Sabtu, 31 Desember 2011

Artefak Titanic Akan Dilelang

Liputan6.com, New York: Dalam rangka memperingati 100 tahun peristiwa tenggelamnya kapal Titanic, Artefak Titanic akan dilelang pada April mendatang. Seperti yang dikutip dalam laman ABC, artefak yang akan dilelang merupakan barang-barang yang tersisa setelah tenggelamnya kapal raksasa tersebut.
Associated Press menulis, ada lebih dari 5.500 barang dalam koleksi yang dimiliki Yayasan RMS Titanic. Koleksinya tersebut meliputi porselen halus seperti piring dan gelas, kapal, sekoci serta bagian dari lambung kapal yang diperkirakan seharga US$ 189 Juta.
Lelang akan diselenggarakan pada tanggal 1 April di rumah lelang Guernsey, New York City. Tetapi hasilnya baru diumumkan pada tanggal 15 April, bertepatan dengan 100 tahun tenggelamnya kapal Titanic--15 April 1912.
Lebih dari 1.500 dari 2.228 penumpang tewas ketika Titanic menabrak gunung es yang menyebabkan kapal tenggelam ke dasar laut. Setelah tahun 1985, Dr. Robert Ballard bersama tim pencari berhasil menemukan bangkai kapal yang berada di titik 400 mil dari pesisir Newfoundland, Kanada.
Kemudian pada tahun 2010 disepakati untuk membuat museum peninggalan barang-barang Titanic yang tersisa. Hal ini bertujuan untuk penelitian ilmiah dan pendidikan sejarah bagi anak-anak saat ini.
Sementara itu, Yayasan Titanic Memorial Cruises juga akan memperingati 100 tahun tenggelamnya Titanic. Yayasan tersebut akan membuat kapal Titanic yang sama dan akan melakukan pelayaran dari Southampton, Inggris, pada tanggal 10 April dan direncanakan akan sampai di New York, Amerika Serikat, pada 18 April mendatang.(ULF)
Sumber Berita: http://id.berita.yahoo.com/

0 komentar:

Posting Komentar