Minggu, 18 November 2012

Hasil Seleksi PPK Diumumkan

SLAWI - Hasil seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Gubernur (Pilgub) diumumkan pada Jumat (16/11) pagi. Pengumuman anggota PPK ditempelkan di sejumlah tempat strategis, terutama di kantor kecamatan.
“Selain itu KPU juga mengumumkan hasil seleksi itu melalui website www.kpud-tegalkab.go.id,’ ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal, Drs Sukartono, kemarin.
Menurutnya, setelah pengumuman berlangsung, anggota PPK terpilih akan dilantik pada Selasa (20/11) di Gedung Korpri Slawi. Sementara jumlah pendaftar anggota tersebut, Sukartono menyebutkan, ada 292 orang. Padahal, anggota PPK yang dibutuhkan hanya 90 orang untuk 18 kecamatan.
"Antusias warga Kabupaten Tegal terhadap Pilgub Jateng ini cukup tinggi. Terbukti, jumlah pendaftar melebihi kebutuhan kami. Meski begitu, kami tetap akan selektif dalam memilih mereka," kata pria ganteng ini.
Setelah dilantik, Sukartono meminta anggota PKK segera berkoordinasi dengan pihak kecamatan masing-masing. Upaya itu dilakukan untuk pengajuan sekretaris PPK yang nantinya akan diajukan ke bupati. Pengusulan sekretaris PPK berjumlah tiga orang dan akan dipilih satu orang untuk membantu kerja PPK.
“Setelah seleksi PPK, KPU akan mengumumkan seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang diajukan oleh kepala desa (Kades) dan badan perwakilan desa (BPD),” katanya.
Dia menyebutkan, anggota PPS berjumlah tiga orang, namun kades dan BPD diminta mengajukan dua kali lipat dari kebutuhan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan anggota PPS terpilih mengundurkan diri. “Saya yakin antusias warga untuk menjadi anggota PPS cukup tinggi. Tapi, pengajuan dibatasi hanya enam orang," ujarnya.
Ditambahkannya pula, dalam dua tahun mendatang, masyarakat akan disuguhi proses demokrasi dari mulai Pilgub, Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada), Pemilihan Presiden (Pilpres), dan Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg). Pesta rakyat itu membutuhkan peran serta masyarakat untuk menyukseskan agenda tersebut. Tak hanya sebatas partisipasi dalam pemungutan suara, namun kondusifitas juga harus tetap dijaga oleh masyarakat.
“Butuh dukungan semua pihak untuk menjadikan pesta demokrasi ini bermakna,” pungkasnya. (yer) 
Sumber Berita :  http://www.radartegal.com/index.php/Hasil-Seleksi-PPK-Diumumkan.html

0 komentar:

Poskan Komentar