Minggu, 15 April 2012

Warga Terserang Gatal dan Diare

TEGAL - Banyak warga di RT 10/RW 10 Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal akhir-akhir ini yang terserang penyakit gatal-gatal dan diare. Hal itu terjadi akibat rumah maupun lingkungan sekitarnya tergenang rob.

Johari (46), warga setempat, Minggu (15/4) mengatakan, sebagian besar warga yang terserang penyakit kulit dan diare adalah anak-anak. Warga meminta Dinas Kesehatan segera memberikan bantuan obat-obatan.
”Kebanyakan warga menderita gatal-gatal di bagian kaki,” katanya.

Menurut dia, rob yang melanda wilayahnya telah berlangsung sekitar sepekan terakhir. Hal itu terjadi karena Muara Kali Anyar tersumbat, sehingga air rob menggenangi permukiman.
”Ketinggian air mencapai 30 cm, ketika hujan lebat turun. Selain menggenangi permukiman, rob juga merendam ratusan rumah warga.”

Lingkungan Kumuh

Terkait masalah tersebut, Johari mengaku telah melaporkan ke Wali Kota H Ikmal Jaya SE Ak untuk segera ada upaya penanganan. Pasalnya, apabila genangan rob terus dibiarkan menyebabkan lingkungan kumuh serta rawan menimbulkan penyakit.

”Dinas Pekerjaan Umum (DPU) harus mencarikan solusi yang tepat, sehingga rob maupun banjir yang selama ini sering terjadi bisa diatasi. Dengan demikian, warga bisa kembali hidup tenang dan nyaman,” katanya. 

Warga lain, Dewi (28) menyatakan, meski rob yang kini mulai kembali terjadi di wilayahnya masih sebatas menggenangi jalan, namun hal itu membuat cemas warga. Sebab, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya rob selain menggenangi kampus UPS, SMP 12, SMK/SMA PGRI, SD Mintaragen 9 dan 10 juga  merendam ratusan rumah warga.

”Kami takut, rob tahun ini bisa lebih besar dibandingkan tahun lalu,” katanya. 
Kepala DPU, Ir Gito Mursriyono mengatakan, pihaknya sudah mengerahkan sejumlah petugas untuk mengeruk muara Kali Anyar.

Selain itu, tahun ini akan dilakukan pembangunan jeti di muara Kali Anyar untuk mengatasi pendangkalan.
”Sebelumnya kami juga telah melakukan normalisasi Kali Anyar sepanjang 400 meter guna mengatasi genangan air,” jelasnya. (H17-48)  
Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/16/183362/Warga-Terserang-Gatal-dan-Diare-

0 komentar:

Posting Komentar