Minggu, 08 Mei 2011

Wartawan Harian Gelar Lomba Fotografi

DALAM rangka menyambut hari jadi Kabupaten Tegal yang ke-410. Komunitas wartawan media harian yang tergabung dalam Pewarta Foto Pantura (PFP) beserta segenap elemen masyarakat, terpanggil untuk meramaikan dan memberikan kontribusi pemikiran dalam bentuk lomba fotografi.
Menurut ketua panitia lomba, Dwi Putra GD, lomba fotografi ini mengambil tema keringat usaha yang mencakup pelaku usaha dengan jerih payahnya. Hal ini dikarenakan, pengembangan kewirausahaan pada sektor usaha kecil, makro dan menengah (UMKM) di Kabupaten Tegal merupakan salah satu penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) setempat.
“Dengan lomba ini, diharapkan peserta non pengrajin atau UMKM bisa berempati terhadap produk kerajinan. Karena rasa bangga terhadap produk sendiri, adalah elemen penting dalam wiraswasta,” katanya kepada Radar, Minggu (8/5).
Dikatakan Dwi, proses kreatif pengrajin merupakan contoh menarik kewiraswataan. Karena kebanyakan pengrajin berangkat dari geografis desa yang mempu menembus pasar dunia. Dari kesederhanaan alat produksi, mampu melahirkan desain-desain kelas tinggi.
“Bagi pengrajin, dengan adanya lomba ini dapat memberikan rasa bangga terhadap profesionalisme yang selama ini kurang dijadikan orientasi ekonomis. Juga pemanfaatan teknologi canggih yang sudah akrab dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.
Dia menjelaskan, peserta dalam lomba ini bebas, yang penting foto tersebut berada di Kabupaten Tegal. Dengan karya foto dilarang untuk diedit. Dari 20 besar yang masuk, nanti akan dipamerkan di pendopo Ki Gede Sebayu, pada acara peringatan hari jadi Kabupaten Tegal.
“Karya foto dicetak dalam ukuran 5R dengan melampirkan foto aslinya di CD atau DVD. Karya dikirimkan ke bagian humas dan protokoler Pemkab Tegal yang beralamat di Jl Dr Soetomo Slawi, dari tanggal 1 sampai 12 Mei,” jelasnya.
Mereka yang menjadi pemenang dalam lomba ini, lanjut Dwi, akan mendapatkan piala dan sertifikat serta diberikan hadiah uang tunai sebesar Rp 1 juta untuk juara pertama, juara II mendapatkan Rp 750 ribu, dan juara III akan mendapatkan uang tunai Rp 500 ribu.
Sumber Berita : Radar Tegal, 08 Mei 2011

0 komentar:

Posting Komentar