Jumat, 24 Februari 2012

Tari Endel Sambut Off Roader

SEJUMLAH lima siswi SMAN 1 Pangkah turut memeriahkan Slawi Tegal Advanture Off Road (STAOR) 2012, yang digelar untuk memeriahkan HUT Kodam IV/Diponegoro ke-62. Keterlibatan para siswa tersebut dengan menyuguhkan tarian khas Kabupaten Tegal yaitu Tari Endel. Tarian tersebut, memang sesuai sejarahnya, adalah sebuah tarian yang ditempilkan sebagai penghormatan dan menyambut tamu.
Lima siswi SMAN 1 Pangkah itu nampak luwes membawakan Tari Endel di hadapan sejumlah tamu undangan yang hadir. Mereka diantaranya Ketua Umum IOF Pusat Jendral (Purn) Rusman Hadi, Ketua DPRD Kabupaten Tegal Rojikin AH SE, Dandim 0712/Tegal Letkol (ARH) Elman Nawendra, Ketua IOF Korwil Pekalongan Novel Fatrio, jajaran pengurus dan anggota Paguyuban Jip Bandung (PJB), serta Paguyuban Jip Tegal (PJT).
“Kami cukup terkesan dengan tarian khas Kabupaten Tegal ini. Bahkan dilihat dari gerakannya, terkesan luwes tetapi tidak lembek,” kata Slamet, seorang salah seorang undangan dalam pelepasan peserta STAOR, di Makodim 0712/Tegal, Jumat (25/2) kemarin.
Dikatakan Slamet, dirinya juga bangga dengan penampilan tarian itu. Karena, secara tidak langsung bisa memperkenalkan khasanah seni budaya daerah yang perlu dijaga kelestariannya. Disamping itu, menjadikan tarian tersebut dikenal masyarakat luas bahkan daerah lain.    
Menurut dia, secara tidak langsung Dandim 0712/Tegal, juga peduli terhadap kesenian Kabupaten Tegal dan patut diberikan apreasiasi. Untuk itu, pihaknya berharap, selaku warga Kabupaten Tegal agar tidak malu dan harus bangga terhadap apapun yang ada di daerahnya. “Sudah barang tentu, yang bersifat positif,” ujarnya.
Sementara seperti dikisahkan seorang seniman dan budayawan lokal, Bambang, menyebutkan, sesuai sejarahnya Tari Endel merupakan tari penghormatan dan penyambutan terhadap tamu. “Panitia cukup tepat menyuguhkan tarian ini Apalagi pada momentum yang cukup besar dan melibatkan daerah lain sepetti halnya STAOR 2012 ini,” pungkasnya. (gon)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Tari-Endel-Sambut-Off-Roader.html

0 komentar:

Posting Komentar