Minggu, 18 Desember 2011

19 Ponpes Ikuti Kemah Pramuka Santri

Tarub – Sebanyak 19 Pondok Pesantren (Ponpes) se-Kabupaten Tegal turut ambil bagian dalam gelaran kemah Pramuka santri mufakat dan pekan porseni daerah (Pospeda). Kegiatan yang digelar atas kerjasama Kementerian Agama Kabupaten Tegal, Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP), dan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 11.28 Tegal itu, berlangsung selama dua hari sejak Sabtu (17/12) dan berakhir Minggu (18/12) di Ponpes Hasyim Asyari Kecamatan Tarub.
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tegal selaku Ketua Harian Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) 11.28 Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan SH MHum, Sabtu (17/12) kemarin. Hadir dalam kesempatan tersebut sejumlah Pengurus Kwarcab Pramuka Kabupaten Tegal, Pengurus Forum Komunikasi Ponpes (FKPP), dan segenap pengasuh Pondok pesantren se-Kabupaten Tegal.
Wakil Bupati dalam sambutannya berpesan agar dalam kegiatan kemah Pramuka santri hendaknya dapat diupayakan kegiatan yang bersifat operasional dan teknik kepramukaan (Tekpram). Hal tersebut karena nuasa kegiatannya adalah Pramuka. “Karena nuansa kegiatannya Pramuka, saya pesan agar ada kegiatan operasional dan teknik kepramukaan yang dilaksanakan,” pintanya.
Hal ini penting, lanjut Wabup, agar ilmu Pramuka di Ponpes dapat diikuti dengan baik. Selain itu juga dalam rangka dalam pembinaan kepramukaan, Ponpes dapat berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan Kwartir Ranting (Kwarran) setempat. “Ponpes yang jumlahnya banyak, bisa kerjasama dengan Kwarran dalam pembinaan Pramuka,” katanya.
Kepala Kemenag Kabupaten Tegal, Drs H Ahmad Ubaidi MSi, dalam laporannya mengatakan bahwa kemah Pramuka santri mufakat dan Pospeda merupakan program kerja Kemenag Kabupaten Tegal yang bertujuan untuk mengarahkan visi pondok pesantren sebagai wahana kompetitif Ponpes, serta bermanfaat sebagai sarana taaruf dan silaturahim antara sesama pondok pesantren. “Selain itu juga sebagai wujud wacana dinamis dan tolak ukur bagi pembinaan Ponpes,” jelasnya.
Kemah Pramuka santri dan Pospeda, kata Ubaidi, akan diisi berbagai kegiatan antara lain kegiatan olahraga atletik, non atletik, kegiatan kebersihan, Tekpram, ceramah UU Pramuka, pendidikan karakter dan kepemimpinan, serta pentas seni. “Kegiatan diikuti oleh 19 Ponpes dan ratusan atlet Pospeda,” urainya.
Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan operasional pondok pesantren (BOP) dari Pemkab Tegal secara simbolis oleh Wakil Bupati Tegal kepada perwakilan Forum Komunikasi Ponpes (FKPP), disaksikan Kabag Kesra Pemkab Tegal Dra Hj Suspriyanti MM, dan Kepala Kemenag Kabupaten Tegal Drs H Ahmad Ubaidi MSi.
“Pemberian BOP ini merupakan program tahunan Pemkab Tegal melalui Bagian Kesra. Masing–masing Ponpes mendapat bantuan sebesar Rp 2 juta,” terang Kepala Seksi Pekapontren, Drs H Banu Hamdan MPd, usai upacara pembukaan.
Usai pembukaan, perkemahan diisi dengan demonstrasi marching band ‘Gema Qothrun Nada’ dari Ponpes Modern Daaru Ulil Albaab Kecamatan Warureja dan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi perkemahan oleh Wakil Bupati Tegal beserta undangan. (yer)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/

0 komentar:

Posting Komentar