Selasa, 10 April 2012

Rosa Penghuni Pertama Rumah Tahanan KPK

JAKARTA-Setelah melakukan berbagai perbaikan, Rumah Tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya berpenghuni.

Terpidana kasus suap Wisma Atlet Mindo Rosalina Manulang menjadi ‘’penghuni’’ pertama rutan yang berada di lantai dasar Gedung KPK tersebut. “Sudah siap dihuni dan sudah ada penghuninya. Tetapi, saya ingin memastikan kembali apakah benar sudah ada penghuninya,” kata Kepala Biro Humas KPK Johan Budi di kantor KPK, Jakarta, Selasa (10/4). Johan mengatakan, Rutan KPK telah mengalami perbaikan, menyusul kunjungan pihak Kemenkumham dua pekan lalu. Rumah Tahanan (Rutan) Salemba Cabang KPK tersebut dijaga oleh petugas KPK dibantu Brimob dan Pamdal. Kedepan berada di bawah tanggung jawab Deputi Penindakan.

Johan mengaku belum dapat memastikan siapa yang sudah menempati rutan yang terdiri dari tiga ruang penahanan itu. Namun menurut Komisioner Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Lili Pintauli Siregar, Rosa telah dipindahkan ke Rutan KPK. ‘’Iya (Rosa) di Rutan KPK, cuma tempatnya di sebelah mana, saya tidak tahu,’’ kata Lili.

Dia mengatakan, pihaknya tidak mempermasalahkan di mana tempat penahanan ibu dua anak itu. Sebab, Rutan yang dimiliki KPK itu berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM. ‘’Semestinya, dia (Rosa) memang harus berada di Rutan,’’ ujarnya.

Cabang Salemba

Untuk diketahui, Rutan KPK menempati area seluas 80 meter persegi tersebut merupakan Rutan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Cabang Rutan Salemba.  Biaya pembangunan Rutan hanya sebesar Rp 20 juta. Kedepan akan dibangun menjadi lima sel. Saat ini baru tersedia tiga sel tahanan.

Untuk peraturan yang berlaku di sana sama dengan peraturan Rutan pada umumnya, seperti dilarang membawa fasilitas dari luar, melapor jika ingin menjenguk tahanan dan membesuk di ruangan khusus serta dilarang merokok.
Penjagaan dilakukan selama 24 jam oleh dua orang petugas dengan tiga shift. Selain itu, dilengkapi dengan closed cirkuit television (cctv).(J13-71)
Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/11/182944/Rosa-Penghuni-Pertama-Rumah-Tahanan-KPK

0 komentar:

Posting Komentar