Minggu, 18 Maret 2012

Penghuni Lapas Dilatih Ketrampilan

SLAWI – Untuk memberikan pembinaan terhadap warga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), di Lapas kelas II B Tegalandong diberikan ketrampilan, mulai dari peternakan dengan budidaya ikan, pemanfaatan barang plastik, pembuatan meja, dan banyak lagi yang lain.
Kepala Lapas Tegalandong, Winduarto Bc IP mengatakan, Lapas Tegalandong yang didirikan tahun 2003 dan difungsikan pada tahun 2007,  dihuni sebanyak 190 orang, yakni 146 terpidana dan 44 tahahan lain, serta 52 orang pegawai yang memberikan pembinaan terhadap warga binaan.  “Semua warga binaan diberikan pelatihan, agar setelah keluar dari Lapas memiliki ketrampilan, dan tidak mengulangi perbuatannya,” katanya, kemarin.
Selain diberikan ketrampilan, lanjut Winduarto Bc IP, warga binaan lapas juga diberikan pemahaman keagamaan, baik itu yang beragam Islam maupun yang lainnya. Adanya ketrampilan tersebut, dirinya berharap agar ada bantuan dari Pemkab Tegal. Selain itu, ia juga berharap agar ada bantuan untuk pembuatan saluran air di luar lapas. Karena beberapa akhir ini, tembok lapas pada saat hujan sering tergerus. Pihaknya mengkhawatirkan jika tembok tersebut nantinya akan roboh.  “Selain ketrampilan, dan bantuan untuk saluran dan lainnya, kami juga berharap agar ada mobil ambulance, karena ini sangat dibutuhkan untuk warga binaan jika ada yang terkena sakit,” ujarnya.
Sementara, Sekda Kabupaten Tegal, Drs Haron Bagas Prakosa MHum, saat mengunjungi Lapas Tegaladong, saatperesmian ruang kunjungan dan pelepasan ikan, menanggapi permintaan kepala lapas mengatakan, bahwa di Pemkab Tegal ada beberapa program berupa ketrampilan atau apapun yang bisa diminta oleh Lapas. Pihaknya akan berupaya jika itu memang dibutuhkan, karena penghuni Lapas yang ada di Tegalandong juga banyak berasal dari Kabupaten Tegal.
“Dalam rangka peningkatan pelayanan ketrampilan, pemkab mempunyai program, dan barangkali ini bisa di singkronkan, agar penghuni Lapas yang nantinya keluar bisa menjadi warga Kabupaten Tegal yang produktif,” katanya. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Penghuni-Lapas-Dilatih-Ketrampilan.html

0 komentar:

Posting Komentar