Kamis, 24 Mei 2012

Produk Unggulan Dipamerkan

PRODUK unggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Tegal, selama empat hari dipamerkan atau dipromosikan. Hal ini dimaksudkan agar dapat dinikmati dan diketahui oleh masyarakat setempat dan daerah sekitar.
Pameran produk unggulan dibarengi dengan pasar murah dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Tegal ke 411 tersebut mengambil tema “Aku bangga memakai produk buatan tegal” tersebut dibuka Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan SH MHum, dengan ditandai pemukulan gong, Rabu (23/5) malam. Pembukaan dipusatkan di area pameran di Open Space Slawi dan dihadiri jajaran Muspida plus serta kepala SKPD se-Kabupaten Tegal dan masyarakat.
Dalam pembukaan itu, Wakil Bupati Tegal sebelum melakukan kunjungan ke semua stand yang ada, mengatakan, Kabupaten Tegal merupakan suatu daerah yang memiliki sentra-sentra usaha masyarakat sebagai basis ekonomi kerakyatan. Dari semangat berkarya dan berkreasi dari masyarakat tersebut, Pemkab berkepentingan memberikan fasilitasi dengan memberikan kemudahan usaha dan menyediakan media untuk memamerkan hasil karyanya.
“Dengan pameran tersebut, diharapkan akan mampu membawa produk lokal Kabupaten Tegal dapat lebih dikenal oleh masyarakat setempat dan bahkan bisa dikenal diluar daerah,” katanya.
Dia juga berharap, dalam penyelenggaraan pameran tersebut kepada penyelenggara dan dinas/instansi terkait dapat menjadikan momen itu sebagai ajang transaksi bisnis dan mampu mendorong peningkatan hasil produksi daerah melalui inovasi rekayasa teknologi sederhana yang ramah lingkungan. “Pameran ini menjadi gerakan untuk mencintai produk lokal dan dalam negeri,” ujarnya.
Dia menambahkan, pengembangan produk unggulan ini merupakan salah satu kekuatan ekonomi yang nyata serta mampu memberikan kontribusi besar dalam penguatan ekonomi masyarakat. Karenanya dalam pengembanganya, sangat memerlukan sebuah kegiatan promosi yang terencana dengan baik. “Kami sangat berharap dengan pameran tersebut mampu memacu perkembangan perdagangan dan industri di Kabupaten Tegal. Hendaknya dijadikan sebagai sarana penggalian dan pengembangan sumber daya daerah, terutama produk unggulan daerah seperti pertanian industri dan pariwisata yang dikenal dengan program Pertiwi,” imbuhnya.
Sementara, Ketua Seksi Pameran, Ir Toto Subandriyo dalam laporannya menjelaskan, bahwa dalam pameran tersebut memunculkan hasil produk pengusaha kecil dan menengah (UKM) dalam rangka mempromosikan dan meningkatkan pemasaran. Ada pula penampilan hasil kreasi dari seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Tegal, penyajian hasil pembangunan daerah, dan diberikan hiburan kepada masyarakat serta menyediakan barang-barang yang harganya terjangkau oleh masyarakat.
Pameran tersebut, lanjut Toto, disediakan 86 kavling stand yang ditempati peserta dari unsur dinas, instansi, Kecamatan/UPTD se-Kabupaten Tegal, IKM/UKM, BBUMN/BUMD/Perbankan, TNI/Polri, Sekolah/Akademi, PNPM/PMI/PLN. Selain itu juga ada pula pedagang kerajinan/konveksi serta diadakan hiburan untuk keluarga. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Produk-Unggulan-Dipamerkan.html

0 komentar:

Poskan Komentar