Selasa, 26 Juni 2012

Talud Jembatan Cacaban Ambrol

PANGKAH – Talud Jembatan Cacaban yang terletak di Desa Dukuhjati Kidul, Kecamatan Pangkah ambrol. Karenanya, talud yang panjangnya kurang lebih 50 meter tersebut membahayakan pengendara, karena yang belum ambrol sudah terlihat miring.
Salah satu pengendara angkutan, Andi menuturkan, ambrolnya talud jembatan cacaban itu terjadi pada, Minggu (24/6) sore. Pada saat itu ada salah satu kendaraan angkutan tanah yang berhenti di sebelah selatan jembatan dan berhenti di sebalah barat jalan. Akibatnya banyak kendaraan pengangkut tanah melewati jalan di sebelah timurnya. Karena angkutan tanah muatannya sangat berat, talud di sebelah timur menjadi ambrol.  “Talud itu menjadi ambrol dan membahayakan pengendara yang lain. Kami minta itu segera diperbaiki, karena jika lama-lama dibiarkan talud yang belum ambrol akan mengikutinya karena miring dan sudah retak,” katanya.
Kalau talud tidak segera diperbaiki, lanjutnya, besar kemungkinan jalan juga akan cepat tergerus karena longsoran tanah disebelah timur jalan tersebut. “Bayangkan jika jalan itu longsor, dan jalan tidak bisa di lewati pasti harus memutar ke timur yang panjangnya tiga kali lipat dari jalan utama ini,” ungkapnya.
Selain itu, lanjutnya, karena talud itu adalah talud jembatan, jika dibiarkan jembatan itu juga akan terkena dampaknya. Karena sungai tersebut jika musim hujan juga sering banjir. “Kalau sungai cacaban banjir pasti sampai keatas. Nah, jika talud itu dibiarkan, lama kelamaan jembatan juga akan terkena dampaknya jika tidak segera diperbaiki,” ungkapnya.
Sementara, Kasi Jalan Balai Pelaksana Teknis Bina Marga Provinsi Wilayah Tegal, Ir Fatoni Azis, menuturkan, talud jembatan cacaban yang dibangun pada tahun 2009 dengan panjang kurang lebih 50 meter tersebut sudah lama dilihatnya. Menurutnya, keretakanya tersebut akibat seringnya truk pengangkut tanah hasil penambangan yang sering parkir di jalan tersebut.
“Pada saat kami melakukan pemantauan dua pekan yang lalu, talud itu sudah terlihat retak. Dan kami melihat sendiri banyak truk yang muatannya berat banyak yang parkir di jalan itu. Jadi wajar jika kemudian taud tersebut akhirnya ambrol,” ungkapnya.
Namun demikian, pihaknya tetap akan melakukan perbaikan dengan melibatkan para pengusaha penambangan yang ada.  “Kami akan segera rapatkan dengan para pengusaha penambangan, terkait dengan longsornya talud ini,” tambahnya. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Talud-Jembatan-Cacaban-Ambrol.html

0 komentar:

Poskan Komentar