Senin, 17 Desember 2012

Memperingati Hari Nusantara Pemkab Tanam Pohon

Bangsa Indonesia Merupakan Negara Kepulauan Terbesar di Dunia Dinas Kelautan Perikanan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Tegal memperingati hari Nusantara ke-13 dengan melibatkan sejumlah instansi dan masyarakat Pantura Kabupaten Tegal, Kamis (13/12) kemarin. Apa saja kegiatannya?
LAPORAN: YERI NOVEL
SUASANA pantai Munjung Agung, Kecamatan Kramat, kemarin tidak seperti biasanya. Ya, pantai yang berdekatan dengan pelabuhan perahu Cantrang Larangan itu dijadikan sebagai lokasi peringatan Hari Nusantara ke-13 yang di selenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal dalam hal ini DKKP. Kegiatan yang berlangsung khidmat itu, diawali dengan upacara yang dipimpin oleh anggota Lanal Tegal Lettu Cassito dan diikuti sedikitnya 500 orang yang berasal dari sejumlah instansi dan masyarakat. Antara lain, anggota Brigif 4 Dewa Ratna, Lanal Tegal, Airud Tegal, Koramil Kramat, Polsek Kramat, Staf DKPP, Satpol PP, Petugas Linmas Desa Munjung Agung, PPTK, Pokwasmas, Penyuluh Pertanian, masyarakat nelayan dan petani tambak, siswa SUPM, serta siswa Pramuka dari SMAN 1 Kramat. Hadir pada kesempatan itu pula, Kepala DKPP Kabupaten Tegal, Ir Suhartono MM, Muspika Kramat, dan sejumlah tamu undangan.
Dalam sambutannya, Suhartono mengungkapkan, bahwa kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan kesadaran bangsa Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Karena itu, dengan adanya kegiatan penanaman pohon pada hari ini, menurutnya sebagai wujud kebersamaan pemerintah kabupaten dengan masyarakat sekitar.  Kebersamaan seperti itu harus terus dibina dan dikembangkan, sehingga masyarakat semakin sadar akan pentingnya lingkungan hidup yang baik. Masyarakat dapat sadar dan berperan aktif dalam rehabilitasi wilayah pantai. "Saya harapkan, peringatan Hari Nusantara yang diwarnai dengan menanam pohon ini akan membangkitkan semangat swadaya masyarakat dalam gerakan penanaman satu miliar pohon," ujarnya.
Ribuan pulau yang ada di Indonesia bukan sebagai pemisah, tetapi sebagai pemersatu kedaulatan bangsa Indonesia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang wilayahnya merupakan perairan. Karena itu, Hartono berharap, masyarakat mampu mengubah cara pandang dari orientasi daratan ke orientasi lautan.  "Wahana dan sarana yang paling strategis untuk mengubah cara pandang orientasi tersebut adalah melalui pendidikan," sambungnya.
Adapun jumlah pohon yang ditanam kali ini, sebanyak 700 bibit batang pohon. Jumlah itu terdiri dari dua jenis pohon yakni pohon Ketapang sebanyak 500 batang dan pohon Cemara Laut sebanyak 200 pohon. Dalam kesempatan itu pula, Pemkab Tegal sekaligus memberikan bantuan kapal Inka Mina ukuran 30 GT pada kelompok nelayan pantura. Selain itu, juga memberikan dana bantuan PUMP kepada 73 kelompok tani dan nelayan untuk kebutuhan budidaya, pengolahan serta perikanan. (*)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Memperingati-Hari-Nusantara-Pemkab-Tanam-Pohon.html

0 komentar:

Poskan Komentar