Minggu, 25 Desember 2011

Dimanfaatkan Sejahterakan Masyarakat

BALAPULANG - Lembaga Masyarakat daerah Hutan (LMDH) Gempol Jaya Tani (GJT) Desa Cibuar, Kecamatan Balapulang, peduli dengan masyarakat lingkungan. Kondisi itu dibuktikan dengan hasil dana sharing tahun 2010 yang diterimakan 30 Nopember 2011, oleh LMDH sebesar Rp 21 juta. Dana ini digunakan untuk kepentingan membantu masyarakat. Kegiatan itu sendiri bakal diagendakan menjadi kegiatan rutin tahunan, usai LMDH itu menerima dana sharing dari Perhutani.  “Dana itu kami manfaatkan untuk menyantuni anak yatim bertepatan Muharaman, juga guru madrasah pengurus mushola masjid juga memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat miskin lingkungan Desa Cibunar,” kata Sekretaris II LMDH GJT, E Aris K, kemarin.
 Dikatakan E Aris yang didampingi Ketuanya Fatkhudin dan Bendahara Sucipto, untuk dana sharing LMDH-nya dari perhutani, nilainya fluktuatif tergantung dari hasil panen jati KPH Balapulang. Meski demikian, sebesar apapun dana sharing itu, LMDH GJT ingin agar bermanfaat bagi masyarakat lingkungan. Untuk itu pihaknya membagikan untuk santunan selain diatas juga masyarakat jompo, beasiswa siswa SD berprestasi dan sejumlah masyarakat lain yang membutuhkan.
 Menurut dia, untuk pengobatan gratis sendiri, pihaknya bekerjasama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kabupaten Tegal, yang memang bergerak di bidang sosial khususnya pengobatan gratis bagi masyarakat miskin. Dimasa mendatang, dana sharing LMDH GJT, juga sudah dipersiapkan untuk agenda kegiatan yang cukup menarik dan membantu masyarakat. Selain santunan yang menjadi agenda rutin dan pengobatan gratis juga berencana mengadakan sunatan masal. “Kami sudah berkoordinasi dan membahas dengan semua kepengurusan secara kebersamaan,” ujarnya.
 Sementara, koordinator BSMI Kabupaten Tegal, Zamroni menegaskan, pihaknya sangat senang diajak bekerjasama dengan lembaga manapun, selama pengobatan untuk kepentingan masyarakat miskin. Saat bekerjasama dengan LMDH GJT Cibunar, dokter kami tidak menemukan penyakit spesifik dari hasil pengobatan gratis terhadap 150 warga miskin. Kebanyakan dari yang berobat, sakit musiman dan kondisi pasien yang usia lanjut.  “Selain pengobatan, kami juga memberikan bantuan obat dan siap merujuk ke Rumah Sakit jika memang pasien memerlukan. Pada dasarnya kami siap menyambut baik kegiatan seperti ini dengan lembaga manapun demi kesejahteraan umat,” pungkas Zamroni. (gon) 
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/

0 komentar:

Posting Komentar