Kamis, 22 Desember 2011

Pengurus dan Anggota Baru Teater Byar Dilantik

TALANG - Pengurus Teater Byar periode 2011-2012 dan anggota baru Teater Byar SMA-SMK Wahid Hasyim Talang, belum lama ini dilantik. Pelantikan tersebut dilakukan di bumi perkemahan Kota Tegal, selama dua hari diikuti sekitar 70 siswa sisiwi SMA-SMK NU 01 Wahid Hasyim Talang.
Dalam pelantikan tersebut, hadir Ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (LESBUMI) PC NU Kabupaten Tegal Moh Mi’roj Adhika, Yasykur Parondhina selaku Ketua dan Komite Sastra dan Teater Kabupaten Tegal dan para alumni dan seniman muda Kabupaten Tegal.
Menurut Moh Mi’roj Adhika AS selaku Pembina Teater Byar, dalam pelantikan pengurus maupun anggota baru Teater Byar ini diisi dengan workshop teater sebagai bekal pengurus dalam menjalankan tugasnya mengatur sebuah organisasi teater. Hal ini dimaksudkan agar mereka tahu, bagaimana mengelola kegiatan teater.
“Materi yang disuguhkan dalam acara workshop ini antara lain olah dasar teater meliputi olah vokal, olah tubuh, olah sukma, termasuk tata teknik pentas panggung,” katanya, kemarin.
Untuk melatih mental mereka, lanjut Gus Mi, panggilan akrab Mi’roj Adhika, mereka diperintahkan berekspresi dan mengamen di jalan dengan cara pentas teater, monolog, maupun membaca puisi ditengah hiruk pikuknya jalan raya di kawasan Jembatan Merah (Brug Abang) Talang. “Mereka berjalan dari lokasi sekolah sampai di kawasan Brug Anang, lalu diteruskan ke jalan Pesayangan sampai ke lokasi bumi perkemahan kota tegal di jalan Halmahera. Peserta berjalan kaki sambil berekspresi di sepanjang perjalanan,” tandasnya.
Sementara, Ketua Suku terpilih, Kharusani, mengatakan, walupun berat tapi dirinya siap memajukan teater Byar agar seperti ketua suku periode sebelumnya yang mampu menjuarai dalam Festifal Teater Pelajar tingkat Jawa Tengah.
 “Kami siap berlatih agar teater Byar dalam periode kami tetap eksis. Semoga bisa seperti kakak-kakak pengurus teater Byar sebelumnya yang bisa menjuarai dalam berbagai even lomba baik puisi, monolog, maupun teater,” ungkapnya.
Dia menambahkan, latihan rutin yang dilakukan setiap hari Rabu dalam ekstra kulikuler teater itu, tetap akan dipertahankan. Pihaknya akan selalu menjaga agar teater Byar bisa lebih eksis. Dan yang lebih penting lagi, mendapat dukungan dari sekolah.
“Warga baru yang berjumlah sekitar 60 siswa-siswi ini, banyak yang punya potensi,” pungkasnya. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/

0 komentar:

Posting Komentar