Senin, 21 Mei 2012

Slawi-jadi Juara Lomba Karnaval

SLAWI – Kecamatan Slawi yang pada kegiatan karnaval dan parade batik dalam rangka hari jadi Kabupaten Tegal, Kamis (17/5) menjadi juara I. Pengumuman lomba tersebut di sampaikan setelah sidang paripurna, Jumat (18/5). Sementara untuk juara II, di peroleh dari Kecamatan Kedungbanteng dan juara III dari kecamatan Adiwerna.
“Kami bangga ternyata Kecamatan Slawi yang menjadi pusat ibukota Kabupaten Tegal dalam karnaval tersebut telah memberikan yang terbaik dengan menjadi juara I,” kata Camat Slawi, Abusaeri, kemarin.
Sementara, ketua panitia hari jadi Kabupaten Tegal, Drs Haron Bagas Prakoso yang juga Sekda Kabupaten Tegal, mengatakan,  karnaval tersebut merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan pada hari jadi kabupaten. Dalam karnaval tersebut, panitia sengaja melombakan agar setiap SKPD maupun kecamatan, menyuguhkan penampilan-penampilan yang menjadi potensi di wilayahnya.
Ia menjelaskan, dalam karnaval tersebut ada tiga kriteria yang dinilai, yakni mulai dari potensi industri seperti keseragaman batik produk asli lokal tegal, potensi pertanian yang dilihat dari representasi gunungan yang dibawa dengan hasil bumi yang ada di setiap kecamatan, dan potensi budaya, dimana di karnaval tersebut tiap kecamatan menunjukan kesenian yang diusung. “Dari ketiga komponen tersebut mengkristal menjadi pertiwi (perindustrian, pariwisata dan pertanian),” katanya, kemarin.
Ia berharap, tahun depan lebih ditingkatkan. Mulai dari produk harus lebih bervariatif, artinya batik tegal misalnya, tidak hanya sekedar batik keseharian, tapi batik asli tegal tersebut dapat ditunjukan dengan kreatifitasnya seperti busana pesta, busana pernikahan, dan lainnya.  “Setiap tahun akan selalu dilombakan,” ujarnya.
Ia menjelaskan, di setiap hari jadi kabupaten tahun ini, di singkronkan dengan visi misi bupati terpilih periode 2009-2014, yakni  “gotong royong” dalam bentuk yang teraplikasikan. Diharapkan tahun ini muncul semangat yang memadukan antara visi misi gubernur jateng dengan daerah Kabupaten Tegal yang mengusung tema, “balik ndesa gotong royong mbangun Kabupaten Tegal”.
Harapannya, lanjut Bagas, dengan visi misi tersebut menjadi semangat yang melandasi semua komponen masyarakat dari unsur masyarakat, pelaku usaha dan pemerintah. Ketiga unsur tersebut diharapkan mampu menerjemahkan dan mengaplikasikannya diberbagai kegiatan pembangunan, baik yang bersumber dari dana pemerintah atau masyarakat. Hal tersebut dapat disatukan untuk mempunyai manfaat bagi kepentingan masyarakat luas, mulai dari sektor peranian, industry dan pariwisata. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Slawi-jadi-Juara-Lomba-Karnaval.html

0 komentar:

Poskan Komentar