Kamis, 09 Agustus 2012

Rakor Lintas Sektoral Jelang Operasi Ketupat Candi

JELANG digelarnya Operasi kemanusiaan Ketupat Candi 2012, Polres Tegal kembali mengundang instansi samping untuk mensinergikan langkahnya guna terciptanya jaminan keselamatan bagi para pemudik. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada Operasi Kemanusiaan Ketupat Candi tahun ini tujuh Pos PAM di titik-titik strategis akan didirikan untuk mewujudkan pelayanan prima terhadap pemudik.
Bertempat di ruang pertemuan aula SSB Mapolres setempat, Rabu (8/8) kemarin, rancangan mewujudkan pelayanan prima dan Kamtibmas yang mantap selama Lebaran pun dimatangkan.
Kapolres Tegal AKBP Nelson Pardamaean Purba SIK, mengungkapkan rakor lintas sektoral kali ini sebagai tahap ke-2 pematangan, setelah sebelumnya rakor yang sama digelar di tingkat Pemkab.
"Dalam Operasi Kemanusiaan Ketupat Candi 2012 kami akan membidik empat sasaran pokok. Sasaran tersebut mencakup lokasi tempat dimana pos PAM akan didirikan, sasaran kedua berupa orang yang menjadi target mendapatkan pengamaan, sasaran ketiga berupa barang, dan sasaran keempat berupa kegiatan baik menyangkut kegiatan negatif yang harus diberangus selama musim mudik, maupun kegiatan pengamanan lokasi sholat Ied," terangnya.
Sementara pada kesempatan yang sama, Kabag Ops, Kompol Kuntri Yudho, memaparkan rancangan tujuh pos PAM lebaran yang akan ditempatkan di Babadan Kecamatan Warurejo, Pasar Surodadi, Simpang RS Mitra Siaga Texin, Banjaran Permai, terminal bus Slawi, Prupuk, dan Guci. Dimana keberadaan masing-masing pos PAM tersebut akan diback up dengan pendirian sub pos PAM.
Sementara itu, Pemkab yang diwakili Asisten I, Hasan Munawar, dalam kesempatan ini menyatakan dukungan penuh terhadap pelaksanaan operasi kemanusiaan Ketupat Candi 2012. Dia akan segera menindaklanjuti kepada instansi terkait guna mendukung sarana dan prasarana yang dibutuhkan selama Operasi Ketupat Candi digelar.
"Disini ada Dishubkominfo yang sudah mempersiapkan pemasangan rambu penunjuk jalan, DPU Bina Marga, DPU Kabupaten Tegal terkait penerangan daerah rawan kecelakaan dan rawan kriminal bisa didiskusikan, ada Dinkes yang siap memback up keberadaan pos PAM, dan Kesbangpolinmas," tegasnya.
Disisi lain Satpol PP melalui komandannya, Zaenal Arifin SH MH, memastikan personilnya akan turut memback up keberadaan pos PAM dan titik obyek pariwisata dengan jumlah kekuatan sebanyak 24 personil. Pemkab juga akan mendorong Linmas dari unsur Kesbangpolinmas, serta keterlibatan organisasi swasta seperti PMI dan Pramuka.
Nelson secara rinci memilah tiga lintasan utama yang ada di wilayah hukumnya yakni Pantura sepanjang kurang lebih 24 km, wilayah tengah yang membentang dari Dukuhturi hingga Slawi sepanjang 20 km, dan wilayah Selatan yang membentang dari Lebaksiu hingga Margasari sejauh 27 km. Dia juga berupaya mengurai anatomoidaerah rawan laka dan rawan macet yang nantinya dijadikan wacana sekaligus mencari pemecahan bersama lintas sektoral yang ada.
Sementara itu, Kodim 0712/Tegal juga bersiap mengerahkan personil yang dibutuhkan termasuk sarana tenda pasukan untuk mendukung Operasi Kemanusiaan Ketupat Candi. (hermas purwadi) 
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Rakor-Lintas-Sektoral-Jelang-Operasi-Ketupat-Candi.html

0 komentar:

Poskan Komentar