Selasa, 08 Mei 2012

Beberapa Kesalahan Ketika Menggunakan Kondom

Memasang kondom bagi beberapa orang memanglah dianggap sangat mudah. Namun ternyata, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pria maupun wanita dalam memasangkan kondom. Fungsi utama dari kondom sendiri adalah mencegah kehamilan dan juga penyakit kelamin. Dan apabila kesalahan itu terjadi, makan penggunakan kondom menjadi tidak efektif. Hal ini menjadikan sejumlah peneliti di Indiana University Amerika Serikat melakukan penelitian lebih mendalam mengenai penggunaan kondom. Hasil riset tersebut menemukan sejumlah daftar kesalahan yang sering dilakukan pasangan saat menggunakan kondom. Dan berikut Beberapa Kesalahan Ketika Menggunakan Kondomseperti dilansir dari MensHealth.
1. Telat pakai kondom
Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa antara 17% hingga 51,1% pria sering telat menggunakan kondom dan baru menggunakan kondom setelah melakukan hubungan seks. Hal ini tentu akan mengurangi efektivitas fungsi kondom terutama dalam mencegah penularan penyakit seksual.
2. Melepas kondom saat masih berhubungan seks
Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa antara 13,6% hingga 44,7% dari relawan yang terlibat dalam peneltian mengaku melepas kondom sebelum selesai melakukan hubungan intim.
3. Membuka sepenuhnya gulungan kondom sebelum dipakai
Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sekitar 2,1% – 25,3% peserta penelitian yang mengaku sudah lebih dulu membuka gulungan kondom sepenuhnya sebelum melakukan hubungan seks.
4. Tidak menyisakan ruang di ujung kondom
Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sekitar 24,3% -45,7% pria lupa untuk menyisakan ruang di ujung kondom sebagai tempat untuk cairan sperma.
5. Tidak mengeluarkan udara dari dalam kondom
Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 48,1% perempuan dan 41,6% pria tidak menekan atau mengeluarkan udara yang ada di dalam ujung kondom sebelum digunakan.
6. Kondom terbalik
Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa antara 4% dan 30,4% dari peserta studi dilaporkan salah dalam mengenakan kondom, tetapi kemudian mereka membaliknya lagi dan tetap melanjutkan pemakaian kondom tersebut.
7. Gagal membuka gulungan kondom dengan sempurna
Ketika peneliti melacak lagi hubungan seks terakhir yang dilakukan peserta studi, diketahui ada sekitar 11,2 persen perempuan dan 8,8 persen pria mulai melakukan hubungan seksual sebelum gulungan kondom terpakai sempurna.
8. Terkena benda tajam
Diketahui ada sekitar 2,1 sampai 11,2 persen pria telah membuka bungkus kondom menggunakan benda tajam. Permasalahannya adalah apabila benda yang Anda gunakan cukup tajam untuk merobek bungkus kondom, maka ada kemungkinan kondom akan ikut tersobek.
9. Tidak jeli melihat kerusakan kondom
Saat membuka kondom dari kemasannya, 82,7 persen perempuan dan 74,5 persen pria melaporkan bahwa mereka gagal untuk memeriksa kerusakan kondom sebelum digunakan. Apa yang harus dilakukan? Pastikan bungkus kondom tidak dalam kondisi robek dan lihat tanggal kedaluwarsa.
10. Tak menggunakan pelumas
Antara 16 persen dan 25,8 persen orang melaporkan telah menggunakan kondom tanpa pelumas. Mengapa ini bisa menjadi masalah? Karena, jika Anda berhubungan seks untuk jangka waktu lama, kondom tersebut lebih mungkin untuk robek jika tidak memakai pelumas.
11. Komplikasi pelumas
Sekitar 3,2 persen wanita dan 4,7 persen pria dilaporkan menggunakan pelumas berbahan dasar minyak dengan kondom lateks. Pelumas dengan bahan dasar tersebut justru akan melemahkan lateks, yang dapat membuat kondom rentan terhadap kerusakan.
12. Salah menarik kondom
Hampir 31 persen pria dan 27 persen wanita melaporkan bahwa pasca melakukan hubungan seks, mereka gagal untuk menarik kondom setelah ejakulasi.
13. Menggunakan kondom secara berulang
Riset menemukan, antara 1,4 hingga 3,3 persen orang menggunakan kondom bekas pakai. Kondom yang sama digunakan setidaknya dua kali selama melakukan hubungan seksual.
14. Salah penyimpanan
Temuan menunjukkan, antara 3,3 hingga 19,1 persen peserta yang terlibat dalam studi menyimpan kondom di tempat yang tidak sesuai sebagaimana yang tertera pada kemasan. Hindari untuk menyimpan kondom di dompet dan jangan simpan di tempat yang terkena sinar matahari.
Sumber Berita : http://www.usahabisnisinternet.com/beberapa-kesalahan-ketika-menggunakan-kondom/

0 komentar:

Poskan Komentar