Sabtu, 21 Mei 2011

Nelayan Gelar Sedekah Laut

KRAMAT - Warga nelayan kawasan Pantura tepatnya di Desa Munjung Agung Kecamatan Kramat, Jumat (20/5) siang, menggelar acara adat nenek moyang yakni melarung sesaji ke tengah laut. Dengan melarung sesaji tersebut, ribuan nelayan setempat berharap ke depan hasil tangkapannya semakin berlimpah.
Kegiatan rutin tahunan ini, biasa dikenal oleh masyarakat nelayan sekitar dengan sebutan sedekah laut. Acara yang dihadiri Muspika dan Plt Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan, Ir Suhartono MM, serta ribuan nelayan itu digelar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Larangan desa setempat.
Sesaji yang dihias di perahu kecil dengan panjang 3 meter dan lebar 1 meter itu, berisi berbagai jenis makanan. Diantaranya makanan yang berbentuk tumpeng kecil, ikan bakar, ayam bakar, buah-buahan, minuman ringan, dan satu kepala kerbau. Sebelum dilarung, lebih dulu sesaji dibacakan doa-doa oleh Ustad Muson warga setempat.
Ketua Panitia Larung Sesaji 2011, Warnadi, mengatakan, kegiatan ini dilakukan setiap setahun sekali. Anggaran yang digunakan, berasal dari iuran para nelayan setempat. Jumlah dana yang terkumpul untuk tahun ini, sekira Rp 70 juta. Jenis nelayan di TPI Larangan berdasarkan jenis kapalnya terdiri dari Gemplo, Purshesin Mini, dan Gillnet.
"Pelarungan ancak (sesaji, red) ke tengah laut, akan diiringi sedikitnya 50 perahu asal desa setempat. Jarak tempuh darat ke tengah laut, sekitar 7 kilometer," tuturnya, disela-sela kegiatan. Usai sesaji dilarung, lanjut Warnadi, akan dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit hingga larut malam. Apresiasi ini, menurutnya, guna mengucapkan rasa syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Esa. "Jumlah nelayan disini, sekitar 2.000 jiwa. Dan perahunya, ada 136," imbuhnya.
Dalam kesempatan itu pula, Camat Kramat Drs Berlian Adjie MM mengatakan, sedekah laut merupakan acara yang digelar guna perwujudan rasa syukur para nelayan dan penggalian budaya. Diharapkan, acara ini jangan hanya menjadi hiburan semata. Akan tetapi, acara ini dapat dijadikan sebagai pelestarian alam dan budaya. "Semoga dengan terlaksananya acara sedekah laut ini, akan bermanfat untuk masyarakat Pantura khususnya yang berada di Kecamatan Kramat," doanya.
Sementara, Plt Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan, Ir Suhartono MM, menambahkan, acara sedekah laut ini juga sekaligus untuk memperingati hari jadi Kabupaten Tegal ke-410. Untuk itu, dia berharap agar acara tersebut dapat terlaksana secara baik dan lancer. Juga diharapkan agar setiap nelayan selalu berdoa kepada Tuhan agar selalu dilimpahkan rizkinya melalui jalannya masing-masing.
"Acara adat ini senantiasa sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia serta keselamatan yang telah diberikan," ucapnya singkat. Seusai acara seremonial pelepasan sesaji, tampak seluruh unsur Muspika dan Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan, mengikuti prosesi larung sesaji ke tengah laut tepatnya di Karang Jeruk. Dari pantauan Radar, empat pejabat itu tampak menikmati acara tersebut. Mereka tampak akrab berbaur dengan sejumlah nelayan setempat.
Sumber Berita : Radar Tegal 20 Mei 2011

0 komentar:

Posting Komentar