Senin, 05 November 2012

5 Miliar Anggaran Bansos Siap Dibagikan

SLAWI - Alokasi anggaran bantuan sosial (bansos) dan hibah dari APBD Kabupaten Tegal siap dibagikan ke masyarakat. Jumlah bansos yang dibagikan sebanyak Rp 5 miliar. Pendistribusian akan diperketat mengingat anggaran tersebut rawan penyelewengan.
Kabag Kesra Setda Pemkab Tegal, Drs Berlian Adji MM, kemarin mengatakan, bantuan tersebut akan segera dicairkan. Untuk itu, pihaknya meminta agar penerima bantuan lebih proaktif dan segera melengkapi persyaratan pencairan.  "Alokasi yang dianggarkan sesuai dengan pengajuan bantuan dari masyarakat. Tahun ini, anggaran bansos dan hibah dialokasikan sekitar Rp 5 miliar," terangnya.
Dirinya tak menampik, sebelumnya anggaran bansos dan hibah dalam APBD murni tahun 2012 terpaksa dipending karena munculnya aturan baru. Yakni Permendagri Nomor 32 Tahun 2011 tentang bansos dan hibah. Salah satu yang tidak sesuai dengan aturan itu, pengajuan dana bansos dan hibah dilakukan setahun sebelum dialokasikan di APBD.  "Anggaran tersebut, akan dibagikan ke 110 mushola dan masjid yang tersebar di 18 kecamatan. Setiap mushola mendapatkan bantuan Rp 3 juta dan masjid Rp 5 juta. Realisasi bantuan itu atas dasar rekomendasi dari bupati sesuai dengan proposal yang diajukan," paparnya.
Bagi masyarakat yang telah mengajukan bantuan tapi belum terealisasi di tahun ini, Berlian meminta untuk bersabar. Proposal yang masuk akan diakomodir di tahun berikutnya, namun jika proposal tersebut memenuhi persyaratan. Proposal yang masuk harus name by address dengan ditandatangani kepala desa dan camat setempat.
“Sistem pengawasan dilakukan dengan cek langsung ke lapangan. Ini dilakukan jika ada proposal yang meragukan,” katanya.
Pihaknya juga akan meminta bantuan ke kecamatan dan desa untuk melacak keberadaan mushola dan masjid yang mengajukan bantuan. Ini dilakukan agar bantuan tepat sasaran dan tidak disalahgunakan pihak-pihak tertentu.  ”Dengan banyaknya pelaku penyalahgunaan bansos dan hibah yang ditahan, mungkin akan menjadi pelajaran bagi masyarakat agar tidak bermain-main,” pungkasnya. (yer)
Sumber Berita :  http://www.radartegal.com/index.php/5-Miliar-Anggaran-Bansos-Siap-Dibagikan.html

0 komentar:

Poskan Komentar