Kamis, 28 Juni 2012

Jembatan Gung Tuwel Direlokasi

BOJONG - Untuk menciptakan keamanan dan kelancaraan arus kendaraan yang melintas di atasnya, jembatan Gung Tuwel direlokasi. Hal itu karena jembatan lama yang menggunakan deplang, sudah rapuh dan bakal diganti dengan jembatan baru yang lebih kuat dan jauh lebih baik. Saat ini tengah dilaksanakan kegiatan pengecoran kepala jembatan dan pemadatan jalan pendekat (oprit).
Anggaran yang digunakan didapat dari Biamarga Provinsi, dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,18 miliar lebih. Pelaksanaan diperkirakan selesai selama 210 hari terhitung sejak 23 Februari sampai 23 September 2012. Sedang ditahun 2013, pengerjaan bakal dipusatkanpada  lantai jembatan yang rencananya menggunakan kerangka baja.
“Jika dulu lebar jembatan 4,5 meter, nantinya jembatan menjadi 7,1 meter,” jelas Kasi Jembatan BPT Binamarga Provinsi Jateng di Slawi, Untung Guntoro ST MM, kemarin.
Dikatakan Untung Guntoro, nantinya setelah relokasi jembatan Gung Tuwel selesai, diharapkan arus lalu lintas yang melintas di atas jembatan tersebut menjadi lancar. Disamping itu, relokasi dimaksudkan guna meningkatnya perekonomian daerah terisolir di wilayah tersebut. Dengan lancarnya angkutan kendaraan yang membawa produk hasil bumi dan sayuran, sudah barang tentu diharapkan bisa meningkatkan perekonomian mereka.
Menurut dia, sesuai perhitungan pelaksanaan kegiatan relokasi diperkirakan bisa tepat waktu. Apalagi saat ini tengah melaksanakan pemadatan jalan pendekat dan pengecoran kepala jembatan. “Yang pasti, kendaraan yang melintas diatasnya lebih nyaman. Apalagi, jembatan itu sering dimanfaatkan sebagai jalur alternatif, sehingga sangat tepat direlokasi,” terangnya.
Sementara, terkait kekuatan jembatan baru nantinya, sesuai perhitungan teknis bisa bertahan hingga 15 tahun kedepan. Untuk itu, pihak BPT Binamarga Provinsi Jateng di Slawi selaku pihak pengawas, berharap agar rekanan penggarap bisa bekerja sesuai aturan. Sehingga kualitas pekerjaan bisa dipertanggungjawabkan. (gon)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Jembatan-Gung-Tuwel-Direlokasi.html

0 komentar:

Poskan Komentar