Selasa, 27 Desember 2011

Gabinprasta Usung Green Garden

LEBAKSIU - Gebrakan kembali ditunjukkan oleh Satuan Pelaksana Pendidikan di Kecamatan Lebaksiu, dalam upaya membendung tren tawuran dikalangan Pelajar. Beberapa waktu lalu, telah terbentuk Forum Komunikasi OSIS (FKO)  yaitu organisasi ditingkat pengurus OSIS dari sekolah swasta dan negeri jenjang SMA dengan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa Gabungan.
Baru-baru ini, dari tanggal 19 – 21 Desember 2012, organisasi lain yang diberi nama Gabinprasta (Gabungan Pembina Pramuka Sekolah Swasta) di Satuan Pendidikan jenjang SLTP/MTs dan SMU/MA/SMK, menyelenggarakan kegiatan Kemah Wira Bhakti di SMK Diponegoro Lebaksiu. Ajang ini diisi dengan kegiatan indoor dan out door.
Kegiatan ruang meliputi materi Reboisasi, Penanggulangan Kenakalan Remaja, Motivasi, dan Kepemimpinan, serta Pemutaran Film Edukasi tentang Bahaya Narkoba. Pada kegiatan itu, pemateri adalah para Pembina Pramuka dari sekolah terkait serta pihak dari lembaga atau dinas yang berkompeten seperti Kepolisian dan Dinas Kehutanan.
Sedang kegiatan di luar ruangan diantaranya Perkemahan, Bakti Sosial, PBB, dan Halang Rintang. Bakti Sosial diisi dengan penanaman 1000 pohon di area KPH Perhutani Balapulang.
Ketua Panitia Kemah Wira Bhakti Gabinprasta, Riadi Solikhin SPI, mengungkapkan, pihaknya berharap melalui kegiatan Kemah Wira Bhakti akan terjalin erat ikatan silaturahim, tumbuhnya persaudaraan yang kokoh dan tinggi antar Pembina dan anggota Pramuka di Gabinprasta ini. "Dengan wadah ini, kami harapkan akan meningkatkan intensitas komunikasi antar anggota. Sehingga dapat saling bertukar informasi dan saling belajar," ujarnya.
Di lain pihak Humas KPH Perhutani Balapulang, Juli Kusnadi, mengaku, pihaknya menyambut gembira adanya kegiatan Gabinprasta dengan penanaman pohon di area binaannya. Dengan begitu, para Pramuka atau pelajar menjadi tahu keadaan hutan saat ini yang rusak parah akibat penebangan liar, terutama ssekali sejak saat mulai bergulirnya reformasi.
Indonesia merupakan negara hebat dengan hutannya bersama Brasil, yang dijadikan sumber inspirasi bagi PBB yang berkehendak untuk terus menjaga kehijauannya sebagai jangkar dunia dari terkaman pemanasan global. Karenanya, kegiatan ini sangat sejalan dengan hal tersebut," ujarnya.
H Sudarno SPdI, selaku Pembina Kehormatan Gabinprasta, menyatakan, pentingnya kerjasama dan saling asuh, asah, dan asih demi kelestarian Gabinprasta sebagai Cannon Shot ke arah kebajikan tanpa batas, tentu saja dengan kegiatan-kegiatan yang bernilai ibadah. "Karenanya, saya berharap agar sekolah-sekolah lain di lingkungan Kecamatan Lebaksiu yang belum terlibat di Gabinprasta, dapat segera mulai mendekat dan berpelukan erat bersama-sama membendung tindak anarki pelajar," himbaunya.
Sementara itu Kepala Sekolah SMK Diponegoro Lebaksiu Drs Moh Fatah M MPd tidak bisa hadir karena tengah menjalani persiapan Kongres Persatuan Guru Swasta Indonesia di Jakarta. Namun demikian, melalui Pembina OSIS SMK Diponegoro Lebaksiu, Julis Nur Hussein, menyampaikan rasa terima kasih atas penyelenggaraan Kemah Wira Bhakti Gabinprasta di sekolahnya. "Kami juga memohonan maaf, jika sarana dan prasarana yang ada dirasa kurang memuaskan," ujarnya.
Kemah Wira Bhakti Gabinprasta di SMK Diponegoro Lebaksiu diikuti oleh SMK dan SMA Diponegoro Lebaksiu, SMK Nurul Ulum, SMK Al Yaman, MA/MTs Al Madinah Tegal Kubur, SMP Al Usmaniyah Yamansari, dan MTs Nurul Ulum Kesuben. Pembina Gabinprasta adalah para Kasek (Mabigus) sekolah-sekolah terkait, dan Pembina Kehormatan adalah H Sudarno SPdI, Bripka Saliyo dari Polsek Lebaksiu, dan Amin Wahyudin. (gon)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/

0 komentar:

Posting Komentar