TEMPO.CO, Jakarta - Lembaga analisa percakapan politik di media sosial, PoliticaWave, menyebut pasangan Joko Widodo - Basuki Tjahaja unggul dalam merebut perhatian netizens. Pada periode 12 Juli-12 September 2012, mereka meraih share of exposure (persentase jumlah buzz/mention kandidat di social media) sebanyak 54,9 persen.
Sedangkan pasangan Fauzi Bowo - Nachrowi Ramli hanya meraih 45,1 persen dukungan."Media sosial yang kami monitor meliputi Twitter, Facebook, Online Forum, Blog, Online News dan Youtube," ujar Pendiri PoliticaWave, Yose Rizal, Selasa, 18 September 2012.
Kemenangan ini ditentukan oleh terpolanya strategi komunikasi dunia maya yang dilakukan kubu pasangan Jokowi-Ahok. "Komunikasi mereka menyebar di antara akun jejaringnya," ujarnya.
Sementara pola komunikasi para pembincang Fauzi di dunia maya, amat terpusat. "(Akun twitter) @triomacan2000 misalnya, menjadi penghubung bagi banyak akun pendukung Fauzi," ujar Yose.
Tercatat sebanyak 562.598 unique user (jumlah akun unik yang melakukan percakapan) mendukung Jokowi - Basuki. Sementara Fauzi - Nachrowi hanya didukung 309.678 unique user. Ini menyebabkan buzz (jumlah percakapan tentang kandidat di social media) pasangan kotak-kotak itu mencapai 1.365.234 kicauan. Sementara pasangan petahana hanya mentok di angka 813.742 kicauan.
Sumber Berita : http://id.berita.yahoo.com/akun-triomacan2000-jadi-jangkar-pendukung-foke-024616117.html
0 komentar:
Posting Komentar