Rabu, 18 Mei 2011

Gelaran Pentas Tari Kuntulan Kolosal

SEJUMLAH ratusan siswi sekolah dasar (SD) se-Kabupaten Tegal, Rabu (18/5) kemarin, menggelar pentas seni tari Kuntulan secara kolosal. Pentas dilakukan dalam rangka memperingati Hari Jadinya ke 410, di halaman upacara kantor sekretariat Pemkab Tegal.
Pementasan juga sekaligus untuk menyambut kedatangan kirab pusaka Kabupaten Tegal Kyai Plered, beserta iring-iringan pengawalnya. Kirab sendiri dimulai dari Rumdin Bupati dan berakhir di halaman gedung DPRD setempat.
“Gerak tari seni kuntulan yang digelar ini, merupakan perpaduan antara seni Islami dan Jawa kontemporer,” kata Hj Ngawiat SPd, salah satu guru pembimbing tari Kuntulan dari Bumijawa.
Perpaduan antara seni Islami dan Jawa itu terkesan indah, bahkan liukan siswi penari selain karena keluwesannya, juga nampak dinamisasi dengan kandungan seni Kuntulan yang juga bernuansa seni bela diri. Namun dari semua itu, pagelaran seni Kuntulan yang melibatkan ratusan siswi SD seluruh Kabupaten Tegal, merupakan sebuah prestasi yang patut dibanggakan. Apalagi semua pesertanya terdiri dari siswi SD.
Sementara, Sekretaris UPTD Dinas Dikpora Kecamatan Bumijawa, Yoso Santoso, merasa puas dengan capaian tim yang menangani pementasan dan pelatihan siswi SD di wilayah Bumijawa. Bahkan dirinya merasa lebih puas lagi dengan penampilan sekitar 50 siswi SD se-Kecamatan Bumijawa. Apalagi bisa pentas di lapangan upacara kantor Sekretariat Pemkab Tegal, dalam memperingai Hari Jadi daerahnya yang ke-410 tahun 2011.
“Kami merasa puas dan bangga atas prestasi siswa SD se-Kecamatan Bumijawa, yang bisa mengirimkan tim seni tari Kuntulannya di Hari Jadi ke-410 ini,” pungkasnya.
Sumber Berita : Radar Tegal, 18 Mei 2011

0 komentar:

Posting Komentar