Jumat, 08 Juni 2012

4 Hal Yang Harus Dicoba Saat Melancong

Melancong ke luar negeri atau luar kota — baik lama maupun sebentar — tentu menyenangkan.

Manfaatkan waktu dengan baik, jelajahi tempat tujuan dan lakukan empat hal yang harus dicoba di saat melancong:

Kunjungi tempat khas
Pertama, cari tahu tempat, gedung atau monumen yang menjadi kebanggaan kota tujuan. Kunjungi tempat khas itu dengan sarana transportasi yang paling cepat jika memang waktu mepet. Rencanakan jadwal perjalanan sebelum berpergian.

Contoh, jika ke Paris, tempat wisata yang paling populer adalah Eiffel. Begitu tiba di Eiffel, untuk menghemat waktu, kita tidak perlu mengelilingi taman di sekitar Eiffel yang super luas itu. Atau ikut mengantre untuk naik ke bagian paling tinggi. Cukup dengan mengelilingi beranda di sekeliling monumen pun sudah cukup dan langsung mengabadikan pengalaman.

Jika tidak punya waktu panjang, hindari mengunjungi taman-taman hiburan yang biasanya butuh waktu setengah hari untuk dijelajahi.

Jajal makanan
Setelah tempat khas yang menjadi ciri khas kota, hal yang perlu dicoba tentu saja makanan khas setempat. Yang paling gampang adalah mencobakan makanan ringan seperti jajanan pasar. Selain harganya murah, bentuk dan rasa camilan biasanya unik.
Tak perlu menyisihkan uang banyak untuk mencoba keeksotisan makanan lokal seperti ini. Foto: Syanne Susita
Jika memang ada yang enak, sebaiknya langsung memesan lebih untuk dijadikan oleh-oleh. Kita bisa menghemat waktu.

Usahakan mencari tempat makan siang di rumah makan yang menyajikan makan khas setempat. Jika bergabung dalam komunitas pelancong ajaklah seorang penduduk lokal untuk makan siang bersama. Trik seperti itu menghindari kemungkinan gagal coba-coba.

Gaya hidup setempat
Setiap kali melancong, saya selalu berusaha menikmati gaya hidup setempat. Yang paling aman adalah biasanya mengunjungi taman atau lapangan terdekat. Menikmati udara segar dan duduk di taman biasanya kita akan melihat kebiasaan warga setempat menghabiskan waktu bersantainya.

Di taman Fu Xing, Shanghai, misalnya. Ketika secara tidak sengaja melewati taman tersebut, saya melihat puluhan pasangan sedang berlatih taichi. Di sisi lain, saya melihat juga banyak para orang tua menghabiskan waktunya dengan berlatih, menulis kaligrafi Tiongkok di jalan setapak. Satu pengalaman budaya yang menarik dan tidak terlupakan.

Transportasi tradisional
Jika tidak punya waktu untuk menjelajah, ada cara yang paling jitu. Yaitu, mencoba mengelilingi kota dengan transportasi tradisional daerah setempat.
Jangan lewatkan untuk mencoba Bajaj saat ke Jakarta. Foto: Syanne Susita
Jakarta, misalnya. Cobalah keliling Monas dengan menggunakan delman yang parkir di sekeliling taman atau mencoba bajaj saat mencoba mal di sekitar Blok M. Di Bangkok, ada transportasi setipe yang juga bisa ditemui di setiap sudut jalan, tuk-tuk. Atau di Manila, mencoba kendaraan umum paling “musikal” dan selalu berjalan super kencang, jipney.
Sumber Berita : http://id.berita.yahoo.com/4-hal-yang-harus-dicoba-saat-melancong.html

0 komentar:

Poskan Komentar