Minggu, 18 November 2012

7 Cara Mengatasi Masalah Asam Lambung

Selain karena telat makan, penyakit asam lambung bisa dipicu oleh jenis makanan tertentu. Asam lambung merupakan cairan lambung yang berguna untuk mencerna makanan. Namun, tahukah Anda bahwa peningkatan asam lambung dapat memicu kanker? Ini tentu bukan penyakit ringan yang bisa Anda abaikan. Berikut adalah enam cara mengatasi masalah asam lambung, seperti dilansir Huffingtonpost.

1. Tidur menyamping

Tidur menyamping ke sisi kiri atau kanan bisa menekan rasa sakit akibat naiknya asam lambung. Sebaliknya, tidur tengkurap malah memperburuk asam lambung.

2. Makan dalam potongan kecil

Makan dalam potongan-potongan besar dapat memperparah kondisi lambung Anda. Cobalah untuk makan dalam potongan kecil untuk mengurangi nyeri karena asam lambung.

3. Mengunyah permen karet

Permen karet dapat membantu meringankan sakit maag dengan meningkatkan produksi air liur. Sifat alkali dalam air liur membantu menetralkan asam di lambung.

4. Minum herbal

Minuman herbal, seperti kunyit, dapat membantu menciptakan lapisan di sepanjang esofagus, yang pada dasarnya dapat melindungi dari kenaikan asam di lambung.

5. Mengenakan pakaian longgar

Pakaian ketat bisa menyebabkan naiknya asam di lambung. Maka, sebaiknya hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Pilih pakaian longgar yang lebih nyaman untuk dipakai.

6. Berdiri tegap

Memperbaiki postur tubuh agar tetap tegap. Kebiasaan buruk, seperti berbaring setelah makan, membuat asam lambung naik. Maka, berdirilah yang tegap untuk membantu mendorong makanan lari ke perut.

Lakukan enam hal sederhana ini ketika penyakit asam lambung Anda sedang kumat. Hindari makanan pedas atau kecut untuk mencegah naiknya asam lambung.
Sumber Berita :  http://www.merdeka.com/sehat/7-cara-mengatasi-masalah-asam-lambung.html

0 komentar:

Posting Komentar