Kamis, 07 Juni 2012

Fasilitas BLK Jadul

SURADADI - Fasilitas berupa peralatan praktek ketrampilan siswa di Balai Latihan Kerja (BLK) Suradadi, Kabupaten Tegal, dewasa ini banyak yang sudah tua alias jadul (Jaman dulu). Dari mulai mesin bubut hingga peralatan bengkel, kondisinya sangat memprihatinkan. Bahkan, beberapa peralatan praktek sudah rusak namun masih tetap digunakan.
Kondisi demikian terkuak ketika Kepala UPTD BLK Suradadi, Supono, menuturkan hal tersebut kepada wartawan, kemarin di ruang kerjanya.
Menurut Supono, mestinya fasilitas tersebut sudah diganti. Sebab, kondisi peralatan ketrampilan banyak yang sudah tidak layak. Mesin bubut masih manual atau bukan standar nasional. Yang lebih parahnya lagi, alat krum yang digunakan untuk membersihkan logam, sama sekali tidak dimiliki. Padahal, alat tersebut sangat dibutuhkan untuk pengetahuan siswanya.
"Mesin bubut idealnya CNC. Tapi saat ini masih manual. Mesin jahit juga mestinya sudah pakai speed tinggi, tapi di BLK masih menggunakan dinamo atau dengan speed rendah," tuturnya.
Untuk melengkapi itu semua, pihaknya mengaku, membutuhkan dana sedikitnya Rp 4 miliar. Dana tersebut terbilang masih kecil dibanding dirinya pernah mengajukan ke pemerintah pusat yakni senilai Rp 10 milyar. Meski dirinya sudah berupaya maksimal, tapi sayangnya, permohonan tersebut hingga kini belum direalisasi. Padahal, pengajuan dilakukannya tidak hanya sekali.
"Mengajukan ke pusat, kami sudah tiga kali. Sedangkan ke pemerintah daerah, hampir setiap tahun. Namun sampai sekarang, pengajuan belum juga direalisasi," ujarnya.
Rencananya, apabila permohonan anggaran sampai di realisasi, selain untuk melengkapi fasilitas BLK, pihaknya juga akan membangun sebuah asrama untuk siswanya. Tujuaannya, guna mengurangi beban biaya siswa yang datang dari luar daerah. Mereka tidak perlu menyewa kamar atau ngekos selama menuntut ilmu di BLK. Mereka bisa langsung tinggal di asrama sekaligus untuk belajar.
"Kasihan yang datang dari luar kota. Mereka selama ini kost di rumah warga," tutupnya. (yer)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Fasilitas-BLK-Jadul.html

0 komentar:

Poskan Komentar