Selasa, 17 Juli 2012

Korban Lapindo Orasi di Depan Kantor Ical

JAKARTA- Setelah berjalan kaki sekitar 827 kilometer sejak 14 Juni 2012 dari Porong, Sidoarjo ke Jakarta, Hari Suwandi akhirnya tiba di Wisma Bakrie 2, salah satu kantor milik Grup Bakrie di Jalan Rasuna Said, Kuningan, kemarin.

Bertelanjang dada dan melumuri sekujur tubuhnya dengan lumpur, Hari berdiri di depan gedung Wisma Bakrie II dengan membawa poster bertuliskan ’’Korban Lapindo Tuntut Penyelesaian Hak-Haknya, Jalan Kaki 14 Juni 2012.’’
Di depan kantor perusahaan milik Aburizal Bakrie (Ical) itu, Hari berorasi. Dia menuntut Ical yang juga ketua umum Partai Golkar menyelesaikan hak-hak warga Sidoarjo yang menjadi korban Lumpur Lapindo.

’’Kerugian warga korban lumpur Lapindo yang terkena peta area terdampak sejak 2007 itu cuma Rp 3,8 triliun. Jadi kalau mereka (Bakrie) bilang sudah mengeluarkan Rp 7 triliun, seharusnya warga sudah dibayar lunas. Nah, itu uangnya ke mana. Berarti itu bohong semua,’’ kata Hari.

Dia menilai, Ical merupakan pemilik PT Lapindo Brantas yang bertanggung jawab menanggung semua kerugian korban lumpur Lapindo. ’’Aksi ini akan saya lakukan sampai ada kejelasan atau penyelesaian total, bukan janji,’’ tambahnya.

Terus Berlanjut

Hari menegaskan, hingga kini belum semua korban memperoleh ganti rugi. ’’Dari 13 ribu berkas, perusahaan Bakrie cuma menyelesaikan sekitar 4 ribu berkas.’’
Pria 44 tahun itu juga menyatakan bahwa aksinya menuntut keadilan untuk korban Lapindo akan terus berlanjut.
Dia akan mendatangi Istana Negara untuk mengadu kepada Presiden SBY. Hari berjanji tidak akan pulang ke Porong hingga ada kejelasan. ’’Kalau sudah dapat informasi bahwa semua sudah selesai, baru saya akan pulang.’’
Dia membantah aksi jalan kakinya dari Sidoarjo ke Jakarta diwarnai manipulasi, misalnya isu yang menyatakan dirinya bukan warga Sidoarjo.

’’Ada korban lumpur Lapindo yang sudah dibeli Minarak atau Bakrie. Mereka menyatakan saya bukan warga Sidoarjo, melainkan warga Kediri,’’ ujarnya mengklarifikasi.
Ical pernah menanggapi aksi jalan kaki Porong-Jakarta itu. Dia menegaskan, tidak ada korban Lapindo di Sidoarjo. ’’Tidak ada korban Lapindo. Kan Lapindo dinyatakan tidak bersalah oleh MA (Mahkamah Agung),’’ katanya beberapa waktu lalu. (J13-25,59)
Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/07/18/193060/Korban-Lapindo-Orasi-di-Depan-Kantor-Ical-

0 komentar:

Poskan Komentar