Senin, 12 Maret 2012

Al Marjan Bakal Pecahkan Rekor Martabak Terbesar

SLAWI - Perkumpulan Anak Lebaksiu Martabak dan Jajanan (Al Marjan) Indonesia berencana memecahkan rekor Muri dengan membuat martabak manis terbesar ukuran 2 meter. Kegiatan itu akan dilaksanakan bersamaan pemecahan rekor Muri 1000 poci (tempat penyedu teh) pada Sabtu malam (12/5), di Alun-alun Slawi.

Ketua Harian Almarjan Indonesia, H Maskun kemarin mengatakan, pemecahan rekor Muri martabak terbesar merupakan kali kedua dalam sejarah di Kabupaten Tegal. Kali pertama, rekor untuk martabak telur pada pada tanggal 5 Juli 2008 dengan ukuran ukuran†panjang 120 centimeter, lebar 80 centimeter dan tebal  9 centimeter. Martabak telur terbesar itu menghabiskan daun bawang 40 kilogram, daging 8 kilogram, bawang merah 3 kilogram serta bumbu-bumbu penambah rasa lainnya.

”Pemecahan rekor kedua untuk martabak manis dengan ukuran 2 meter. Ini dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Jadi ke-411 Kabupaten Tegal,” katanya.

Dalam pemecahan rekor itu, lanjut dia, pihaknya akan melibatkan ratusan penjual martabak dari Lebaksiu. Selain itu, beberapa perusahaan swasta sebagai penyedia bahan baku. Di antaranya, tepung terigu dari Sriboga, keju dari Procis, susu dari Carnation, dan beberapa perusahan lainnya.

”Pemkab diminta untuk membuat cetakannya. Namun, hingga kini belum ada kesepakatan,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, upaya para pedagang untuk mematenkan martabak Lebaksiu dengan memecahkan rekor Muri, membawa dampak positif bagi perkembangan martabak telur dan manis asal Lebaksiu.

Para pedagang merasakan ada kenaikan pendapatan setelah pemecahan rekor MURI itu. Pihaknya berharap dengan pemecahan rekor kedua ini juga akan membawa dampak positif.  (H64-90)
Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/12/179906/Al-Marjan-Bakal-Pecahkan-Rekor-Martabak-Terbesar

0 komentar:

Posting Komentar