Sabtu, 23 Juni 2012

Tari Kuntul Tegalan Bakal Tampil

SALAH satu kesenian khas Kabupaten Tegal, Tari Kuntul Tegalan, akan ditampilkan oleh kontingen Kwarcab 11.28 Tegal dalam ajang Jambore Daerah (Jamda) XIII Jateng.
Penampilan seni Kuntul Tegalan tersebut merupakan salah satu kegiatan yang dilombakan dalam pentas seni dan budaya di bumi perkemahan Cakra Pahlawasri Desa Delingan Kabupaten Karanganyar, yang digelar mulai Kamis (21/6) sampai Selasa (26/6).
“Kontingen sudah menyiapkan tari Khas Tegal yakni Tari Kuntul Tegalan untuk diperagakan dalam arena Jamda nanti,” jelas Pimpinan Kontingen Cabang, Wahidin SPd, melalui Andalan Cabang Prodik, Tarjono, disela persiapan keberangkatan kontingen, Rabu (20/6) malam.
Menurut Tarjono, momentum lomba pentas seni budaya ini bisa menjadi sarana yang tepat untuk mengenalkan kesenian daerah khas Kabupaten Tegal kepada masyarakat Jawa Tengah. Karena yang akan mengikuti Jamda ini berasal dari semua daerah yang ada di Jateng. “Penampilan Seni Kuntulan ini sekaligus untuk mengenalkan kesenian daerah khas Tegal kepada masyarakat Jawa Tengah,” paparnya.
Persiapan ditampilkannya tari Kuntul Tegalan tersebut, kontingen telah melakukan beberapa kali latihan dan persiapan dibawah bimbingan guru seni tari yang membidangi. Dengan tidak meninggalkan persiapan yang lain sesuai dengan materi Jamda yang akan diikuti peserta.
“Persiapan sudah cukup matang, dan terakhir tari ini ini ditampilkan saat pelepasan dihadapan Wakil Bupati Tegal,” tuturnya.
Sebelumnya Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan SH MHum, saat pelepasan kontingen berharap, kontingen Kabupaten Tegal dapat tampil maksimal dan percaya diri serta mampu meraih prestasi dalam ajang Jambore Daerah XIII. Karena dengan modal itu semua, secara tidak langsung prestasi akan mengikuti.
“Saya berharap, kontingen tampil maksimal, percaya diri, dan mampu berprestasi,” harapnya. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Tari-Kuntul-Tegalan-Bakal-Tampil.html

0 komentar:

Poskan Komentar