Rabu, 15 Februari 2012

Menilik Persiapan Popda dan Pekan Seni Pelajar

Dalam rangka persiapan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) dan Pekan Seni Pelajar Kabupaten TegAl 2012, Dikpora melalui Bidang Pemuda dan Olahraga (POR) melakukan pemerikasaan keabsahan administrasi dan kesehatan para atlet yang akan mengikuti Popda tersebut. Lalu ?

LAPORAN : FAKHUROHMAN
ATLET dari berbagai cabang yang akan dilombakan hadir, dengan didampingi oleh penDamping dari berbagai sekolah. Mereka membawa persyaratan sesuai dengan ketentuan yang diatur. Selain itu mereka juga diperiksa kesehatannya, Rabu (15/4) kemarin.
Menurut Kabid POR Dikpora Kabupaten Tegal, Teguh Herdi S SPd MM, didampingi Kasi Sarpras POR, Subeno SIP, pemeriksaan ini dilakukan karena semua peserta atau atlet yang akan mengikuti Popda harus memenuhi persyaratan yang ditentukan. Salah satunya, adalah batas usia maksimal.
“Walaupun semuanya adalah pelajar, namun peserta dibatasi oleh usia. Karenanya harus ada pemeriksaan,” katanya.
Dijelaskan, Popda nanti akan diadakan pada tanggal 21-23 Februari yang akan diikuti dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang jumlahnya mencapai ribuan. Popda tersebut mengusung tema ‘Diharapkan dengan Popda dan Pekan Seni Pelajar lebih memperat rasa persatuan dan kesatuan bangsa dan meningkatkan rasa cinta tanah air dikalangan pelajar’.
“Kami berharap peserta semua sehat. Dan melalui Popda ini juga tercipta jiwa patriotisme dikalangan pelajar,” tandasnya.
Teguh berharap, dalam Popda nanti semua dapat berjalan dan mengaca pada hasil teknical meeting dengan mengedepankan sportivitas dan obyektivitas. Selain itu tahun ini diharapkankualitas yang dimilki pr aatlit lebih baik. Hal ini untuk persiapan seleksi di tingkat eks Karesidenan dan Propinsi. Setidaknya tahun ini ditingkat eks Karsidenan maupun Propinsi ada peningkatan mendali atau paling tidak bisa mempertahankan medali yang sudah pernah didapatkan oleh atlet dari Kabupaten Tegal.
"Semoga ditingkat selanjutnya nanti, tidak hanya partisipasi saja, tetapi lebih pada prestasi demi membawa nama baik Kabupaten Tegal,” ujarnya.
Ditambahkan, kegiatan Popda ini dilakukan setiap tahun. Karenanya setiap kecamatan diminta untuk lebih dini dalam mempersiapkan atletnya. Apalagi di setiap kecamatan sudah ada Badan Pembina Olahraga pelajar seluruh Indonesia (Bapopsi).
“Kami minta Bapopsi untuk berperan aktif membina dan mencari bibit-bibit olahragawan di kalangan pelajar," tambahnya.
Sementara Subeno mengatakan, dalam Popda ini ada peningkatan dalam cabang lomba yakni cabang karate, Basket, dan Pencak Silat. Untuk tingkat SD ada 13 cabang lomba, tingkat SMP 11 cabang lomba, dan tingkat SMA ada 10 cabang lomba. Sementara untuk pekan seni pelajarnya ada 5 cabang seni yakni karawitan, nyanyi tunggal, seni tari, mocopat, dan seni Lukis.
"Sudah dua tahun ini pekan seni pelajar dipegang oleh Dikpora, yang sebelumnya dipegang oleh Disparbud. Untuk cabang lomba olahraga, sekarang ada peningakatan mata lomba baik untuk SD, SMP, maupun SMA,” ungkapnya.
itambahkan, dalam pembukaan nanti, akan dilakukan di GOR Tri sanja yang buka oleh Wakil Bupati Tegal, HM Herry Soelistiyawan SH MHum, yang akan diikuti oleh semua atlet dengan membawa grup defile masing-masing. Dimana dalam defile tersebut nanti akan dilakukan penilaian. (*)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Menilik-Persiapan-Popda-dan-Pekan-Seni-Pelajar.html

0 komentar:

Posting Komentar