Kamis, 09 Agustus 2012

Kantong Parkir Picu Kemacetan

KRAMAT - Kantong parkir di jalur Pantura Kabupaten Tegal seperti Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), disinyalir sebagai pemicu kemacetan. Pasalnya, sering kali para pemudik beristirahat di tempat-tempat tersebut. Karenanya, para pemudik rencananya akan di beri batas waktu ketika beristirahat di kantong parkir tersebut. Langkah itu, untuk menghindari penumpukan kendaraan di jalur pantura. "Berdasarkan pantauan puncak arus mudik pada tahun-tahun sebelumnya, kemacetan akibat banyaknya pemudik yang beristirahat di SPBU. Terutama di SPBU MURI Kramat yang macetnya mencapai belasan kilometer," kata Kabid Lalu lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), Dishubkominfo Pemkab Tegal, Teguh Sugiarto SH, kemarin.
 Antrean kendaraan bahkan memanjang hingga Kota Tegal dan Brebes.  Untuk itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Satlantas Polres Tegal guna mencari solusinya. "Rencananya, kami akan memberikan tenggang waktu kepada pemudik. Dan rencana itu, akan kami bahas secara terpadu dengan instansi terkait," ujarnya.
 Dia menguraikan, terkait titik-titik kawasan istirahat atau rest area jalur pantura, rencananya akan digabung dengan pos pengamanan terpadu yang melibatkan berbagai instansi seperti Polri, TNI, Dinkes, PMI, petugas Linmas, dan Satpol PP serta anak-anak pramuka. "Pos pengamanan sudah kami bagi, termasuk di jalur selatan, berada di daerah Klonengan, Kecamatan Margasari," paparnya.
Kepala Kantor Kesbangpolinmas HM Agus Sunarjo BA menyebutkan, sejumlah petugas dari 14 instansi akan dilibatkan dalam pengamanan Lebaran tahun ini. Mereka akan disiagakan di tujuh pos pengamanan bersama anggota Polres Tegal. Pos tersebut yaitu Pos Pam 1 Babadan Warureja, Pos Pam 2 Pasar Suradadi, Pos Pam 3 Kawasan Teksin Kramat, Pos Pam 4 Banjaran Permain Adiwerna, Pos Pam 5 Terminal Bus Slawi, Pos Pam 6 Prupuk Margasari, dan Pos Pam 7 di Guci Bojong. ”Selain bersiaga di Pos Pam, petugas dari Linmas desa juga akan ditempatkan di perlintasan rel kereta api tanpa palang pintu di sejumlah titik rawan kecelakaan,” jelasnya. (yer)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Kantong-Parkir-Picu-Kemacetan.html

0 komentar:

Poskan Komentar