/7). "Sekarang fenomena kegembiraan masyarakat sudah terlihat dengan hadirnya Jokowi. Pemimpin seperti itulah yang diinginkan rakyat," katanya.

Bahkan, kata Thamrin, kehadiran Jokowi dapat menghancurkan apa yang telah direncanakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan menaruh kader partainya di Jakarta yakni Fauzi Bowo dalam melanjutkan pembangunan. "Tampilnya Jokowi bisa melunturkan seluruh apa yang sudah dilancarkan SBY di Jakarta," tuturnya.

Menurut Thamrin bukan hanya Foke, SBY juga ikut terancam dengan kehadiran Jokowi. Sebab sosok Jokowi adalah pemimpin alternatif dan dapat mengukur pola kepemimpinan saat ini di era pemerintahan SBY. "Dia (Jokowi) merupakan alternatif, barometer yang mengukur pemimpin seperti apa yang diinginkan," pungkasnya.(JUM)
Sumber Berita : http://berita.liputan6.com/read/422288/sosiolog-kehadiran-jokowi-mengancam-sby

Tim Jokowi Ahok Maafkan Rhoma Irama

Liputan6.com, Jakarta: Tim pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok) menyatakan telah memaafkan Rhoma Irama terkait ceramah yang disampaikannya di sebuah masjid beberapa waktu lalu meski terkesan berbau SARA. Tim Jokowi-Ahok juga telah melihat barang bukti video berisi ceramah raja dangdut itu.
"Setelah melihat barang bukti, sebagai umat islam, saya menghormati pemuka agama. Kami tetap memaafkan beliau. Ini hanya penzaliman oleh Bang Rhoma terhadap Jokowi," kata Deni Iskandar, anggota tim pemenangan Jokowi-Ahok, usai bertemu Panwaslu DKI di Jalan Suryopranoto, Jakarta Pusat, Jumat (3/8).
Menurut Deni, pihaknya tidak mengharapkan permintaan maaf khusus dari Rhoma atas isi ceramahnya yang mengandung unsur SARA. Semua diserahkan pada kebesaran hati Rhoma untuk meminta maaf kepada Jokowi-Ahok. "Kalaupun mau dilakukan, tidak perlu di media cetak, tapi di tempat yang sama dimana dia berceramah," kata dia.
Terkait video berdurasi sekitar tujuh menit itu, Deni tidak mau berkomentar banyak dan menyerahkannya kepada penegak hukum untuk menafsirkan isinya. "Kalau negara tidak mengambil tindakan, berarti bukan pelanggaran suku, agama, ras dan antar golongan. Kalau seandainya iya, kami pun akan kooperatif," tandasnya.(JUM)
Sumber Berita : http://id.berita.yahoo.com/tim-jokowi-ahok-maafkan-rhoma-irama-101311974.html

Besok Panwaslu Panggil Rhoma Irama dan Jimly Asshiddiqie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk melengkapi pemeriksaan laporan penggunaan SARA (Suku Agama Ras Antargolongan), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta akan memanggil terlapor, Rhoma Irama, Jumat besok (3/8/2012).
Menurut Ramdansyah, ketua Panwaslu DKI, pihaknya perlu memeriksa Rhoma Irama untuk memintai keterangan terkait pernyataannya yang membolehkan kampanye SARA.
"Apakah pemuka agama (Rhoma Irama) itu termasuk timses paslon tertentu? Yang kami ketahui dia (pernah) ikut dalam kegiatan yang diakomodir sama paslon (pasangan calon)," ujar Ramdansyah, Ketua Panwaslu DKI, di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (2/8/2012).
Pasalnya, jika Rhoma adalah bagian dari tim kampanye salah satu pasangan calon, penyanyi berjuluk Raja Dang dut itu bisa bisa didenda dan dibui karena melanggar pasal 78 huruf (I) UU No. 32 Tahun 2004 tentang penggunaan tempat ibadah dalam berkampanye dan pasal 116 ayat 1 yaitu ancaman kampanye di luar jadwal yang ditentukan, pasal 18 huruf (b) yang melarang menghasut atau menghina seseorang karena unsur SARA.
"Akan kita panggil dari pukul 10.00 WIB dan 13.30 WIB," tambahnya.
Dalam tayangan video yang berhasil didapatkan Panwaslu, Rhoma Irama berceramah sembari menyisipkan ajakan untuk memilih pemimpin yang seagama dan mendiskreditkan pasangan calon yang lain dengan menyinggung SARA pasangan tersebut.
Siangnya, Panwaslu akan memeriksa Jimly Asshiddiqie anggota Dewan Kehormatan Pemilu (DKPP). Panwaslu perlu memanggil bekas Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu karena dalam video berdurasi tujuh menit yang dikantongi Panwaslu, Rhoma mengutip pernyataan Jimly yang mengatakan SARA dibolehkan.
Panwaslu hari ini selesai Gamkudu (penegakan hukum terpadu) dengan Polda Metro Jaya dan Kejaksaan Tinggi untuk memeriksa tayangan video tersebut.
Selebihnya, Panwaslu juga akan meminta klarifikasi dan konsultasi dengan KPID (Komisi Penyiaran Indonesia Daerah) Jakarta terkait hal yang sama.
Sumber Berita : http://id.berita.yahoo.com/besok-panwaslu-panggil-rhoma-irama-dan-jimly-asshiddiqie-104927744.html

Jumat, 03 Agustus 2012

Bentuk Karakter Melalui Zakat.

LEBAKSIU – Salah satu yang dilakukan di MTsN Model Babakan Kecamatan Lebaksiu dalam rangka membentuk karakter siswanya yakni dengan cara melakukan kegiatan media pengumpulan zakat.
    Kepala MTs N Model Babakan, Drs H Wahidin, mengatakan, madrasah adalah tempat yang sangat strategis bahkan yang utama setelah keluarga untuk membentuk akhlak dan karakter siswa. Bahkan, seharusnya setiap madrasah menjadikan kualitas akhlak atau karakter sebagai salah satu “Quality Inssurance” (Jaminan Kualitas) yang harus dimiliki oleh setiap lulusan madrasahnya.
    “MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu yang saat ini peserta didiknya mencapai 1.200 lebih, mempunyai komitmen kuat dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pengumpulan zakat di madrasah. Ini seiring dengan kian pesatnya perkembangan teknologi tanpa batas,” kata Drs H Wahidin, didampingi Ketua Panitia Zakat Fitrah dan Pesantren Kilat, Imam Sofan SAg, pada saat kegiatan pesantren kilat di sekolahnya, kemarin.
    Drs H Wahidin mengatakan, tentunya semua berharap agar siswa-siswi yang dididik di madrasah ini menjadi hamba Allah yang beriman, sebagaimana pemerintah mencanangkan pendidikan nasional yang bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
    Sementara itu Imam Sofan SAg, menambahkan bahwa pengumpulan zakat fitrah siswa ini merupakan bagian terintegrasi dari kegiatan pesantren kilat pada bulan Ramadan 1433 H. Panitia berhasil mengumpulkan lebih dari 2 ton beras yang dibagikan kepada para mustahiq (yang berhak), diantaranya keluarga fakir miskin khususnya dari kalangan siswa tidak mampu, dan masyarakat fakir miskin di desa sekitar madrasah.
    “Tujuan utama dari kegiatan pesantren kilat ini, diharapkan pasca Ramadan, siswa benar-benar telah siap dan terlatih lahir batin sehingga nantinya mendapatkan prestasi yang lebih baik,” ungkapnya.
    Dalam kegiatan pesantren kilat tersebut juga digelar kegiatan martikulasi BTQ bagi siswa kelas VII, praktik Wudhu dan Sholat, hafalan do’a-doa, wiridan, tahlil, dan pengajian kitab kuning sorogan yang digelar khusus untuk kelas IX dibawah asuhan Kyai Kasturi SAg dan KH Drs Ahmadun MSi. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Bentuk-Karakter-Melalui-Zakat.html

Masjid Agung Kabupaten Tegal Selama Ramadan

SYIAR Islam selalu mewarnai kegiatan di Masjid Agung Kabupaten Tegal di Slawi. Apalagi saat bulan suci Ramadan 1433 H seperti saat ini. Masjid yang dibangun tahun 1985 dan diresmikan tahun 1988 itu, hampir setiap waktu diwarnai dengan syiar Islam. Yakni dalam bentuk pengajian maupun kuliah Ramadan dan Tadarus Al Quran, sampai menyelenggaraan Ta’jil bagi yang berbukan puasa dan singgah di masjid itu.   
    Untuk gelar pengajian maupun kuliah Ramadan, diselenggarakan setiap bakda Subuh dan bakda Ashar. Sementara untuk tadarus Al Quran, digelar usai solat Tarawih. Untuk penyedian makanan berbuka puasa bagi musafir yang mampir di masjid itu maupun bagi jamaah solat Maghrib, diselenggarakan berepatan saat berbuka puasa.
    “Untuk Ta’jilnya didapat dari dermawan dan donatur Masjid Agung Kabupaten Tegal secara bergilir,” kata Ketua Yayasan Masjid Agung Kabupaten Tegal, Drs H AK Halim MM, Jumat (3/8).
    Padatnya kegiatan syiar Islam di bulan Ramadan, jauh berbeda dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Masjid Agung Kabupaten Tegal dihari-hari biasa. Jika bulan biasa, selain kegiatan rutin sebagai jamaah solat, juga sejumlah pengajian, dan silaturahim. Untuk berkumpulnya ulama dan habaib seluruh daerah itu, diselenggarakan pada malam Senin Pahing, yang digelar sekaligus pengajian.
    Sedang untuk kegiatan lain yang bersifat syiar Islam, biasanya dilakukan pada hari Selasa bakda Ashar. Pengisi tausiyah kegiatan syiar Islam diluar bulan Ramadan maupun selama bulan suci Ramadan, diatur oleh pengurus yayasan secara bergiliran. Juga dibantu oleh sejumlah ulama setempat yang rela memberikan tausiyahnya secara sukarela untuk umat Islam. “Selama Ramadan, sepertinya tidak pernah kosong kegiatan syiar Islam di Masjid Agung Kabupaten Tegal ini,” ujar AK Halim.
    Menurut dia, kegiatan itu selain syiar Islam juga guna memperdalam keagamaan bagi umat Islam disaat bulan Ramadan. Dengan kegiatan pengajian tersebut juga banyak hikmah yang didapat, selain pendalaman akidah keagamaan juga sebagai ajang silaturami antar umat Islam. Dan hal itu mendapat respon positif dari masyarakt Kabupaten Tegal khususnya, maupun musafir yang kebetulan melintas dan solat di masjid itu.

SARANA dan PEMELIHARAAN
    Masjid Agung Kabupaten Tegal meski sudah nampak megah dan bagus, bukan berarti sudah sempurna dan tidak membutuhkan perwatan, pemeliharaan, maupun penambahan sarana baru. Saat ini masjid yang dikelola oleh Bidang Imaroh (peribadatan), ternyata masih butuh sejumlah sarana pendukung guna penyempurnaan Masjid Agung itu.
    Sesuai hasil kesepahaman tiga bidang yayasan Masjid tersebut, yaitu Bidang Idaroh (manajemen), Imaroh (peribadatan), dan Riayah (pemeliharaan), disepakati jika masjid masih butuh sarana gapura. Selain itu juga sarana tembok keliling, rehabilitasi tempat wudlu pria, disamping juga pemeliharaan rutin. “Untuk saat ini, kondisi Masjid Agung bisa dikatakan cukup baik dan memenuhi syarat. Namun butuh penyempurnaan dan pemeliharaan,” terang AK Halim.
    Untuk pembangunan awal masjid, selain dari APBD Kabupaten Tegal juga mendapat dukungan bantuan dana dari APBD Provinsi Jateng dan APBN. Namun untuk pengembangan dan penambahan sarana baru serta pemeliharaan, mutlak harus dipenuhi dengan menggunakan APBD Kabupaten Tegal. Untuk itu, Yayasan Masjid Agung Kabupaten Tegal berharap agar Pemkab Tegal dapat terus memperhatikan dan menganggarkan untuk kelanggengan masjid itu.
    Sementara, kepada pengurus maupun seluruh ulama di Kabupaten Tegal, diharapkan untuk terus menghidupi dan mempertahankan keberlangsungan segala peribadatan di masjid itu. Apalagi keberadaaan masjid saat ini sudah megah, sehingga perlu diisi dengan kegiatan yang bersifat syiar Islam. “Siapa lagi jika bukan pengurus Yayasan Masjid Agung sendiri, dan ulama Kabupaten Tegal, serta masyarakat yang bakal menjaga keberlangsungan masjid ini sampai akhir zaman,” pungkasnya. (mohammad ghoni)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Masjid-Agung-Kabupaten-Tegal-Selama-Ramadan.html

Rabu, 01 Agustus 2012

Indahnya Bali Untuk Bulan Madu

Ubud Hanging Gardens terletak di sekitar pegunung berapi yang berkabut dan hamparan teras sawah serta diselimuti indahnya panorama alam Bali. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin meninggalkan kepenatan dan mencari kedamaian. Serangkaian fasilitas yang bisa didapati dari penginapan untuk menyempurnakan pengalaman Anda selama berada di surga tropis ini, diantaranya:
                                  

Photobucket
Vila
Kamar yang tersedia di hotel berupa vila yang terdiri dari Panoramic Deluxe Pool Villa, Riverside Deluxe Pool Villa, Panoramic Pool Villa, dan Duplex Family Pool Villa. Kesemuanya dilengkapi dengan sebuah kolam pribadi mini.



Photobucket
Kolam renang
Dibangun dalam dua tingkat dengan gaya tradisional khas masyarakat Bali. Tepat dipinggir kolam anda bisa menikmati hijaunya pemandangan hutan dan sebuah Pura yang berlokasi bersebrangan dengan hotel. Jika ingin beristirahat sejenak setelah berenang, anda bisa duduk diatas nyamannya kursi khusus berjemur yang disediakan di area kolam renang.

Taman
Taman utama dirancang oleh seorang arsitek bernama John Pettigrew dengan menonjolkan suasana tropis menggunakan pohon cokelat dan kopi yang dipadukan dengan pohon bamboo dan bunga anggrek untuk menciptakan keindahan yang spektakuler. Butik Menjual hasil kerajinan masyarakat setempat yang cantik serta pakaian dari seluruh wilayah nusantara Indonesia.
Restoran dan bar
Teras restoran dilereng bukit akan membawa anda lebih dekat dengan pemandangan, suara, dan udara khas Bali. Nikmati, hidangan dan koktail anda sambil memanjakan mata dengan pemandangan yang mencuri hati dari sebrang lembah, ditambah dengan keindalan alam tropis disekitarnya.

Photobucket

Ayung Spa
Terapi kecantikan dan body treatment di Ayung Spa, yang dikelilingi taman hijau, dilakukan secara tradisional dan menggunakan bahan-bahan alami yang mampu menenangkan pikiran, meremajakan tubuh serta memulihkan tenaga jiwa anda.  Fasilitas yang tak kalah hebatnya yakni fasilitas untuk melangsungkan pernikahan serta perencanaan bulan madu. Informasi lebih lanjut bisa Anda peroleh melalui laman ubudhanginggardens.com.

Photobucket
 
Sumber Berita : http://blogbuldog.blogspot.com/2011/07/indahnya-bali-untuk-bulan-madu.html

Tiga Gili Pesona Yang Tidak Pernah Pudar

Mungkin banyak bermunculan lokasi-lokasi wisata baru di sekitar Pulau Lombok, namun pesona tiga Gili — Trawangan, Meno, dan Air — tetap tidak pudar. Pulau-pulau kecil di pesisir barat laut Lombok ini masih jadi tujuan wisata utama baik bagi pelancong domestik maupun mancanegara.

Tidak sulit untuk jatuh cinta dengan pulau-pulau ini karena kombinasi keindahan alam yang luar biasa serta atmosfer liburan yang sangat kental. Gili sendiri dalam bahasa Sasak berarti pulau kecil, jadi jangan heran apabila banyak pulau kecil lainnya yang juga disebut gili, misalnya Gili Nanggu, Gili Layar, dan sebagainya.

Gili Trawangan merupakan pulau terbesar dari ketiga gili ini. Di sinilah biasanya para wisatawan memilih akomodasi, karena memang banyak tersedia penginapan mulai dari yang sangat murah hingga resor mewah. Banyak juga penduduk setempat yang menyewakan kamar di rumah-rumah mereka.
Bersantai di Gili dapat melepaskan kejemuan yang Anda dapat di kota besar. (Olenka Priyadarsani)
Gili Meno dan Gili Air berukuran lebih kecil dan sangat cocok bagi Anda yang menginginkan suasanya yang lebih sepi dan privat. Pulau-pulau ini memiliki pantai-pantai berpasir putih yang sepi dan indah. Dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin berbulan madu.

Mengapa Tiga Gili sangat populer di kalangan wisatawan? Banyak yang bilang keindahan alam Lombok tidak kalah dengan Bali, dengan pantai-pantai yang lebih bersih. Di pulau-pulau kecil nan cantik ini para pelancong dapat melakukan berbagai aktivitas, antara lain menyelam, snorkeling, atau sekadar bermalas-malasan di pinggir pantai sambil menikmati matahari tenggelam.
Gili sudah menyapa Anda sebelum sampai di pulau-pulau indah tersebut. (Olenka Priyadarsani)
Salah satu keunggulan berlibur di sini adalah Anda dapat melarikan diri dari suasana kota besar yang ramai dan penuh polusi. Bahkan di Gili Trawangan yang merupakan pulau terbesar dengan fasilitas cukup lengkap, kendaraan bermotor dilarang beroperasi. Karena itu Anda tidak akan terganggu dengan bisingnya suara motor dan mobil.

Untuk berkeliling Gili Trawangan, Anda dapat berjalan kaki, atau menggunakan kendaraan lokal, yaitu kereta kuda yang disebut cidomo.

Siang hari biasanya dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk menyelam atau snorkeling di laut sekitar pulau yang indah. Terumbu karang yang beraneka rupa dengan berbagai spesies laut serta air laut yang jernih membuat wisatawan selalu ingin kembali. Di Gili Trawangan juga ada beberapa operator selam yang menyediakan kursus bersertifikat.

Di sini juga banyak tersedia perahu dengan lantai kaca sehingga Anda yang tidak mau menceburkan diri di air masih dapat menikmati keindahan bawah laut perairan di sekitar ketiga gili ini.

Sore dan malam hari adalah waktunya bersantai. Duduk-duduk beralaskan bantal di kafe-kafe pinggir pantai sambil menikmati suara deburan ombak dan bau air laut. Bagi Anda yang menginginkan malam hari yang “hidup”, Gili Trawangan harus menjadi pilihan Anda. Di pulau ini banyak kafe dan bar yang ramai dikunjungi wisatawan asing hingga lewat tengah malam.

Bahkan, kadang sulit mencari makanan Indonesia, karena kebanyakan menyediakan menu Barat.

Ada beberapa cara menuju ke pulau-pulau ini. Bila Anda mengombinasikannya dengan wisata ke Pulau Dewata, Anda dapat langsung menuju ke Gili Trawangan dari Bali — baik dengan kapal cepat maupun kapal yang lebih lambat. Sementara bila Anda terbang ke Pulau Lombok, ada beberapa operator tur yang dapat membantu Anda dengan transportasi darat dari bandara dan menyediakan kapal  untuk menyeberang menuju Gili Trawangan.

Cara yang paling murah adalah dengan menumpang kapal kayu tradisional dari Bangsal, sebuah dermaga kecil. Saat itu dari bandara saya memilih ojek menuju ke Bangsal sebagai sarana transportasi paling murah, namun tentu saja Anda dapat memilih untuk sarana transportasi yang lebih nyaman seperti mobil sewaan atau taksi.
Sumber Berita : http://id.berita.yahoo.com/tiga-gili--pesona-yang-tidak-pernah-pudar.html

IPW Tuding POLRI Halangi Penyidik KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, menyayangkan sikap polisi yang berusaha menghalang-halangi tugas penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat melakukan penggeledahan kantor Korlantas Polri.
"Polisi cenderung menghalang-halangi tugas penyidik KPK. Apalagi, mobil mereka sempat disandera oknum polisi. Hal ini tentu sangat disayangkan," kata ketua Presidium IPW, Neta S Pane, ketika di hubungi di Jakarta, Selasa.
Neta menjelaskan apa yang dilakukan KPK kali ini merupakan fenomena baru. Tidak biasanya KPK seberani itu. Sejak berdirinya KPK 10 tahun lalu, baru kali ini KPK berani menyentuh Polri.
"Sikap ewuh pakewuh KPK ini karena 110 penyidik KPK adalah para perwira Polri. Dengan adanya gebrakan baru ini, kita berharap KPK konsisten," kata Neta.
KPK menggeledah Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri terkait kasus pengadaan simulator kemudi dan mobil pada Korlantas Mabes Polri anggaran 2011. KPK sejak 27 Juli meningkatkan status kasus tersebut dari penyelidikan menjadi penyidikan.
Sumber Berita : http://id.berita.yahoo.com/ipw-tuding-polri-halangi-penyidik-kpk-115445953.html

Manggis Dan Sawo Dikombinasikan Jadilah Obat Diabetes

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang, berhasil mengembangkan ekstrak kulit manggis dan sawo untuk menurunkan kadar gula darah pada tubuh penderita diabetes melitus. Ketiga mahasiswa dari program studi D3 Teknik Kimia itu adalah Isabel Triesty, Aprisal Setyo dan Novia Nurul.
Melalui penelitian tentang khasiat ekstrak kulit manggis dan sawo itu, mereka meraih juara harapan III dalam Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM). Acara lomba diadakan oleh Dinas Pendidikan Jawa Tengah.
Isabel Triesty mengatakan kombinasi ekstrak kulit manggis dan sawo dapat menurunkan kadar gula darah tubuh karena mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan dapat digunakan untuk memperbaiki insulin dalam tubuh yang rusak.
Isabel berharap karya mereka itu dapat menjadi obat herbal yang dapat dijangkau masyarakat luas, terutama dari kalangan tidak mampu. Sebab, menurut dia, penyakit diabetes melitus juga menyerang masyarakat kurang mampu.
Dengan adanya ekstrak kulit manggis dan sawo, obat herbal untuk penderita diabetes melitus dapat dibuat dengan biaya yang murah tetapi memiliki khasiat yang tidak kalah dengan obat dari apotek.
Masyarakat biasanya mengonsumsi buah manggis hanya daging buahnya saja. Sementara, kulitnya dibuang. ''Padahal, ternyata kulit manggis yang biasa dibuang itu memiliki khasiat tinggi,'' kata Isabel
Sumber Berita : http://id.berita.yahoo.com/manggis-dan-sawo-dikombinasikan-jadilah-obat-diabetes-163353390.html

KPK Cekal Djoko Susilo Brigjen Didik Purnomo-dkk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi mencegah lima orang pejabat terkait dengan kasus dugaan korupsi pengadaan alat simulasi roda dua dan roda empat untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Korps Lalu Lintas (Korlantas) tahun anggaran 2011.
"Semestinya (DS dan kawan-kawan sudah dicekal, saya cek dulu," kata Wakil Ketua Bambang Widjojanto di kantor KPK Jakarta, Rabu (1/8).
Bambang menyebutkan bahwa dalam surat perintah dimulainya penyidikan (sprindik) tertanggal 27 Juli 2012 tertulis tersangka Irjen Polisi Djoko Susilo (DS) dan kawan-kawan. Dan kawan-kawan tersebut adalah BS (Budi Santoso), SB (Sukotjo S Bambang) dan DP (Didik Purnomo).
Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana mengatakan bahwa Dirjen Imigrasi Kemenkumham menerima dua surat permintaan pencegahan.
"Berdasarkan surat permintaan KPK perihal pencegahan atas nama Djoko Susilo dan kawan-kawan tanggal 1 Agustus 2012 guna kepentingan penyidikan terkait pengadaan 'driving simulator' roda dua dan roda empat pada Korlantas Mabes Polri tahun 2011," kata Denny Indrayana lewat pesan singkat.
Nama-nama tersebut adalah Djoko Susilo, Didik Purnomo, Teddy Rusmawan dan Wandy Rustiawan. Didik Purnomo adalah Wakil Kepala Korlantas berpangkat Brigadir Jenderal Polisi sedangkan Teddy Rusmawan adalah Ketua Panitia Pengadaan Barang dan Jasa Simulator dengan pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).
"Sebelum itu juga ada permintaan pencegahan terkait kasus yg sama tertanggal 30 Juli 2012 atas nama Budi Susanto selaku Presiden Direktur PT Citra Mandiri Metalindo Abadi (CMMA).
PT CMMA menjadi pemenang tender proyek pengadaan simulator tersebut, PT CMMA kemudian menjadikan PT Inovasi Teknologi Indonesia sebagai perusahaan subkontraktor proyek senilai Rp 190 miliar tersebut.
Sumber Berita : http://id.berita.yahoo.com/kpk-cekal-djoko-susilo-brigjen-didik-purnomo-dkk-134344421.html

Abrasi OW Purin Hancur

SURADADI - Sejak dua pekan silam, lingkungan Obyek Wisata Purwahamba Indah (OW Purin) Suradadi, hancur digerus abrasi. Gelombang dengan skala kecil yang terjadi selama dua pekan itu, telah mehilangkan daratan hingga mencapai 10 meter.
Kepala UPTD Pariwisata OW Purin, Burhanudin, mengatakan, belakangan ini air laut kerap pasang (rob) dan masuk ke lingkungan OW Purin. Seiring dengan itu, gelombang pun datang menghantam areal hutan waru yang tidak difasilitasi breakwater (pemecah gelombang). Hutan waru berada di sebelah Barat OW Purin yang biasa digunakan untuk tempat santai para wisatawan. Pohon waru yang tumbang karena abrasi, jumlahnya tidak sedikit. Bahkan tidak menutup kemungkinan apabila terjadi gelombang besar, hutan tersebut bakal hancur.
"Daratan yang hilang sebanyak 10 meter dan memanjang sekitar 100 meter ke Barat," kata Burhan, Selasa (31/7).
Selain pohon waru yang tumbang, pohon bakau yang ditanam di tepi pantai juga turut terbawa ombak. Sedangkan warungnya, masih bisa diselamatkan karena jaraknya dengan pantai cukup jauh. Dengan adanya bencana alam itu, pihaknya mengaku belum melapor ke dinasnya. Rencananya, dalam waktu dekat ini pihaknya bakal melapor sekaligus meminta bantuan ke dinas untuk mengantisipasi adanya abrasi susulan.
"Di lingkungan hutan waru itu memang rawan dengan abrasi. Sebab, disitu belum difasilitasi pemecah gelombang. Meski ada, tapi hanya dua dan hanya di sebelah Timur saja," terangnya.
Lebih lanjut Burhan menerangkan, terjadinya air pasang setiap pukul 17.00 WIB sampai dengan 19.00 WIB. Air tersebut tidak hanya menggenangi lingkungan kerjanya saja. Melainkan juga telah merusak pemandangan OW tersebut. Lingkungan akan terlihat kotor dan kumuh manakala rob itu sudah menyusut.
"Padahal kami sudah pernah melakukan antisipasi dengan meletakkan beberapa karung yang sudah berisi tanah. Dan sekarang, karung-karung yang kami letakan di tepi pantai itu sudah hilang," ujarnya. (yer)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Abrasi-OW-Purin-Hancur.html

Pemetaan Kawasan Rawan Tindak Kriminalitas

FENOMENA mudik yang tak bisa dipisahkan dari akar budaya lebaran, setiap tahunnya menjadi 'pekerjaan rumah' tersendiri bagi korps Polisi Repbuplik Indonesia. Langkah memberi layanan terbaik, serta upaya tersedianya jaminan rasa aman bagi pemudik, kini telah disiapkan jajaran Satlantas berikut dukungan semua fungsi yang ada di Polres Tegal. Seperti apa ?
LAPORAN : HERMAS PURWADI
STRATEGI untuk mengoptimalkan pelayanan prima bagi pemudik yang melintas diwilayah hukumnya kini terus didalami jajaran Polres Tegal. Kapolres Tegal, AKBP Nelson Pardamamean Purba SIK, mengaku, luasnya wilayah kerja yang dinahkodai perlu adanya pendalaman terkait daerah rawan bagi pemudik.
"Untuk daerah rawan laka lantas kita sudah cermati dari pengalaman tahun sebelumnya. Areal itu mencakup Pantura Desa Padaharja Kecamatan Kramat Penggal A-XII 147 Semarang - Cirebon. Disana menjadi titik lelah pengemudi. Dan kendaraan yang melintas cenderung berkecepatan tinggi. Kami sudah melakukan persiapan antisipasi dengan menggalakkan patroli berikut pemantauan kecepatan dan pemasangan rambu peringatan disana," cetusnya.
Dia juga menyatakan, daerah rawan lantas lainnya yang perlu mendapat perhatian adalah Jalan Raya Lebaksiu Lor Pengal B-KM 19 Tegal - Purwokerto.
Dia juga mengaku, telah memetakkan daerah rawan padat merayap dan macet saat puncak arus mudik dan balik lebaran nanti. Diakuinya ada 4 lokasi petak jalan rawan macet seperti pasar Suradadi, Banjaran, pasar Margasari, dan perlintasan KA Karanganyar Desa Prupuk Selatan.
"Kami akan menempatkan personil secara proporsional disana untuk menjalankan tugas pengaturan, penjagaan, sekaligus penempatan traffic cone untuk memilah arus," katanya.
Terpisah, Kasat Lantas AKP Ifan Hariyat SIK, mengaku, juga telah berupaya mencari jalur alternatif untuk memecah kemacetan diempat titik tersebut. Seperti di wilayah Suradadi arus lalu lintas dari Jakarta ke arah Timur akan dialihkan melalui jalur alternatif Munjungagung – Kramat - Tarub – Balaomoa – Kebandungan – Kedungjati – Warurejo - Babadan - menuju Pemalang yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 42 menit.
"Khusus antisipasi daerah rawan kriminaltias, kami juga telah melakukan kajian pemetaan lokasi. Dimana daerah rawan kriminalitas itu sering terjadi di kawasan hutan jati Kecamatan Balapulang yang selain sepi, juga kurangnya penerangan. Ini sangat rentan mengundang aksi penodongan dan perampasan," cetusnya.
Nelson juga menambahkan bahwa daerah rawan kriminal lain terdeteksi di jalur alternatif Songgom sampai dengan Klonengan yang sepi dan kurangnya lampu penerangan. Kawasan jalur Pantura juga dinilainya rawan terhadap aksi kawanan penodong dan bajing loncat. Selebihnya, di kawasan hutan jati Kecamatan Jatinegara serta jalur menuju obyek wisata Guci. Dia mengakui, telah melakukan antisipasi dengan menggerakkan personil melaksanakan patroli rutin khususnya pada saat jam rawan terjadinya tindak kriminalitas.
"Kami juga telah mencermati adanya daerah rawan perkelahian antar kampung. Daerah yang kami waspadai ada di Desa Harjosari Kecamatan Adiwerna, Desa Balaradin dan Lebaksiu di Kecamatan Lebaksiu, serta Desa Kalikangkung Kecamatan Pangkah. Disinilah personil akan kami dorong untuk melaksanakan patroli dan menggelar penyuluhan terhadap warga sekitar agar tidak ada perselisihan antar kampung yang menyebabkan perkelahian," tuturnya. (*)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Pemetaan-Kawasan-Rawan-Tindak-Kriminalitas.html

Pemda Tak Bisa Subsidi Kedelai

SUBSIDI kedelai untuk perajin tahu dan tempe, dipastikan tidak ada. Pemerintah Kabupaten Tegal, belum bisa membantu karena dana yang dibutuhkan untuk melakukan subsidi tersebut, diperkirakan mencapai Rp 5 miliar. Sedangkan dana di daerah, sangat terbatas.
Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Kabupaten Tegal, Ir Toto Subandriyo, saat dihubungi wartawan, kemarin.
Dia menguraikan, mestinya program subsidi tersebut berasal dari Pemerintah Pusat. Sehingga yang di daerah tinggal mengikutinya. Apabila subsidi dibebankan hanya kepada Pemda, tentunya keberatan. Sebab, dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Karena itu, sampai dengan hari ini pihaknya mengaku belum bisa memberikan jalan keluar guna mengatasi hal tersebut.
"Pemkab hanya bisa memberikan bantuan peralatan produksi kepada perajin. Bantuan sudah diberikan melalui program bantuan untuk peningkatan dan pengembangan usaha, beberapa waktu lalu," ujarnya.
Kesulitan pemerintah Indonesia dalam mengatasi mahalnya harga kedelai sebagai bahan baku tahu, karena ada aturan dari International Monetary Fund (IMF). Aturan yang diberlakukan sejak 2008 itu menyebutkan, pemerintah dilarang campur tangan terhadap harga sembilan bahan pokok, termasuk kedelai. Dengan kondisi demikian, masyarakat perajin yang menjadi korban. Artinya, mereka akan diberatkan dengan harga kedelai yang kian menggila.
"Subsidi bisa turun apabila setahun sebelumnya ada pengajuan anggaran ke DPRD. Sehingga, tahun ini bisa digelontorkan," kata dia yang mengaku bahwa mekanisme sekarang atau setelah 2008, memang begitu.
Seperti diberitakan koran ini sebelumnya, sejumlah perajin tahu dan tempe di Kabupaten Tegal membutuhkan subsidi dari Pemerintah Daerah setempat seiring dengan harga kedelai yang kian melambung tinggi. Harga kedelai sebelumnya hanya Rp 7.000 per kilogram, kini menjadi Rp 8.000. Karenanya, perajin tahu terancam gulung tikar.
"Saat ini banyak perajin tahu dan tempe kelimpungan dengan kondisi harga kedelai mahal. Jumlah perajin tahu di Desa Adiwerna khususnya yang tergabung dalam paguyuban sekitar 330 orang perajin," kata Ketua Paguyuban Perajin Tahu Adiwerrna, Berkah Lestari, Samiun. (yer)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Pemda-Tak-Bisa-Subsidi-Kedelai.html

Mutasi Sesuai Prosedur

MENCUATNYA aksi unjuk rasa yang sempat dilancarkan wali murid kelas 1 SDN Ujungrusi 03 dan diarahkan ke pihak Komite Sekolah atas kepindahan salah satu gurunya, mendapat apresiasi dan tanggapan serius dari UPTD Dikpora setempat.
Kepala UPTD Dikpora Adiwerna, Drs Sunarta, mengakui pihaknya saat ini memang sedang kekurangan tenaga guru untuk mengajar siswa yang duduk di bangku sekolah dasar.
"Kalkulasi data terakhir, ada sekitar 17 guru yang baru saja diangkat menjadi kepala sekolah. Sementara sebanyak 3 mantan kepala sekolah yang dikembalikan posisinya menjadi guru. Jadi paska monitoring evalusi, kami saat ini total kekurangan sekitar 14 guru," terangnya.
Berkaca pada kenyataan tersebut pihaknya perlu menempuh langkah penyeimbangan dari jumlah SD yang ada. Penyeimbangan ditempuh untuk menyiasati fenomena dilapangan dimana ada satu SD tiga orang gurunya serentak diangkat menjadi kepala sekolah dan ini jelas perlu menambahkan guru dari sekolah atau SD lainnya. "Itu belum termasuk mereka yang sudah masuk masa pensiun yang tahun ini ada sekitar dua orang," tegasnya.
Diakuinya langkah penyeimbangan ini perlu dilakukan agar jangan terjadi ada SD yang kebanyakan guru namun disatu sisi ada SD yang malah kekurangan tenaga pendidik. "Semua usulan mengenai rolling guru berasal dari pengawas yang kita musyawarahkan secara matang. Kita yang kemudian menyampaikan pertimbangan rolling tersebut ke Dinas Dikpora Kabupaten Tegal. Dinaslah yang nantinya memutuskan apakah guru tersebut layak untuk dirolling atau dipertahankan di sekolah awal," cetusnya.
Dia berharap, semua guru yang dirolling bisa berbesar hati dan dapat menyampaikan dasar pemindahan tersebut kepada wali murid yang merasa keberatan. "Pasti ada jalan keluar terbaik, tanpa harus menggelar aksi unjuk rasa. Toh, guru yang dirolling sudah mengetahui akar permasalahan yang terjadi di dinas, terkait pemerataan tenaga pendidik," urainya. (her)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Mutasi-Sesuai-Prosedur.html

Senin, 30 Juli 2012

Layanan Seks Gratifikasi Model Baru

Jakarta - Bentuk gratifikasi untuk memuluskan urusan telah berevolusi, bukan hanya dalam bentuk pemberian uang, tetapi dalam bentuk pelayanan seks."Saat ini saya melihat ada model baru gratifikasi, bukan hanya berupa materi tapi pelayanan plus-plus atau pemberian pekerja seks komersial (PSK)," ujar pengamat hukum dari Universitas 17 Agustus Jakarta Bahtiar Ali kepada INILAH.COM, Senin (30/7/12).
Hal itu disampaikan mengomentari adanya sinyalemen bahwa APBD daerah ada yang diselewengkan untuk membayar PSK yag mengencani sejumlah pihak. Bahtiar curiga jika uang negara pun digunakan untuk persoalan pelayanan plus-plus ini. Namun Ia tidak memastikan sumber anggaraan darimana ataukah melekat pada mata anggaran yang mana.

Sebelumnya, Direktur Pengembangan Jaringan Kerja Antar Komisi dan Instansi (PJ KAKI) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Sudjanarko, mengungkapkan hal itu di sebuah diskusi di Four Seasons Hotel, Senin (30/7/12).

Pada diskusi itu, Sudjanarko mengakui KPK menemukan APBD disejumlah daerah digunakan untuk membiayai PSK untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan anggaran. Namun, Sudjanarko tidak memberikan penjelasan lebih detail mengenai modus yang digunakan dan daerah mana saja yan menggunakan APBD untuk kepentingan itu.
Sumber Berita :http://id.berita.yahoo.com/layanan-seks-gratifikasi-model-baru-170500977.html

Polisi Ogah Berspekulasi Gudang Jokowi Dibakar

TEMPO.CO, Surakarta - Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Sukoharjo, Ajun Komisaris Andis Arfan Taufani, menyatakan belum bisa memperkirakan penyebab terjadinya kebakaran gudang mebel milik perusahaan keluarga Wali Kota Surakarta, Joko Widodo. Dia menolak menjawab saat ditanya kemungkinan adanya unsur sabotase, terutama mengingat Jokowi--sapaan Joko Widodo--sedang bertarung untuk putaran kedua pemilihan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. »Kami menunggu hasil laboratorium,” kata dia.
Tim Laboratorium Forensik Kepolisian Daerah Jawa Tengah diterjunkan untuk menyelidiki penyebab kebakaran itu. Mereka melakukan olah tempat kejadian perkara yang berada di Pabelan, Sukoharjo, Sabtu, 28 Juli 2012. Tim tersebut terdiri atas empat polisi yang dipimpin oleh seorang perwira. Mereka memeriksa lingkungan gudang yang terbakar selama hampir dua jam. »Mereka juga membawa sejumlah benda untuk diteliti,” kata Andis.
Ia menyatakan bahwa barang yang dibawa berupa boks panel listrik, instalasi kabel, serta abu bekas kebakaran. »Benda-benda itu akan diperiksa di laboratorium untuk memastikan penyebab kebakaran,” katanya. Hanya saja, belum ada kepastian kapan hasil penyelidikan itu akan keluar.
Hingga saat ini, polisi telah meminta keterangan delapan orang saksi yang terdiri atas karyawan, penanggung jawab gudang, dan pemilik gudang. »Sebab, ternyata PT Rakabu hanya menempati gudang itu dengan cara menyewa,” kata Andis. Tidak tertutup kemungkinan, kata dia, saksi yang dimintai keterangan akan bertambah.
Dari keterangan sejumlah saksi, kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik. Sebab, instalasi listrik yang ada di gudang itu sudah tua. »Tapi ini baru dugaan yang didapat dari keterangan saksi,” kata Andis.
Kepala Kepolisian Sektor Kartasura Ajun Komisaris Fachrul Sugiarto menyatakan total kerugian akibat terbakarnya dua gudang itu mencapai sekitar Rp 1 miliar. »Nilai mebel yang terbakar mencapai Rp 300 juta,” katanya. Sedangkan kapas dan kain perca yang ada di satu gudang lain nilainya sekitar Rp 400 juta. Nilai gudang yang terbakar ditaksir juga mencapai Rp 300 juta.
Kebakaran hebat melanda dua gudang yang berada di Pabelan, Kartasura, pada Kamis lalu. Salah satunya ditempati oleh PT Rakabu yang merupakan milik Jokowi. Sedangkan gudang yang lainnya ditempati oleh PT Kapas Jaya yang merupakan milik kerabat dekat Jokowi. Api mulai berkobar sekitar pukul 12.30 saat para karyawan istirahat siang. Api baru padam sekitar pukul 15.00 saat barang-barang di dalamnya sudah habis. Belasan mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api.
Sumber Berita : http://id.berita.yahoo.com/polisi-ogah-berspekulasi-gudang-jokowi-dibakar-032900692.html

Rp 3691 Miliar Silpa Semester Pertama

SILPA APBD Kabupaten Tegal pada semester pertama APBD tahun 2012, sebesar Rp 369,1 miliar lebih. Besarnya Silpa tersebut, justru dituding Legislatif sebagai bukti jika realisasi semester pertama penggunaan dana APBD 2012 itu tidak realistis dan tidak logis. Padahal idealnya pemanfatan anggaran untuk belanja khususnya kegiatan, bisa mencapai diatas 25 persen. Namun ironisnya, yang tergunakan untuk kegiatan itu justru jauh dari harapan. Bahkan, anggaran cenderung menumpuk dan dilaksanakan secara besar-besaran pada akhir tahun anggaran.
“Pemanfaatan anggaran oleh pihak terkait pada eksekutif Pemkab Tegal, kami katakan tidak logis dan tidak realistis,” kata Anggota DPRD dari FPDI P, Tri Leksono AMD, kemarin disela-sela Sidang Paripurna.
Dikatakan Tri Leksono, kondisi seperti itu seperti dalam pengantar laporan realisasi semester pertama APBD Tahun 2012 dan prognosis enam bulan berikutnya, yang dibacakan oleh Wakil Bupati Tegal, HM Hery Soelistiyawan SH MHum. Dalam laporannya dikatakan bahwa Realisasi Pendapatan Rp 689,383 miliar lebih dan Realisasi Belanja Rp 432,715 miliar lebih. Terjadi surplus /(devisit) Rp 256,668 miliar lebih, sedang pembiayaan Neto Rp 106,469 miliar lebih, maka terjadi Silpa sebesar Rp 363.138 miliar lebih.
Menurut dia, dari angka tersebut, menunjukkan jika eksekutif sangat tidak realistis dalam menerapkan manajemen penggunaan realisasi pendapatan untuk dibelanjakan. Kondisi itu pula yang membuat pertanyaan dan memunculkan kehawatiran bakal menghambat pekeraan dan penggunaan anggaran secara amburadul. “Perlu ada penyikapan tegas agar hal seperti itu yang hampir terjadi setiap tahun menjadi berubah lebih baik,” ujarnya.
Sementara, Wakil Bupati Tegal, HM Hery Soelistiyawan SH MHum, dalam menyikapi prognosis enam bulan berikutnya mengatakan, mengenai pendapatan, belanja, penerimaan pembiayaan maupun pengeluaran pembiayaan secara umum masih menggunakan angka sisa anggaran semeter pertama. Sedang bagi yang telah terealisasi pada semester pertama, maka tidak dilakukan prognosis atau perkiraan baru. “Untuk yang belum terpenuhi, menggunakan prognosis yang kami jelaskan dalam laporan,” pungkasnya. (gon)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Rp-3691-Miliar-Silpa-Semester-Pertama.html

Ribuan E KTP Menumpuk di Kecamatan

SLAWI- Warga Kabupaten Tegal harus bersabar untuk segera memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik (E-KTP). Pasalnya, petugas di kecamatan belum bisa membagikan kartu yang sudah jadi karena anggaran operasional belum cair. Hingga kini, kartu tanda penduduk elektronik itu pun masih menumpuk di kantor kecamatan.
Kabid Pengelolaan Data Disdukcapil, Saeful Mizan mengatakan,’’Rata-rata ada sekitar 1.500-2.000 kartu yang sudah jadi berada di masing-masing kecamatan.’’
Ia mengakui, kartu tersebut belum dibagikan ke warga. ‘’Ya, karena belum ada anggaran. Jadi kartu E-KTP belum bisa dibagikan ke warga,’’ katanya, kemarin.
Menurut dia, pembagian kartu menunggu dana operasional dari APBD-Perubahan cair. Anggaran yang dibutuhkan untuk pembagian sekitar Rp 500 juta. Diperkirakan, kartu E-KTP baru bisa dibagikan ke warga sekitar Oktober.
Tak Menangani
‘’Ya, sekalian menunggu pengiriman kartu yang sudah jadi dari Jakarta secara keseluruhan. Pembagian E-KTP itu juga sama prosesnya seperti pembuatan. Ada proses yang cukup ketat, seperti pemeriksaan sidik jari dan lain sebagainya. Karena itu, dana operasional besarnya juga sama dengan pelaksanaan pembuatannya,’’ jelas dia.
Selain pembagian yang belum bisa direalisasikan, lanjut Saeful, sejumlah kecamatan kini tak lagi menangani pembuatan E-KTP. ‘’Beberapa kecamatan masih ada. Rata-rata karena sudah tidak ada dana operasional, maka kecamatan sudah tidak melayani pembuatan E-KTP.’’
Dia menegaskan, bagi warga yang ingin membuat E-KTP bisa datang langsung ke kantor Disdukcapil. Kebijakan ini juga sudah disampaikan ke tingkat desa. Meski demikian, ia optimistis antara Agustus-September, pembuatan E-KTP sudah mencapai 100 persen.
Sejumlah warga, kemarin juga sudah mulai datang ke Disdukcapil untuk membuat KTP. Rata-rata tiap hari ada lima orang. Seperti yang dilakukan Warningsih, warga Desa Bulakpacing, Kecamatan Dukuhwaru. Ia terpaksa datang ke Disdukcapil karena disuruh oleh perangkat desa. ‘’Ya, lebih cepat, nggak usah ngantre. Selain itu, juga tidak dipungut biaya,’’ kata warga yang baru saja datang dari Jakarta itu. (G12-49)  
Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/07/31/194437/Ribuan-E-KTP-Menumpuk-di-Kecamatan

Hari Pertama UKG Gagal

HARI pertama pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru (UKG) bagi guru yang sudah bersertifikasi, Senin (30/7) kemarin, gagal dilaksanakan. Pasalnya, UKG yang menggunakan sistem online itu, mengalami kendala pada sambungan (koneksi) internet. Hal ini menjadikan peserta UKG harus menunggu beberapa saat. Hingga akhirnya, peserta diperbolehkan pulang serta menunggu informasi berikutnya.
Salah satu peserta UKG, Komarudin, yang merupakan peserta UKG yang ditempatkan di SMK YPE Nusantara Slawi, mengatakan, setelah dirinya masuk ke ruang ujian dan akan mengerjakan ujian dengan sitem online tersebut, jaringan internet tidak dapat diakses atau tidak loading (tidak berproses). Karena masalah tersebut, pihaknya hanya sebatas menunggu sampai waktu yang ditentukan.
“Ketika layar dibuka dan kami memasukkan nomor peserta, NUPTK, dan tinggal menekan tombol login, namun tidak bisa berproses atau tidak conect,” katanya.
Terlihat, para peserta menunggu dan duduk-duduk di ruang maupun di depan ruang ujian. Peserta merasa kebingungan, karena sampai siang belum ada keputusan tentang pelaksanaan ujian tersebut. Hingga akhirnya, seluruh peserta pun dipulangkan.
“Ya, pada mulanya kami hanya duduk sambil menunggu kabar dari pelaksana. Namun akhirnya kami dipulangkan. Kami juga tidak tahu, kapan kami akan melakukan ujian kompetensi guru lagi. Karena besok yang mengikuti UKG adalah peserta berikutnya. Sementara kami tidak tahu kapan jadwal ujian kami,” ungkapnya.
Dari semua peserta yang ditempatkan di beberapa sekolah di Kabupaten Tegal, ternyata mengalami kendala yang sama.
Sementara, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Tegal, Drs Edi Pramono, saat dihubungi menjelaskan, bahwa terkait adanya kendala koneksi internet, pihaknya sudah menghubungi langsung ke pihak LPMP melalui pelaksana teknis tendik. Namun, sepertinya LPMP kesulitan karena padatnya arus yang menggunakan.
“Kita tidak bisa berbuat banyak, karena kami hanya sebatas menfasilitasi tempat tes dan penyediaan pengawas, serta membantu memperlancar pelaksanaannya,” ungkap dia. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Hari-Pertama-UKG-Gagal.html

Oknum Pembuatan KTP Palsu Merajalela

OKNUM pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di lingkungan kecamatan maupun Kabupaten Tegal, terus merajalela. Pasalnya, dari beberapa orang yang membuat KTP tersebut, ada beberapa korban dan hasilnya dikatakan palsu. Karena, dalam KTP yang baru dibuat itu, tak ada gambar garuda dan stempel yang digunakan tidak basah.
Salah satu korban asal Desa Slawi Kulon, Iko, mengatakan, bahwa dirinya mengatahui KTP dirinya itu palsu pada saat digunakan sebagai persyaratan pembuatan paspor. Namun hasil pemeriksaan ultraviolet di kantor imigrasi, KTP yang dimilikinya dikatakan palsu karena stempel tidak basah dan tidak terlihat gambar garudanya.
“Kalau kata kepala imigrasi, bahwa KTP dari Kabupaten Tegal seperti yang saya miliki ini tidak hanya satu, tapi banyak dan tidak bisa dipakai,” katanya, kemarin.
Iko menjelaskan, pihaknya tidak tahu persis proses pembuatan KTP miliknya itu. Karena pada saat pembuatan KTP, yang mengurus ibunya. Ibunya pun menitipkan kepada orang lain. Pihaknya tidak tahu persis, ibunya telah menitipkan kepada siapa, apakah petugas Disdukcapil atau kecamatan.
“Kami yakin, ini jelas ada oknum yang bermain dalam pembutan KTP ini. Tapi kami bingung harus bagaimana lagi dan harus membuat KTP kemana agar cepat dan tidak bermasalah untuk keperluan paspor,” ujarnya.
Di tempat terpisah, anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tegal, Wahidin, menjelaskan, bahwa keadaan pelayanan pembuatan KTP di Kabupaten Tegal memang sedang ada persoalan. Namun seharusnya adanya oknum yang membuat KTP seperti itu harus pula ditangani serius oleh Pemkab, agar masyarakat tidak menjadi korban.
“Permasalahan pembuatan KTP dan KK ini memang sedang menjadi persolan, dan ini harus secepatnya bisa diselesaikan. Karena menurut saya, adanya oknum pemalsu KTP itu, akibat dari adanya permasalahan tersebut. Kasihan masyarakat jika terus berlarut-larut,” katanya.
Selain itu, lanjutnya, oknum pegawai pemalsuan pembauatn KTP di tubuh Pemkab maupun kecamatan itu seharusnya diberikan sanksi atau tindakan tegas dari pemerintah. “Saya yakin, orang yang mengurusi KTP itu tahu siapa yang menjadi oknum itu, kalau sudah tahu ya seharusnya ditindak tegas,” tegasnya. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Oknum-Pembuatan-KTP-Palsu-Merajalela.html

PGRI Dukung UKG

UJIAN Kompetensi Guru (UKG) yang digelar serentak secara nasional 30 Juli hingga 12 Agusutus 2012 mengundang pro dan kontra antara serikat guru dan pengurus PGRI ditingkat pusat. Tak sedikit kegelisahan guru yang telah mendapat sertifikasi juga melayangkan seruan keberatan untuk tidak diuji ulang yang dialamatkan ke masing-masing UPTD. Pihak UPTD pun mencoba mengklarifikasikan hal tersebut ke pihak PGRI cabang Kabupaten Tegal.
Ketua cabang PGRI Kabupaten Tegal, Drs Waudin MSi, secara tegas mendukung penuh langkah digelarnya UKG tersebut. "Ujian kali ini digelar sebagai salah satu bentuk sistem pembinaan, bukan untuk menentukan kelulusan. Lebih tepatnya sebagai media evaluasi dan bahan pembinaan kompetensi guru yang bersangkutan. Jadi UKG kali ini perlu disikapi secara bijak dan arif oleh para guru," tegasnya, Senin (30/7) kemarin.
Diakuinya, uji kompetensi lebih memanusiakan guru setelah guru diberi tunjangan profesi melalui sertifikasi. Sehingga guru tidak lagi merasa resah dan takut dengan adanya UKG yang justru hal ini diharapkan bisa memacu dan memicu guru dalam hal peningkatan kinerjanya. Dia juga menegaskan, dengan digelarnya UKG setidaknya bisa membuat guru sadar bahwa ternyata untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas harus diikuti seorang pendidik yang berkualitas pula.
"Saat ini kurang lebih 50 persen dari guru yang ada, sudah bersertifikasi. Memang ada hal yang tersurat dan yang tidak tersirat di dalam UU Guru dan Dosen nomor 14 tahun 2008. Dimana untuk guru yang berstatus sertifikasi harus diuji kelayakannya. Semestinya guru yang profesional akan bangga dengan adanya perhatian pemerintah untuk mengevaluasi statusnya agar lebih baik lagi. Tentunya ini bisa dijadikan peluang bahwa setelah menyandang sertifikasi, yang bersangkutan dapat menunjukkan kinerjanya dari hasil pembelajaran dan menyiapkan SDM yang lebih baik. Tidak sebaliknya, malah guru bersertifikasi berlomba-lomba memprotes dan seolah-olah enggan untuk diadakan UKG," tegasnya.
Dia berharap dengan digelarnya UKG ini para guru berstatus sertifikasi tidak perlu risau dan takut, dan mengajak para guru untuk menggunakan kesempatan yang ada sebagai ajang pembuktian kepada masyarakatr luas. "Kami sepenuhnya mendukung Dinas Pendidikan yang terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan lewat langkah mencetak tenaga pendidik yang profesional," cetusnya. (her)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/PGRI-Dukung-UKG.html

Mukjizat Puasa terhadap Kesehatan Manusia

KOMPAS.com - Berbagai penelitian telah mengungkap adanya mukjizat puasa ditinjau dari perpekstif medis modern. Dalam penelitian ilmiah, tidak ditemukan efek merugikan dari puasa Ramadhan pada jantung, paru, hati, ginjal, mata, profil endokrin, hematologi dan fungsi neuropsikiatri.
Penelitian meta analisis atau penelitian terhadap berbagai Abstrak Terkait ini diperoleh dari Medline dan jurnal lokal di negara-negara Islam 1960-2009. Seratus tiga belas artikel yang memenuhi kriteria untuk pemilihan kertas dikaji secara mendalam untuk mengidentifikasi rincian bahan terkait.
Hasilnya, terdapat manfaat luar biasa dan tidak disangka sebelumnya oleh para ilmuwan tentang adanya mukjizat puasa Ramadhan bagi kesehatan manusia. Meskipun puasa Ramadhan aman untuk semua orang sehat dan beberapa kondisi sakit tertentu, namun dalam keadaan penyakit tertentu seseorang harus berkonsultasi dengan dokter dan mengikuti rekomendasi ilmiah.
Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti oleh umat muslim. Saat itu, dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan rahmah. Semua umat muslim yang sehat dan sudah akil balik diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. Meskipun untuk sebagian orang ibadah puasa cukup berat, tetapi terdapat keistimewaan untuk mendapatkan hikmah dari Allah berupa kebahagian, pahala berlipat, dan bahkan suatu muhjizat dalam kesehatan.
Allah berjanji akan memberikan berkah kepada orang yang berpuasa. Seperti ditegaskan sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Suny dan Abu Nu'aim: "Berpuasalah maka kamu akan sehat." Dengan berpuasa, akan diperoleh manfaat secara biopsikososial berupa sehat jasmani, rohani dan sosial. Rahasia kesehatan yang dijanjikan dalam berpuasa inilah yang menjadi daya tarik ilmuwan untuk meneliti berbagai aspek kesehatan puasa secara psikobiologis, imunopatofisilogis dan biomolekular.
Para pakar nutrisi dunia mendefinisikan puasa atau kelaparan (starvasi) sebagai pantangan mengkonsumsi nutrisi baik secara total atau sebagian dalam jangka panjang atau jangka pendek. Sedangkan konsep puasa dalam Islam secara substansial adalah menahan diri tidak makan, minum dan berhubungan suami istri mulai terbit fajar hingga terbenam matahari dengan disertai niat. Sehingga puasa memiliki perbedaan dibandingkan starvasi biasa.
Inilah 20 Mukizat Puasa Terhadap Kesehatan Manusia
1. Keseimbangan anabolisme dan katabolisme
Berbeda dengan kelaparan atau starvasi dalam berbagai bentuk dapat mengganggu kesehatan tubuh. Namun sebaliknya, dalam puasa ramadhan terjadi keseimbangan anabolisme dan katabolisme yang berakibat asam amino dan berbagai zat lainnya membantu peremajaan sel dan komponennya memproduksi glukosa darah dan mensuplai asam amino dalam darah sepanjang hari. Cadangan protein yang cukup dalam hati karena asupan nutrisi saat buka dan sahur akan tetap dapat menciptakan kondisi tubuh untuk terus memproduksi protein esensial lainnya seperti albumin, globulin dan fibrinogen. Hal ini tidak terjadi pada starvasi jangka panjang, karena terjadi penumpukan lemak dalam jumlah besar, sehingga beresiko terjadi sirosis hati. Sedangkan saat puasa di bulan ramadhan, fungsi hati masih aktif dan baik.
2. Tidak akan mengakibatkan pengasaman dalam darah.
Kemudian juga berbeda dengan starvasi, dalam puasa Islam penelitian menunjukkan asam amino teroksidasi dengan pelan dan zat keton tidak meningkat dalam darah sehingga tidak akan mengakibatkan pengasaman dalam darah.
3. Tidak berpengaruh pada sel darah manusia
Dalam penelitian, saat puasa tidak berpengaruh pada sel darah manusia & tidak terdapat perbedaan jumlah retikulosit, volume sel darah merah serta rata-rata konsentrasi hemoglobin (MCH, MCHC) dibandingkan dengan orang yang tidak berpuasa.
4. Puasa pada penderita diabetes tipe 2 tidak berpengaruh
Puasa ramadhan pada penderita diabetes tipe 2 tidak berpengaruh dan tidak terdapat perbedaan protein gula, protein glikosilat dan hemoglobin glikosilat. Namun pada penderita diabetes tipe tertentu sebaiknya harus berkonsultasi dengan dokter bila hendak berpuasa. Diantaranya adalah penderita diabetes dengan keton meningkat, sedang hamil, usia anak atau komplikasi lain seperti gagal ginjal dan jantung.
5. Pengaruh pada Ibu hamil dan menyusui
Terdapat sebuah penelitian puasa pada ibu hamil, ibu menyusui, dan kelompok tidak hamil dan tidak menyusui di perkampungan Afika Barat. Ternyata dalam penelitian tersebut disimpulkan tidak terdapat perbedaan kadar glukosa serum, asam lemak bebas, trigliserol, keton, beta hidroksi butirat, alanin, insulin, glucagon dan hormon tiroksin.
6. Pengaruh pada janin saat ibu hami berpuasa
Penelitian di Departemen Obstetri dan Ginekologi dari Gaziantep University Hospital, terhadap 36 wanita sehat dengan kehamilan tanpa komplikasi berturut-turut dari 20 minggu atau lebih, yang berpuasa selama bulan Ramadhan untuk mengevaluasi efek Ramadan pada janin, pengukuran Doppler ultrasonografi dalam peningkatan diameter biparietal janin (BPD), peningkatan panjang tulang paha janin (FL), meningkatkan berat badan diperkirakan janin (EFBW), profil biofisik janin (BPP), indeks cairan amnion (AFI), dan rasio arteri umbilikalis sistol / diastol (S / D) rasio.
Kortisol serum ibu, trigliserida, kolesterol total, low-density lipoprotein (LDL), high density lipoprotein (HDL), very Low density lipoprotein (VLDL), dan LDL / HDL rasio juga dievaluasi sebelum dan sesudah Ramadhan. Hasil penelitian menunjukkan, tidak ada perbedaan signifikan yang ditemukan antara kedua kelompok untuk usia janin, berat badan ibu, perperkiraan kenaikan berat badan janin (EFWG), BPP janin, AFI, dan rasio arteri umbilikalis S / D.
7. Penurunan glukosa dan berat badan
Studi kohort dilakukan pada 81 mahasiswa Universitas Teheran of Medical Sciences saat berpuasa. Dilakukan evaluasi berat badan, indeks massa tubuh (BMI), glukosa, trigliserida (TG), kolesterol, lipoprotein densitas rendah (LDL), high density lipoprotein (HDL), dan Very Low density lipoprotein (VLDL), sebelum dan sesudah Ramadhan. Studi ini menunjukkan bahwa puasa Ramadhan menyebabkan penurunan glukosa dan berat badan. Meskipun ada penurunan yang signifikan dalam frekuensi makan, peningkatan yang signifikan dalam LDL dan penurunan HDL tercatat pada bulan Ramadhan. Tampaknya efek puasa Ramadhan pada tingkat lipid dalam darah mungkin berkaitan erat dengan pola makan gizi atau respon kelaparan biokimia.
8. Pengaruh pada fungsi kelenjar gondok
Ketika berpuasa ternyata juga terbukti tidak berpengaruh pada fungsi kelenjar gondok manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kadar plasma tiroksin (TS),tiroksin bebas, tironin triyodium dan hormon perangsang gondok (TSH) pada penderita laki-laki yang berpuasa.
9. Pengaruh pada hormon virgisteron
Sedangkan pada penelitian hormon wanita tidak terjadi gangguan pada hormon virgisteron saat melaksanakan puasa. Tetapi, 80% populasi penelitian menunjukkan penurunan hormon prolaktin. Penelitian ini menunjukkan harapan baru bagi penderita infertilitas atau kemandulan wanita yang disebabkan peningkatan hormon prolaktin. Sehingga saat puasa, wanita tetap berpeluang besar untuk tetap pada kondisi subur.
10. Bermanfaat Bagi Jantung
Beberapa penelitian menyebutkan sebenarnya tidak terdapat perbedaan yang mencolok saat berpuasa dibandingkan saat tidak berpuasa. Puasa Ramadhan tidak mempengaruhi secara drastis metabolisme lemak, karbohidrat dan protein. Meskipun terjadi peningkatan serum uria dan asam urat sering terjadi saat terjadi dehidrasi ringan saat puasa. Saat berpuasa ternyata terjadi peningkatan HDL dan apoprotein alfa1. Penurunan LDL sendiri ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Beberapa penelitian "chronobiological" menunjukkan saat puasa Ramadhan berpengaruh terhadap ritme penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonin dan glisemia. Berbagai perubahan yang meskipun ringan tersebut tampaknya juga berperan bagi peningkatan kesehatan manusia.
11. Memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerja sel
Saat puasa terjadi perubahan dan konversi yang masif dalam asam amino yang terakumulasi dari makanan, sebelum didistribusikan dalam tubuh terjadi format ulang. Sehingga, memberikan kesempatan tunas baru sel untuk memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerjanya. Pola makan saat puasa dapat mensuplai asam lemak dan asam amino penting saat makan sahur dan berbuka. Sehingga terbentuk tunas-tunas protein , lemak, fosfat, kolesterol dan lainnya untuk membangun sel baru dan membersihkan sel lemak yang menggumpal di dalam hati. Jumlah sel yang mati dalam tubuh mencapai 125 juta perdetik, namun yang lahir dan meremaja lebih banyak lagi.
12. Sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta meningkatkan kekuatan osmosis urin
Penghentian konsumsi air selama puasa sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta meningkatkan kekuatan osmosis urin hingga mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dalam keadaan tertentu hal ini akan memberi perlindungan terhadap fungsi ginjal. Kekurangan air dalam puasa ternyata dapat meminimalkan volume air dalam darah. Kondisi ini berakibat memacu kinerja mekanisme lokal pengatur pembuluh darah dan menambah prostaglandin yang pada akhirnya memacu fungsi dan kerja sel darah merah.
13. Dalam keadaan puasa ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Penelitian menunjukkan saat puasa terjadi peningkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. Kendati keseluruhan sel darah putih tidak berubah ternyata sel T mengalami kenaikkan pesat. Pada penelitian terbaru menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar apo-betta, menaikkan kadar apo-alfa1 dibandingkan sebelum puasa. Kondisi tersebut dapat menjauhkan serangan penyakit jantung dan pembuluh darah.
14. Penurunan berbagai hormon salah satu rahasia hidup jangka panjang
Penelitian endokrinologi menunjukkan bahwa pola makan saat puasa yang bersifat rotatif menjadi beban dalam asimilasi makanan di dalam tubuh. Keadaan ini mengakibatkan penurunan pengeluaran hormon sistem pencernaan dan insulin dalam jumlah besar. Penurunan berbagai hormon tersebut merupakan salah satu rahasia hidup jangka panjang.
15. Bermanfaat dalam pembentukan sperma
Manfaat lain ditunjukan dalam penelitian pada kesuburan laki-laki. Dalam penelitian tersebut dilakukan penelitian pada hormon testoteron, prolaktin, lemotin, dan hormon stimulating folikel (FSH), Ternyata hasil akhir kesimpulan penelitian tersebut puasa bermanfaat dalam pembentukan sperma melalui perubahan hormon hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruh kedua testis.
16. Bermanfaat untuk penderita radang persendian (encok) atau rematoid arthritis
Manfaat lain yang perlu penelitian lebih jauh adalah pengaruh puasa pada membaiknya penderita radang persendian (encok) atau rematoid arthritis. Parameter yang diteliti adalah fungsi sel penetral (netrofil) dan progresifitas klinis penderita. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat korelasi antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel penetral dalam membasmi bakteri.
17. Memperbaiki hormon testoteron dan performa seksual
Dalam sebuah jurnal endokrin dan metabolisme dilaporkan penelitian puasa dikaitkan dengan hormon dan kemampuan seksual laki-laki. Penelitian tersebut mengamati kadar hormon kejantanan (testoteron), perangsang kantung (FSH) dan lemotin (LH). Terjadi perubahan kadar berbagai hormon tersebut dalam tiap minggu. Dalam tahap awal didapatkan penurunan hormon testoteron yang berakibat penurunan nafsu seksual tetapi tidak menganggu jaringan kesuburan. Namun hanya bersifat sementara karena beberapa hari setelah puasa hormon testoteron dan performa seksual meningkat pesat melebihi sebelumnya
18. Memperbaiki kondisi mental secara bermakna
Seorang peneliti diMoskow melakukan penelitian pada seribu penderita kelainan mental termasuk skizofrenia. Ternyata dengan puasa sekitar 65% terdapat perbaikan kondisi mental yang bermakna. Berbagai penelitian lainnya menunjukkan ternyata puasa Ramadhan juga mengurangi risiko kompilkasi kegemukan, melindungi tubuh dari batu ginjal, meredam gejolak seksual kalangan muda dan penyakit lainnya yang masih banyak lagi.
19. Peningkatan komunikasi psikososial baik dengan Allah dan sesama manusia
Manfaat puasa bagi kehidupan psikososial memegang peranan penting dalam kesehatan manusia. Dalam bulan puasa terjadi peningkatan komunikasi psikososial baik dengan Allah dan sesama manusia. Hubungan psikologis berupa komunikasi dengan Allah akan meningkat pesat, karena puasa adalah bulan penuh berkah. Setiap doa dan ibadah akan berpahala berlipat kali dibandingkan biasanya. Bertambahnya kualitas dan kuantitas ibadah di bulan puasa akan juga meningkatkan komunikasi sosial dengan sesama manusia baik keluarga, saudara dan tetangga akan lebih sering. Berbagai peningkatan ibadah secara langsung akan meningkatkan hubungan dengan Pencipta dan sesamanya ini akan membuat jiwa lebih aman, teduh, senang, gembira, puas serta bahagia.
20. Menurunkan adrenalin
Keadaan psikologis yang tenang, teduh dan tidak dipenuhi rasa amarah saat puasa ternyata dapat menurunkan adrenalin. Saat marah terjadi peningkatan jumlah adrenalin sebesar 20-30 kali lipat. Adrenalin akan memperkecil kontraksi otot empedu, menyempitkan pembuluh darah perifer, meluaskan pembuluh darah koroner, meningkatkan tekanan darah arterial dan menambah volume darah ke jantung dan jumlah detak jantung. Adrenalin juga menambah pembentukan kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah. Berbagai hal tersebut ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner, stroke dan lainnya.
Berbagai kajian ilmiah melalui penelitian medis telah menunjukkan bahwa ternyata puasa sebulan penuh saat bulan ramadhan bermanfaat sangat luar biasa bagi tubuh manusia. Sebaliknya banyak penelitian menunjukkan bahwa puasa berbeda dengan starvasi biasa, secara umum tidak akan mengganggu tubuh manusia. Dalam mencermati temuan ilmiah tersebut akan lebih diyakini bahwa berkah kesehatan yang dijanjikan dalam berpuasa ternyata bukan sekedar teori dan opini. Manfaat puasa bagi kesehatan sebagian telah terbukti secara ilmiah. Wajar saja, bahwa puasa adalah saat yang paling dinantikan oleh kaum muslim karena memang terbukti secara ilmiah menjanjikan berkah dan mukjizat dalam kesehatan manusia.
Sumber Berita : http://health.kompas.com/read/2012/07/25/11331762/20.Mukjizat.Puasa.terhadap.Kesehatan.Manusia

Ujian Kompetensi Guru Gagal

BANDUNG, (PRLM).- Pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru (UKG) SMP gelombang pertama pukul 7 hingga 10 pada (30/7) gagal dilaksanakan karena adanya gangguan dari server pusat. Beberapa guru di Kota Bandung mengaku kecewa walaupun ada pula yang dapat memaklumi kendala teknis ini.
Salah seorang guru peserta gelombang pertama Ati Sekaryati mengemukakan merasa kecewa dengan penundaan UKG walaupun pada akhirnya dapat memaklumi kendala teknis yang menjadi masalahnya. "Guru-guru ada yang sudah nunggu dari jam 6. Jam 7 seharusnya mulai ditunggu sampai jam 8, jam 9 juga belum bisa. Padahal sekolah juga diliburkan karena guru-gurunya ikut UKG tapi malah tidak jadi ujian dan diundur. Mungkin karena program ini baru pertama jadi ada kendalanya seperti ini. Harusnya pemerintah punya cadangan program seperti ada manualnya, untuk mengantisipasi kalau punya program tidak berjalan," katanya di SMPN 28, Jln. Selontongan Bandung, Senin (30/7).
Walau begitu Ati menyambut positif UKG untuk semakin meningkatkan kualitas guru. Dia mengaku sudah siap mengikuti UKG sekaligus merasa tertantang untuk mengetahui sejauh mana kompetensi diri dalam materi Bahasa Inggris yang diajarnya..
Menurut Kelala Pengawas UKG di SMPN 28 Bandung Asep Syahrudin, adanya gangguan dari server pusat menyebabkan para peserta tidak dapat mengakses data. "Tadi dapat informasi katanya tidak hanya di Jawa Barat gangguan terjadi tetapi juga di Jawa Tengah dan Jawa timur belum terkoneksi," katanya.
Sementara menurut Operator UKG di SMKN 4, Dadan secara koneksi tidak ada kendala tetapi sinkronisasi data dengan server pusat membuat data tidak dapat diakses. "Kalau datanya tidak kebuka dari pusat mungkin karena padat karena ini kan seluruh Indonesia," ujarnya.
Kekeceweaan juga dirasakan guru yang mengikuti UKG gelombang pertama di SMAN 3 dan SMAN 5 Bandung. Salah satu guru SMPN 10 Yadi menuturkan, sekolah sudah diliburkan karena guru yang sudah sertifikasi harus ikut UKG. "Waktunya mepet dan pelaksanaannya terkesan buru-buru, seperti dipaksakan. Meski sebetulnya program ini bagus karena guru bisa mengupdate, menambah wawasan. Istilahnya mengingatkan kembali agar kompetensinya meningkat," ujarnya.
Widya Iswara LPMP Provinsi Jawa Barat Evi Dihanti, menuturkan, kegagalan koneksi hanya terjadi di gelombang pertama. Sementara di gelombang selanjutnya tidak terjadi, dan semua proses UKG berjalan lancar. "Tapi ini bukan hanya terjadi di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur juga sama. Pada gelombang pertama tidak berhasil konek," katanya.
Evi menuturkan, sampai saat ini belum ada informasi resmi bagaimana pelaksanaan UKG bagi peserta yang terdaftar di gelombang pertama. Apakah akan diundur serta dijadwalkan kembali atau seperti apa. "Yang jelas UKG ini tidak akan merugikan guru, karena hanya sebagai pemetaan saja. Tidak ada lulus tidak lulus di sini. Ini hanya untuk pemetaan dan pengembangan profesionalisme guru secara berkelanjutan," ungkapnya. (A-157/CA-14/A-147)***
Sumber Berita : http://www.pikiran-rakyat.com/node/197784

Ribuan Orang Napak Tilas Jalan Bakti Buddha Gautama

MAGELANG- Sekitar 10 ribu umat Buddha dari seluruh Indonesia mengadakan perjalanan bakti (bhakti yatra) mulai Candi Pawon sampai Candi Mendut di Kabupaten Magelang, Sabtu sore kemarin.
Perjalanan sejauh 2 km ini merupakan puncak peringatan Hari Asadha 2556 TB. Bagi umat Buddha, Hari Asadha merupakan peristiwa bersejarah. Pasalnya, pada hari itulah untuk kali pertama Sang Buddha mengajarkan dharma kepada lima siswa pertama di Taman Rusa Ispantana, dekat Benares, India.
Perjalanan bakti atau lazim dikenal sebagai devotional walk (prosesi keagamaan) ini dimulai sekitar pukul 04.00. Sebanyak 100 bikhu dan puluhan samanera (calon biksu) lebih dulu melakukan prosesi di pelataran Candi Pawon. Mereka membacakan paritta perlindungan untuk keberkahan bagi umat Buddha.
Sekitar pukul 04.00, ribuan umat Buddha mulai berjalan beriringan untuk memulai prosesi. Setiap umat Buddha membawa bunga sedap malam dengan sikap tangan anjali. Bunga sedap malam ini merupakan lambang kesucian hati dan pikiran.
Paling depan merupakan barisan pembawa bendera merah putih dan sangha, kemudian disusul biksu dan samanera dan diikuti umat Buddha. Para anggota Majelis Theravada Indonesia ini mengusung relik, yakni kristal abu jenazah. Sampai di Candi Mendut, para biksu yang mengenakan jubah warna kuning emas membawa bunga, lilin, dan dupa diikuti samanera berjubah putih melakukan pradaksina dengan iringan parita suci.
Mereka kemudian menempatkan relik di altar dalam Candi Mendut, di bawah patung Sang Buddha raksasa. Patung Buddha ini disebut Dhyani Buddha Wairocana dengan sikap tangan bernama dharmacakramudra. Di kiri arca Sang Buddha itu terdapat patung Awalokiteswara dan kanan Wajrapani.   
Pimpinan prosesi YM Bhante Sri Pannavaro Mahatera bersama sejumlah bante kemudian membaca doa di hadapan patung Buddha tertua di Indonesia itu. Inilah prosesi puncak Puja Bakti Agung Asadha 2556 Tahun Budhis (TB).
"Asadha merupakan perayaan untuk mengenang Sang Budha. Asadha telah membuat dunia mengenal dharma. Buddha Gautama mengajarkan dharma kepada lima pertapa sehingga memeroleh pencerahan," kata Bhante Sri Pannavaro.
Perlindungan
Bhante Sri Pannavaro berharap hal ini bisa memberikan perlindungan bagi umat Buddha dan keberkahan untuk seluruh umat manusia. Diharapkan kemalangan dan marabahaya akan lenyap dan kemudian tumbuh kemakmuran untuk bangsa dan negara.
Meski ajaran Sidharta Gautama diberikan 2600 tahun lalu namun dinilai masih konstektual untuk zaman kini. Ia berharap ajaran dharma tetap menjadi sikap hidup umat Buddha untuk menghadapi arus modernisasi yang ditandai sikap manusia yang materialis.
"Arus materialis jika tidak disadari akan memengaruhi jalan hidup. Kita harus mengembangkan etika dan moral. Dharma menjadi sumber utama ajaran Buddha dan menjadi pedoman hidup kita," katanya.
Sekretaris Panitia Puja Bakti Agung Asadha 2556 TB Sukodoyo mengatakan, perayaan dihadiri umat Buddha dari berbagai daerah, di antaranya  Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan, dan Bali.
"Acara ini istimewa karena pertama kali dilaksanakan secara nasional oleh Theravada Indonesia," katanya. (H66, sgt-71)
Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/07/30/194410/Ribuan-Orang-Napak-Tilas-Jalan-Bakti-Buddha-Gautama

Jamaah Umroh Indonesia Terlantar di Jeddah

Liputan6.com, Jakarta: Kedutaan Besar Indonesia untuk Arab Saudi ataupun Konsulat Jenderal Indonesia yang ada di Jeddah diminta untuk segera membantu sekitar 200 jamaah umroh Indonesia yang terlantar.
"Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi harus secepatnya membantu jamaah tersebut. Jangan biarkan mereka terlantar karena ulah maskapai yang tak bertanggung jawab," kata anggota Komisi VIII DPR RI, Abdul Hakim di Jakarta, Minggu (29/7).
Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu juga meminta kepada pemerintah Indonesia, terutama Kementerian Perhubungan untuk menindak maskapai penerbangan Saudi Arabian Airlines yang menelantarkan ratusan jamaah umroh sejak kemarin.
"Otoritas berwenang, dalam hal ini, Kementerian Perhujungan harus memberikan peringatan, sanksi, serta tindakan tegas kepada maskapai tersebut," kata Sekretaris Fraksi PKS.
Sejak kemarin, ratusan jamaah umroh asal Indonesia terlantar di Jeddah, Arab Saudi. Penyebabnya adalah, jamaah umroh yang menggunakan maskapai Saudi Arabian Airlines dengan kode penerbangan SV 816 jurusan Jeddah-Jakarta hingga pukul 14.00 waktu setempat, belum juga membawa jamaah dari Jeddah.
"Seharusnya, sejak kemarin sudah diberangkatkan, tapi hingga saat ini, maskapai belum juga memberangkatkan kami," kata Daniel Nafis, salah seorang jamaah umroh.
Menurut Nafis, maskapai tersebut tidak memberikan alasan yang jelas soal penundaan keberangkatan tersebut. "Padahal paspor dan visa sudah ada pada mereka (maskapai). Mereka hanya bilang masih koordinasi," sebut Nafis.
Nafis menyebutkan, akibat ulah maskapai tak bertanggung jawab itu, para jamaah, terutama ibu-ibu, bapak-bapak yang sudah tua dan renta terlihat mulai letih dan tak berdaya.
"Sampai saat ini, belum ada bantuan dan advokasi dari konjen ataupun dari KBRI Indonesia," terang Nafis. (FRD)
Sumber Berita : http://id.berita.yahoo.com/jamaah-umroh-indonesia-terlantar-di-jeddah-154300934.html

Muslimat NU Desak PBB Selamatkan Muslim Rohingya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muslimat NU mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengambil langkah konkret untuk menghentikan tindak kekerasan yang dilakukan pemerintah junta militer Myanmar terhadap etnis Rohingya.
"Kami mendesak PBB dan lembaga-lembaga internasional lain segera melakukan langkah konkret dalam mencegah berlanjutnya krisis kemanusiaan di Myanmar," kata Ketua Umum Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, di Jakarta, Senin.
Organisasi perempuan itu juga mendesak pemerintah Myanmar menghentikan segala bentuk pembantaian dan kekerasan terhadap etnis Rohingnya.
"Kami juga menuntut pemerintah junta militer Myanmar untuk segera mengakui etnis Rohingnya sebagai warga negara Myanmar dan memberikan hak-hak mereka tanpa diskriminasi," kata Khofifah.
Muslimat NU berharap Pemerintah Indonesia berperan aktif dengan mengambil langkah konkret untuk membantu para korban kekerasan yang hingga saat ini masih membutuhkan pertolongan dari bangsa lain. Pemerintah Indonesia harus untuk berperan aktif dalam membantu menyelamatkan kaum minoritas Muslim Rohingnya dengan berbagai cara, diplomatik maupun nondiplomatik.
Masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim juga perlu menyuarakan solidaritas sesama Muslim untuk memberikan pertolongan kepada Muslim Rohingnya.

Sumber Berita : http://id.berita.yahoo.com/muslimat-nu-desak-pbb-selamatkan-muslim-rohingya-150546985.html

Wanita Misterius di Barisan Kontingen India

Liputan6.com, London: Siapakah wanita berkostum merah-biru pada barisan kontingen India saat pembukaan acara Olimpiade 2012 di London, Inggris. Wanita yang ternyata bukan atlet ataupun kontingen resmi dari India itu diidentifikasi sebagai mahasiswi pascasarjana dari Bangalore. Namun, bagaimana bisa kehadirannya tidak terdeteksi oleh pihak penyelenggara 
Terlihatnya sosok wanita pada barisan depan kontingen India bersama peraih medali perunggu Olimpiade Beijing 2008, Sushil Kumar, menuai kontroversi dari masyarakat. Seketika itu, kabar mengenai wanita misterius ini pun merebaknya di banyak media. Brigjen PK India Muralidharan Raja selaku kepala kontingen India tak menyangka, bagaimana bisa wanita muda yang todak berkepentingan itu bergabung dalam rombongan tim atlet.
"Dia tak memiliki kepentingan dengan kontingen India dan kami menyelesaikan masalah tersebut dengan pihak penyelenggara," kata Raja, baru-baru ini. "Kami tidak tahu siapa dia, dan mengapa dia diizinkan masuk dalam rombongan. Memalukan melihatnya bersama para atlet berbaris."
Akibat kehadiran wanita tak dikenal tersebut, kontingen India hanya disorot kamera sekitar 10 detik dan berfokus kepada wanita itu. "Kontingen India tampil dalam jangkauan tv sekitar sepuluh detik dan sisanya berfokus kepada wanita itu yang bukan atlet itu," sesal Raja.
Pascakontroversi mengenai penampilan mahasiswi itu di acara pembukaan Olimpiade, wanita yang sempat mengunggah foto-fotonya melalui situs jejaring sosial Facebook itu segera menonaktifkan akunnya. Namun. hingga kini belum ada konfirmasi mengenai tindak lanjut atas kemunculan sosok wanita misterius itu.(Zeenews/BOG)
Sumber Berita : http://id.olahraga.yahoo.com/news/wanita-misterius-di-barisan-kontingen-india-135033595--spt.html

LPJ APBD Hanya Formalitas

PEMBAHASAN Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kabupaten Tegal 2011 yang dilakukan di tingkat DPRD, dinilai hanya formalitas kegiatan rutin. Pasalnya, LPJ tersebut tidak memiliki dampak politis apapun. Karena, DPRD tidak bisa menolak atau menerima laporan tahunan tersebut.
“Karena ada aturannya jika pembahasan LPJ harus tetap dijalankan. Walaupun, secara politis tidak ada imbasnya,” kata Ketua DPRD Kabupaten Tegal, H Rojikin AH, usai rapat Badan Anggaran, kemarin.
Menurutnya, DPRD sekarang ini tidak diberikan opsi untuk menolak atau menerima LPJ tersebut. Mereka hanya diberikan kesempatan untuk membahas dan memberikan catatan. Jika ada yang tidak sesuai, maka fraksi yang akan memberikan rekomendasi untuk perbaikan di tahun anggaran berikutnya. “Kalaupun LPJ yang dibuat itu jelek, DPRD tidak bisa menolak,” tandasnya.
Sementara realisasi rekomendasi yang diberikan DPRD terhadap eksekutif terkait hasil pembahasan LPJ APBD sebelumnya, Rojikin menegaskan, sejauh ini rekomendasi untuk perbaikan kebijakan kedepan belum pernah dilaksanakan. “Yang punya dampak politis saja tidak dihiraukan, apalagi yang tidak memiliki dampak politis,” ujarnya.
Lemahnya kewenangan DPRD, lanjut dia, diperparah dengan dikeluarkannya Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam Pasal 19 di UU tersebut, penyelenggara pemerintahan daerah adalah pemerintah daerah dan DPRD.
“Ini kemunduran demokrasi, karena DPRD bukan parlemen tapi juga merupakan unsur penyelenggara pemerintahan daerah,” terangnya.
Rojikin menambahkan, saat ini DPRD telah melakukan pembahasan LPJ APBD 2011 sejak Senin (23/7) hingga Jumat (27/7). Pembahasan di tingkat Badan Anggaran itu telah melalui pembahasan di tingkat fraksi dan komisi. Badan Anggaran telah merumuskan catatan yang akan dilaporkan dalam Sidang Paripurna laporan Badan Anggaran pada Senin (30/7) hari ini.
“Kami lebih menegaskan pada penjelasan LPJ yang kurang rinci. Artinya, jika ada kenaikan dan penurunan maka harus dibarengi dengan alasan. Ini untuk koreksi kedepan,” katanya. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/LPJ-APBD-Hanya-Formalitas.html

Menilik Masjid Al Badjuri Desa Kesuben Lebaksiu

Masjid Al Badjuri di Desa Kesuben Lebaksiu, merupakan masjid tempat mendeklarasikan ormas Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Tegal. Masjid yang dibangun oleh KH Badjuri (Alm) yang merupakan santri dari KH Hasyim Asyari, sampai saat ini tetap ramai dipergunakan sebagai tempat ibadah dan pengajian. Bahkan di sekitar masjid itu juga berdiri Ponpes Al Badjuri yang kini dikelola oleh cucu pendiri NU pertama di Kabupaten Tegal tersebut. Bagimana aktifitasnya ?
LAPORAN : MOH GHONI
Dikisahkan oleh generasi yang juga keturunan KH Badjuri (Alm), usai menjadi santri pada KH Hasyim Asyari di Jombang, KH Bajuri pulang ke Desa Kesuben Lebaksiu untuk mengajarkan ilmunya. Beliau datang kembali untuk mengembangkan ilmu agama Islam di kampung halamannya. Belum lama mengajar, beliau bahkan berhasil membangun masjid dan Ponpes.
Tidak lama setelah membangun masjid dan Ponpes, diperoleh kabar jika KH Hasyim Asyari mendeklarasikan ormas Islam yang diberi nama Nahdlatul Ulama (NU). Mendengar itu, KH Badjuri mengikuti jejak gurunya dan mendeklarasikan NU di Kabupaten Tegal.
“Saat ini masjid Al Badjuri dan Ponpesnya dikelola oleh keturunan cucu KH Badjuri (Alm), yaitu putra putri KH Sanusi, yang merupakan keturunan KH Badjuri,” jelas Abdul Baar SHI, salah satu cucu KH Badjuri, kemarin.
Dikatakan Abdul Baar, Ponpes dan sejumlah lembaga pendidikan yang dikelolanya, dikenal cukup maju untuk wilayah Kecamatan Lebaksiu. Bahkan mulai dari tingkat MI/MDA sampai MTs yang dikelolanya, selalu diburu murid hingga bisa dikatakan selalu tercukupi jumlah siswa barunya dan tidak kalah dengan sekolah negeri.
Untuk masjid yang dibangun KH Badjuri, pun kini masih ramai dimanfaatkan oleh warga sebagai tempat ibadah solat dan pengajian. Bahkan di Bulan Ramadan 1433 H, gelar pengajian yang diadakan di masjid Al Badjuri tidak perah sepi. Mulai dari Kuliah Subuh, Dluha, serta sore hingga malam yang selalu dimanfaatkan untuk acara pengajian maupun tadarus Al Quran. Untuk pengisi kegiatan, selain ulama setempat juga didominasi oleh keturunan KH Badjuri yang rata-rata sudah mengenyam pendidikan di pesatren.
Keberadaan Masjid Al Badjuri seiring perkembangan, khususnya di bulan Ramadan, tidak pernah sepi dari upaya yang diridloi Allah SWT. Bahkan menurut Abdul Baar SHI, apa yang dikerjakan oleh cucu pendiri masjid itu saat ini, sebuah tindak lanjut dari apa yang diharapkan oleh pendirinya. “Kami semua keturunan KH Badjuri, terus mengemban amanat dan keinginan dari datuk kami,” ucapnya, yang juga menjabat anggota FPKB DPRD Kabupaten Tegal.
Sementara, masjid itu sejak dibangun sampai kini, sudah berulangkali mengalami renovasi dan perbaikan serta penambahan sejumlah sarana. Jika dahulu saat dibangun, kondisi masjid sebagian besar menggunakan bahan dari kayu maka saat ini kondisi masjid lebih luas dan sebagian besar sudah dibangun dari dinding tembok. Yang terpenting dari Masjid Al Badjuri adalah, terus dimanfaatkan sesuai dengan pesan dan amant pendirinya yaitu KH Badjuri (Alm).
Masjid yang menjadi lokasi awal pendeklarasian ormas NU itu, hingga kini masih berdiri megah. Diharapkan, salah satu bangunan monumental bagi kaum Nahdliyin yang merupakan kaum Islam mayoritas di Kabupaten Tegal itu, dapat terus dilestarikan keberadaannya. Sehingga, jejak sejarah NU dan perkembangannya di Kabupaten Tegal, dapat terus dinikmati para penerusnya. (*)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Menilik-Masjid-Al-Badjuri-Desa-Kesuben-Lebaksiu.html

Penuhi Stok Donor Darah Digelar

ADIWERNA - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1433 H, Bank Sinarmas KCP Adiwerna Tegal bersama Yayasan Karunia Dharma Adiwerna menggelar bakti sosial dengan kegiatan donor darah.
Kegiatan yang dipusatkan di Klenteng Ban Eng Bio Adiwerna, Sabtu (28/7) diikuti puluhan peserta baik dari masyarakat maupun dari unsur TNI, yakni dari Kodim 0712/Tegal dan Brigif IV/Dewa Ratna.
Dalam kesempatan tersebut hadir Komandan Kodim 0712/Tegal, Letkol (Inf) Jepson Marisano Simanjuntak SIP bersama istri, kehadirannya tidak sebatas memantau tetapi juga untuk mendonorkan darahnya.
Pimpinan Bank Sinarmas KCP Adiwerna Tegal, Yani Candra, yang juga penyelengara kegiatan menjelaskan, diadakanya acara donor darah ini untuk menanamkan kepedulian sosial bagi sesama Disamping itu, juga untuk mencukupi pemenuhan darah di PMI yang pada bulan Ramadan ini stoknya menipis.
"Dengan adanya aksi donor darah semacam ini mudah-mudahan dapat menambah stok darah yang ada di PMI, sehingga masyarakat yang membutuhkan darah dapat tercukupi," jelasnya.
Lebih lanjut dijelaskan, dalam kegiatan donor darah ini pihaknya menggandeng Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Tegal sebagai pelaksana teknis dan didukung Yayasan Karunia Dharma serta beberapa sponsor.
"Selain menggandeng dari PMI, kami juga disupport beberapa sponsor untuk mendukung kelancaran kegiatan donor darah tersebut. Salah satu bentuk dukungannya adalah bagi para pendonor akan mendapatkan souvenir," terangnya.
Salah satu pendonor darah dari masyarakat Adiwerna, Hans, menuturkan, dirinya telah mendonorkan darahnya yang kelima kali ini dan ingin menjadi pendonor tetap dan ingin menyumbangkan darahnya rutin setiap tiga bulan sekali. "Dengan mendonorkan darah secara rutin badan saya merasa sehat dan enteng."tuturnya.
Sementara itu, Direktur Unit Donor Darah PMI Kabupaten Tegal, dr Hj Sumaryati Bimo, mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara yang menggelar bakti sosial dengan kegiatan Donor Darah. Karena kegiatan semacam ini dapat membantu pemenuhan darah di PMI. Apalagi saat ramadha tiba, stok darah menipis.
"Kami mengajak kepada masyarakat luas untuk mendonorkan darahnya, sehingga masyarakat yang membutuhkan darah dapat tercukupi," ungkapnya.
Dia menambahkan, saat ini PMI Kabupaten Tegal sudah memiliki alat pemisah komponen darah, namanya Refrigerated Centrifuge. Sehingga bagi masyarakat yang membutuhkan komponen darah, misalnya hanya membutuhkan trombositnya saja, dapat dilayani di Unit Donor Darah PMI Kabupaten Tegal, tidak harus ke luar kota lagi seperti ke Cirebon. "PMI sudah memiliki alat pemisah komponen darah,” ujarnya.
Kegiatan bakti sosial dengan tajuk Donor Darah yang digelar selama satu hari oleh Bank Sinarmas KCP Adiwerna Tegal bersama Yayasan Karunia Dharma adiwerna, berhasil memperoleh 55 kantong darah.
Ditempat terpisah dan hari selanjutnya, Minggu (29/7) kemarin, digelar pula kegiatan donor darah yang bertempat di gereja Maria Immaculata Slawi. Pada kesempatan tersebut, berhasil diperoleh 21 kantong darah. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Penuhi-Stok-Donor-Darah-Digelar.html