Minggu, 18 November 2012

Belanja Pegawai Dipangkas Rp 7 M

Efesiensi Anggaran di RAPBD 2013

SLAWI - Akibat belanja pegawai membengkak, DPRD Kabupaten Tegal bakal memangkasnya di Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2013. Anggaran yang dipangkas sebesar Rp 7 miliar.
“Pemangkasan belanja pegawai sebesar 2,5 persen atau sekitar Rp 7 miliar yang teralokasikan di belanja langsung yang besarnya Rp 463 miliar,” ungkap Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PKB Kabupaten Tegal A Firdaus Assyairozi kepada wartawan, kemarin.
Pemangkasan belanja pegawai yang digunakan untuk honorarium panitia lelang dilakukan saat rapat badan anggaran bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu, disepakati adanya pengurangan belanja pegawai sebagai upaya efesiensi anggaran di RAPBD 2013. Meski demikian, pembahasan tersebut belum final. Masih ada pembahasan di tingkat komisi dan pembahasan lanjutan di badan anggaran.
"Nanti akan kami bahas lagi," ujarnya.
Dia menyebutkan, pendapatan daerah dalam RAPBD 2013 sebesar Rp 1,390 trilyun. Sedangkan belanja daerah sebesar Rp 1,410 trilyun. Belanja daerah itu terbagi menjadi belanja tidak langsung Rp 946,9 miliar, dan belanja langsung Rp 463 miliar. Dalam belanja tidak langsung alokasi belanja pegawai mencapai Rp 841,6 miliar.
”Dalam belanja langsung juga ada alokasi belanja pegawai sebesar Rp 35,5 miliar. Belanja pegawai ini yang dipangkas sebesar Rp 7 miliar,” jelasnya.
Sementara itu, kata dia, belanja barang/jasa yang masuk dalam belanja langsung sebesar Rp 245,4 miliar. Sedangkan belanja modal yang digunakan untuk infrastruktur jalan, jembatan dan pembangunan fasilitas umum lainnya hanya Rp 182 miliar. Pihaknya akan terus berupaya menggenjot alokasi belanja modal yang bersentuhan langsung dengan masyarakat umum.
“Alokasi anggaran yang bersentuhan langsung dengan masyarakat tidak hanya belanja modal, namun ada beberapa alokasi anggaran yang diperuntukan bagi masyarakat. Kami berharap dukungan masyarakat untuk memaksimalkan penyerapan anggaran itu,” pungkasnya. (yer)
Sumber Berita :  http://www.radartegal.com/index.php/Belanja-Pegawai-Dipangkas-Rp-7-M.html

0 komentar:

Poskan Komentar