Selasa, 17 Juli 2012

Bulan Puasa Polisi Waspadai 31 Buron Teroris

TEMPO.CO, Jakarta - Detasemen Khusus Anti Teror 88 mengantisipasi aksi terorisme yang mungkin terjadi selama bulan puasa. Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri, Komisaris Jenderal Pratiknyo, memaparkan hingga saat ini Densus 88 masih mengejar 31 anggota jaringan teroris yang masih buron atau masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).
»Kami terus waspada dengan segala macam kegiatan yang berkaitan dengan aksi mereka selama ini,” kata dia kepada wartawan, Selasa 17 Juli 2012.
Asisten Kapolri bidang Operasi, Inspektur Jenderal Badrotin Haiti, menyatakan bulan puasa kerap dijadikan saat yang tepat untuk melakukan jihad. Aksi teror ini menjadi salah satu fokus polisi selama masa sebelum Lebaran selain tindakan kriminal lain, seperti pencurian dengan kekerasan, praktek penjualan makanan kedaluwarsa, penimbunan bahan bakar minyak, dan pembagian zakat. »Tradisi pengiriman parsel Hari Raya juga harus diwaspadai, bisa dimanfaatkan kelompok teror,” kata Pratiknyo.
Pratiknyo menyatakan pencurian dan perampokan juga akan meningkat menjelang Lebaran. Kebutuhan ekonomi dan kenaikan harga bahan kebutuhan pokok dinilai memicu tindak kejahatan. Ia mengimbau masyarakat untuk waspada saat hendak menyimpan atau mengambil uang dari bank.
Kepala Polri, Timur Pradopo, meminta agar tidak hanya soal lalu lintas yang diperhatikan polisi, tapi semua gangguan keamanan. Ia meminta semua pihak mewaspadai modus perampokan, seperti yang baru saja terjadi di Bank Rakyat Indonesia Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta. »Dia menakuti dengan bom, bisa jadi inspirasi yang lain,” kata Timur di sela-sela Rapat Koordinasi Persiapan Lebaran di Ruang Rapat Utama Markas Besar Polri tadi pagi.
Sedangkan pada masa Lebaran dan sesudahnya, polisi lebih fokus pada pelaksanaan salat Idul Fitri dan padatnya pusat rekreasi. Usai Lebaran, masalah yang lebih sering muncul adalah urbanisasi dan kepadatan penduduk. »Tahun ini akan banyak lagi yang datang. Ini masalah selain kemacetan dan kecelakaan,” kata Badrotin.
FRANSISCO ROSARIANS
Sumber Berita : http://id.berita.yahoo.com/bulan-puasa-polisi-waspadai-31-buron-teroris-070224914.html

0 komentar:

Poskan Komentar