Selasa, 17 April 2012

Pegawai Diminta Selamatkan Air

PERINGATAN Hari Air sedunia dengan tema “Ketahanan Air dan Ketahanan Pangan”,  diperingati dalam bentuk upacara di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Tegal. Wakil Bupati Tegal, HM Herry Soelistiyawan SH MHum, yang bertindak selaku inspektur upacara, mengajak seluruh pegawai Pemkab Tegal agar bisa menjaga alam dan lingkungan dalam rangka menyukseskan program “Selamatkan Air”.
“Ada tiga hal paling sederhana namun berdampak besar yang dapat dilakukan mulai saat ini. Yaitu hemat air, mengurangi pencemaran air, dan mengelola air hujan,” kata Wakil Bupati dihadapan seluruh Pejabat Pemkab Tegal dan karyawan/karyawati Setda Kabupaten Tegal, serta Karyawan PDAM dan PDAB Kabupaten Tegal.
 Menurutnya, permasalahan sumber daya air tidak cukup diatasi melalui pendekatan teknis seperti pembangunan bendung atau waduk saja, melainkan juga perlu pendekatan non-teknis. Hal ini karena upaya non-teknis mempunyai andil besar dalam membentuk sikap dan perilaku masyarakat untuk lebih peduli terhadap permasalahan sumber daya air.
“Konsep penanganan air yang tepat, seharusnya sejak mulai dari hulu sampai ke hilir. Pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan tidak mungkin dilakukan sendiri oleh pemerintah, tetapi juga diperlukan peran aktif seluruh pemangku kepentingan yang dalam hal ini adalah pemerintah daerah dan masyarakat,” ungkapnya.
Upacara Hari Air sedunia itu juga digelar sekaligus dengan Hari Otonomi Daerah. Pada kesempatan itu, Herry mengajak kepada pegawai untuk mengawal otonomi daerah di Kabupaten Tegal. Yakni mengisi dengan kegiatan–kegiatan dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang berorientasi pada pelayanan masyarakat. Menurutnya, Hari Air Sedunia dan Hari Otonomi Daerah mempunyai relevansi yang sama.
Otonomi daerah pada dasarnya mempunyai dua tujuan utama yaitu tujuan demokrasi dan tujuan kesejahteraan. Untuk tujuan demokrasi memposisikan pemerintahan daerah sebagai instrumen pendidikan politik di tingkat lokal, yang secara agregat akan menyumbang terhadap pendidikan politik secara nasional untuk mempercepat terwujudnya masyarakat madani. Sedangkan tujuan kesejahteraan mengisyaratkan pemerintahan daerah untuk menyediakan pelayanan publik bagi masyarakat lokal secara efektif, efisien, dan ekonomis”
“Mari kita tingkatkan kualitas otonomi daerah untuk efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah menuju kesejahteraan masyarakat, seperti yang tertera dalam tema hari Otonomi Daerah ini,” ujarnya. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Pegawai-Diminta-Selamatkan-Air.html

0 komentar:

Posting Komentar