Kamis, 13 September 2012

Gelar Pelatihan KB Bagi Bidan

SLAWI - Sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dalam Dipa BKKBN Provinsi Jawa Tengah, di tahun 2012 ini Kabupaten Tegal mendapat alokasi kegiatan IUD  dan Implant bagi bidan sebanyak satu angkatan untuk 20 peserta bidan.
Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana ( BPPKB), Dra Indah Winarni MPd menyatakan latar belakang adanya pelatihan kali ini diantaranya proporsi peserta KB yang kurang dari 10 persen.  "Proporsi bidan dan dokter yang berkompeten atau pernah mendapat pelatihan teknis IUD dan Implant juga masih kurang dari 50 persen," terangnya disela-sela giat praktek bidan yang dipusatkan di PKBI , Kamis (13/9) kemarin.
Dia juga mengakui saat ini program KB merupakan salah satu kunci Making Pregnancy Safer (MPS) tiap wanita usia subur yang harus mendapat akses terhadap pelayanan kehamilan yang diinginkan.  "Pelayanan KB yang berkualitas menjadi hal yang mutlak senantiasa tersedia," tuturnya.
Dia juga menyatakan latar belakang kegiatan ini juga karena adanya Program Jaminan Persalinan yang didalamnya ada pelayanan nifas termasuk KB pasca persalinan. Menurutnya, pelayanan KB pada masa nifas perlu mendapat perhatian dan pelayanan KB yang diharapkan perserta Jaminan Persalinan diarahkan untuk bisa menggunakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yaitu IUD dan implant.
Terpisah Kasubid Penjamimn Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi, Rita Prasetyowati menyatakan giat pelatihan klinik bagi bidan bersama SKPD dan Pusat Pelatihan Klinik Sekunder (P2KS) dan Primer ( P2KP) tersebut sebelumnya didahului dengan pemberian teori selama 3 hari digedung IBI.  "Untuk 1 hari terakhir semua bidan dilibatkan dalam giat praktek melayani aseptor sebanyak 5 untuk IUD dan 5 untuk Implant. Dan usai pelatihan ini selama 2 bulan kedepan semua bidan sudah diharuskan bisa melayani pemasangan IUD dan Implant masing-masing 10 aseptor untuk bisa mendapatkan sertifikasi kopetensi yang dikeluarkan langsung oleh P2KS Provinsi Jawa Tengah," tegasnya. (her)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Gelar-Pelatihan-KB-Bagi-Bidan.html

0 komentar:

Poskan Komentar