Selasa, 27 Desember 2011

Suradadi Butuh Program UKM

SURADADI - Warga Desa Suradadi dan Desa Purwahamba Kecamatan Suradadi, membutuhkan bantuan modal yang disalurkan melalui program Usaha Kecil Menengah (UKM). Utamanya bagi pelaku usaha yang didominasi para ibu rumah tangga. Hal ini terkuak, ketika Anggota DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi PKS, Bahrun SH, menggelar acara jaring asmara atau reses di Desa Sidaharja Kecamatan Suradadi, beberapa hari silam.
Salah seorang warga Desa Suradadi, Nurhasanah, mengungkapkan, program UKM di desanya sangat minim sekali. Kendati ada, itupun hanya program pemerintah pusat yang disalurkan melalui PNPM. Dan sejatinya, program tersebut tidak bisa merata ke semua pelaku usaha di daerahnya. Kendalanya, mungkin karena anggaran yang digunakan untuk simpan pinjam sangat sedikit. Untuk itu, pihaknya meminta supaya ada penambahan bantuan modal dari pemerintah daerah.
"Selain membutuhkan modal untuk pelaku UKM, kami juga membutuhkan pemberdayaan wanita. Misalnya, pemberian pelatihan ketrampilan, atau lainnya," katanya.
Hal serupa juga diutarakan oleh warga Desa Purwahamba, Yati. Dia menjelaskan, pemberdayaan perempuan di wilayahnya, supaya lebih ditingkatkan karena banyak wanita yang menganggur tanpa ada kegiatan. Seandainya dari pemerintah menggelontorkan anggaran khusus untuk wanita, tentunya bisa mensejahterakan kehidupan warga Pantura. Misalnya, pelatihan menjahit, membuat roti, merias pengantin, dan membuat hasil karya yang dapat dijual di pasaran.
"Program seperti itu, yang kami tunggu-tunggu. Sejauh ini, meski ada program ketrampilan, tapi hanya menampung peserta yang tidak banyak. Hanya orang-orang tertentu saja," cetusnya.
Anggota komisi II DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi PKS, Bahrun SH, mengaku bakal memperjuangkan maksimal agar aspirasi tersebut direalisasi. Minimal, ada pemberdayaan perempuan yang berkelanjutan. Sehingga, warga khususnya ibu rumah tangga, dapat mengekspresikan keahliannya. "Insya Allah, segala aspirasi dari warga, akan kami sampaikan ke meja komisi dan kami lanjutkan untuk koordinasi dengan dinas terkait," tegasnya. (yer)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/

0 komentar:

Posting Komentar