Jumat, 13 Mei 2011

Dua Kecamatan Rawan Lepra

HASIL pengamatan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, bahwa dua kecamatan yakni Kecamatan Adiwerna dan Dukuhturi, masuk dalam kategori daerah rawan terhadap penularan penyakit Lepra atau Kusta. Yang paling utama adalah, Desa Pagiyanten, Kecamatan Adiwerna. Demikian dihembuskan Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Totok Wijayanto, kepada sejumlah wartawan, kemarin.
Menurutnya, meski jumlah penderita lepra tidak sebanyak daerah Kabupaten Brebes, namun sedikitnya ada 150 an jiwa. Angka itu, kata dia, sudah termasuk pasien pria ataupun wanita. “Mungkin penderita lepra di Kabupaten Tegal sekitar itu. Untuk jelasnya, kami harus melihat data lagi,” ucapnya.
Dia mengaku, sejauh ini pihaknya sudah kerap melakukan antisipasi pencegahan dini baik melalui puskemas yang tersebar di tiap kecamatan, maupun melalui sosialisasi di desa-desa. Totok berharap, bila ada warga yang dicurigai menderita gejala penyakit tersebut, secepatnya melaporkan ke puskesmas setempat. Langkah itu menurutnya, guna menghindari jumlah angka penderita penyakit tersebut. “Bila ada yang terkena, kami bakal melakukan pemeriksaan yang maksimal. Karena untuk menghindari penularan terhadap warga lainnya,” sambungnya.
Sementara ini, lanjutnya, daerah yang paling rawan dan perlu pemantauan khusus adalah, dua kecamatan tersebut. Karenanya, angka peningkatan penderita dikawasan itu, semakin bertambah. “Daerah rawan utama adalah, Desa Pagiyanten,” imbuhnya.
Sumber Berita : Radar Tegal, 13 Mei 2011

0 komentar:

Posting Komentar