Jumat, 13 Mei 2011

5 Nama Calon Sekda Diusulkan

LIMA nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Tegal yang bakal menggantikan posisi Drs Sriyanto HP MM, yang telah pensiun belum lama ini, diusulkan Bupati Tegal Agus Riyanto ke Pemprov Jateng.
Kelima nama calon sekda itu, sebelumnya telah lolos seleksi administrasi di tingkat kabupaten. Selain itu, pada Senin (9/5) hingga Selasa (10/5) lalu sudah menjalani tes di Pemprov Jateng. Kini, mereka tinggal menunggu hasil tes dari Pemprov Jateng.
“Kelima nama calon sekda itu yakni Muh Nur Makmur SH MHum (Asisten II), Muji Atmanto SH MM (Kepala Inspektorat), Retno Suprobowati SH MM (Kepala BKD), Drs Abasari MHum (Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Pasar) dan Drs Haron Bagas Prakosa MHum (Kepala Bappeda),” terang Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tegal, Drs Adi Mardiatno, Kamis (12/5).
Dikatakan Adi Mardiatno, kelimanya patut diusulkan menjadi calon, setelah berhasil lolos seleksi administrasi yang dilakukan Pemkab Tegal. Pada seleksi awal calon Sekda, ada sembilan orang yang mengajukan diri menjadi calon. Namun berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 5 tahun 2005 tentang pedoman penilaian calon Sekda provinsi, kabupaten/kota serta pejabat struktural eselon di lingkungan kabupaten/kota, empat calon Sekda lainnya dinyatakan tidak memenuhi persyaratan.
Menurut dia, hanya kelima calon yang diusulkan itulah yang dianggap memenuhi persyaratan sesuai Permemdagri nomor 5 tahun 2005. “Calon sekda yang tidak lolos, kebanyakan karena tidak memenuhi syarat sekurang-kurangnya pernah menduduki dua kali jabatan struktural eselon II B yang berbeda,” katanya.
Sementara, syarat lain seorang pejabat bisa dicalonkan menjadi Sekda, diantaranya memiliki ijazah S1, berusia setinggi-tingginya satu tahun sebelum pensiun, dan semua unsur penilaian dalam Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) dalam dua tahun terakhir sekurang-kurangnya mendapatkan nilai baik. “Kelima calon yang diajukan sudah memenuhi persyaratan tersebut,” terangnya.
Menanggapi santernya isu dua calon Sekda yang diunggulkan, yakni Abasari dan Haron Bagas Prakosa, Adi Mardiatno menegaskan, semua calon memiliki peluang yang sama untuk menduduki jabatan Sekda. Penentuan jabatan Sekda, tergantung hasil penilaian tes di Pemprov Jateng.
“Yang terpenting saat ini, Kabupaten Tegal membutuhkan Sekda yang mumpuni dan kredibel. Sedang untuk kekosongan jabatan Sekda Pemkab Tegal saat ini, sementara dipegang oleh Drs Hartanto MM yang juga Asisten III Setda Pemkab Tegal,” pungkasnya.
Sumber Berita : Radar Tegal : 12 Mei 2011

0 komentar:

Posting Komentar