Rabu, 02 November 2011

Giatkan Operasi Wana Lestari

UPAYA nyata jajaran Polres Tegal menangkal ilegal logging di wilayah hukumnya ditempuh dengan menindaklanjuti seruan Polda Jawa Tengah dengan menggelar Operasi Wana Lestari Candi 2011.
Kegiatan yang didengungkan mulai 27 Oktober hingga 15 November 2011 itu akan menindak tegas pelaku penebangan hutan secara ilegal berikut memperjual belikan hasil kekayaan hutan yang dilindungi negara. "Tim kami bentuk dengan kepala operasi saya sendiri. Dimana dalam tim terbentuk kepala satgas. Ada satgas lidik yang dipandegani kasat Intelkam, satgas sidik oleh KBO reskrim, dan satgas tindak oleh Kasat Reskrim," terangnya.
Dijelaskannya tim satgas ini bekerja secara sistematik untuk mendeteksi adanya pencurian, penadahan, dan jual beli kayu yang dilindungi negara. "Temuan kasus sempat kami temukan indikasi pengepulan kayu jati ilegal yang masuk dokumentasi Perhutani. Namun temuan itu tetap akan kita dalami. Dan temuan terbaru terkait temuan batang kayu jati di Desa Pegirikan Talang. Dan kini  proses penyidikan itu terus didalami tim satgas," ujarnya.
Dia mengungkapkan, ada 5 orang yang menjalani penyidikan intensif untuk membongkar indikasi ilegal loging yang terjadi di wilayah hukumnya.
Dia menegaskan, tak akan memberikan toleransi kepada pelaku pencurian kayu negara, yang diperjual belikan secara terselubung untuk kepentingan pribadi. "Satgas akan terus bergerak dan menampung informasi sekecil apapun dari masyarakat yang mengarah pada penjarahan, dan jual beli kayu yang dilindungi negara. Kami juga senantiasa melakukan upaya koordinasi dengan Perhutani untuk menutup ruang gerak pelaku ilegal loging," cetusnya. (her)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/

0 komentar:

Posting Komentar