Jumat, 29 Juli 2011

Puluhan Petugas Gabungan Siap Amankan Padusan

Bantul, CyberNews. Puluhan petugas gabungan keamanan Minggu (31/7) besuk siap amankan tradisi 'Padusan' di Pantai Selatan, Kabupaten Bantul. Petugas gabungan ini, terdiri dari aparat kepolisian, Angkatan Laut, Polairud Polda DIY dan SAR Kabupaten Bantul.  
''Ratusan aparat keamanan siap amankan acara Padusan,'' kata Taufik M Faqi, Sekretaris Tim SAR Pantai Parangtritis, siang tadi (30/7). ''Kami sendiri akan menurunkan 50 personil, belum dari TNI dan Polri,'' tambahnya.
Yang jelas petugas keamanan dan Tim SAR Pantai Parangtritis siap mengamankan jalannya acara Padusan yang akan berlangsung Minggu (31/7) besuk. ''Aparat keamanan nanti akan disebar mulai dari pantai ujung timur atau Pantai Parang Endog hingga pantai ujung barat atau Pantai Depok,'' katanya.
Dengan medan seluas ini, lanjut dia, maka dibutuhkan aparat atau petugas keamanan yang jumlahnya cukup banyak. Semua ini dilakukan demi keamanan dan kenyamanan para pengunjung yang hendak merayakan upacara Padusan di pantai selatan khususnya Pantai Parangtritis.

Menurut Taifik, jumlah personil SAR di Bantul seluruhnya ada 75 personil. Dari jumlah itu, 50 personil diantaranya untuk pengamanan di Pantai Parangtritis hingga Pantai Depok. Sedangkan sisanya untuk pengamanan di Pantai Samas, Kuwaru dan Pantai Pandansimo.
Untuk mengamankan jalannya acara tradisi Padusan, maka masih akan ditambah petugas dari kepolisian dan TNI. Antara, lain petugas Polisi dari Polres Bantul, Polairud Polda DIY dan Angkatan Laut serta masih ditambah elemen masyarakat pantai selatan. 
Meski demikian, pihaknya tetap menghimbau kepada masyarakat yang ingin merayakan tradisi Padusan di pantai selatan sebaiknya jangan bermain apalagi mandi di sepanjang pantai selatan.
''Perlu diingat, pantai laut selatan itu bukan pantai tapi samudra,'' katanya. ''Sehingga wajar kalau ombak disepanjang pantai cukup besar dan berbahaya,'' tambahnya.
Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung, maka kawasan pantai yang terdapat palungnya akan dipasang rambu-rambu bahaya dan ditempatkan sejumlah personil SAR agar masyarakat yang ingin mandi tidak berada dikawasan pantai yang berpalung, karena sangat berbahaya.
Sementara Ali Sutanto Joko Saputro, Komandan SAR Pantai Parangtritis, berharap pada acara Padusan tidak ada ubur-ubur laut yang muncul, sebab musim dingin seperti sekarang ini biasanya musim ubur-ubur.
''Semoga tidak ada ubur-ubur yang muncul di sepanjang pantai, karena jika tersengat ubur-ubur rasanya sakit sekali dan terasa panas pada bagian kulit yang tersengat ubur-ubur tersebut,'' katanya menjelaskan.
Untuk menjaga kelancaran arus lalulintas Jalan Parangtritis, maka Polres Bantul akan mengerahkan 150 personil yang selalu siap di sepanjang jalan tersebut.
''Untuk kelancaran lalulintas dijalan itu, kami menurunkan 150 petugas dari Sat Lantas Polres Bantul,'' kata  Kasat Lantas Polres Bantul, AKP Heri Setyo Purnomo.
''Para petugas ini, akan kami sebar di sepanjang Jalan Parangtritis,'' tambahnya.
( Sugiarto / CN34 / JBSM )
Sumber Berita : http://suaramerdeka.com/30 Juli 2011

0 komentar:

Posting Komentar