Jumat, 09 Maret 2012

Tanjakan Ciregol Ambles Truk Sarat-Muatan Terjebak Macet

BREBES, suaramerdeka.com -  Jalan Tegal-Purwokerto kembali ambles di Tanjakan Ciregol Desa Kutamendala Kecamatan Tonjong, Brebes. Akibat kejadian itu, sejumlah kendaraan utamanya truk sarat muatan terjebak macet karena kesulitan melintas. Sementara mobil pribadi dialihkan ke jalur alternatif.
Berdasarkan pantauan suaramerdeka.com, titik yang ambles merupakan lokasi lama saat Ciregol ambles, Maret 2011 silam yakni di kilometer 165.650. Pada lokasi itu, badan jalan ambles membentuk patahan miring melintang badan jalan dengan kedalaman lebih kurang 80 sentimeter.
Hamid (50) sopir truk asal Cirebon mengaku terjebak macet sejak Rabu dinihari.  “Saya masuk Ciregol sekitar pukul 02.00, kondisinya sudah macet,” kata dia yang mengaku hendak mengirim bahan bangunan ke Banyumas.
Pihaknya berharap dinas terkait dapat segera melakukan penanganan sehingga secepatnya bisa melanjutkan perjalanan. Camat Tonjong Drs Hudiyono MSi menyatakan jalan Ciregol mulai ambles sejak Selasa (6/3) pukul 22.30. Menyusul kejadian itu, pihak Satlantas dan Dishubkominfo memberlakukan sistem buka tutup.
Sementara mobil pribadi supaya tidak terjebak kemacetan di Ciregol yakni dengan melalui alternatif rute Karangsawah-Karangjongkeng-Bulaktangkil-Purwodadi-Linggapura. "Ada petugas yang mengarahkan mobil pribadi  masuk ke jalur alternatif," katanya.
Sejumlah warga masyarakat menyatakan tanda-tanda ambles sudah mulai terjadi sejak awal Februari lalu. Saat itu muncul retakan dan penurunan kondisi jalan. Kondisi tersebut langsung ditangani BPT Bina Marga Wilayah Tegal dengan pengurukan dan pengaspalan.
Kepala Dishubkominfo Sutriyono SH MH melalui Kepala Terminal Bumiayu Ari Mardiyono SIP menyatakan pihaknya telah mengeluarkan larangan bagi kendaraan berat masuk ke Ciregol. “Kebijakan ini dilakukan karena kondisi tanah yang labil. Tujuannya tentu saja untuk memperlama usia jalan Ciregol dari kerusakan,” kata dia
Sampai pukul 15.00 penanganan masih dilakukan oleh Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Wilayah Tegal.
( Teguh Inpras Tribowo / CN26 / JBSM )
Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/03/07/111709/Tanjakan-Ciregol-Ambles-Truk-Sarat-Muatan-Terjebak-Macet

0 komentar:

Posting Komentar