Selasa, 03 April 2012

Merintis Jalan Menuju Kecamatan Adiwerna Hebat

Butuh Dukungan dan Keterpanggilan Semua Pihak
Berdasarkan masukan dan harapan dari masyarakat dan semua komponen yang ada di Kecamatan Adiwerna, tercuatlah slogan 'HEBAT' yang kedepan bakal dijadikan acuan dalam membangun Kecamatan Adiwerna secara keseluruhan. Lalu?
LAPORAN : HERMAS PURWADI
Pemandangan sejuk menyapa mata kita ketika melintas di perempatan kantor Kecamatan Adiwerna. Balutan warna hijau muda kombinasi kuning mewarnai semua bangunan tembok kantor pusat pelayanan masyarakat itu, termasuk kantor-kantor lain yang ada di sekitarnya.
Pemandangan itu merupakan gambaran langsung dari dampak kebijakan yang ditempuh pemerintahan Kecamatan Adiwerna sebagai daerah serambi Kabupaten Tegal.
Banyak cara pun dilakukan Kecamatan Adiwerna agar daerahnya tetap diingat oleh siapa saja yang melintasinya. Salah satunya, dengan meluncurkan slogan HEBAT.
Dari slogan HEBAT yang diluncurkan dua bulan terakhir itulah, bakal dijadikan lecutan masyarakat kedepan untuk membuat Adiwerna mempunyai nilai ketertarikan.
Camat Adiwerna, HM Soleh, menyatakan, slogan HEBAT yang dicuatkan saat menggelar rakor tersebut menjadi jawaban kongkrit harapan masyarakat Adiwerna.
"HEBAT adalah kependekan dari makna kata Hijau-Elok-Bersih-Agamis-dan Tentram. Dari slogan ini kami menggugah masyarakat Adiwerna agar kedepan ikut memikirkan dan menjaga Adiwerna agar punya nilai lebih," cetusnya.
Dia berkeinginan dengan suasana hijau, elok, dan bersih akan meninggalkan ingatan bagi pengunjung yang mampir atau sempat lewat di Adiwerna.
"Slogan tersebut saat ini sedang gencar-gencarnya kita sosialisasikan kepada seluruh masyarakat, instansi, dan jajaran terkait agar bisa memahami arah pembangunan yang akan kita wujudkan," terangnya.
Dan baru ditahap kedua nanti, pihaknya akan melaksanakan gerakan-gerakan dengan melibatkan steakholder yang ada dimasyarakat. Dimana tahapan itu saat ini sudah dimulai lewat melayangkan surat ke dinas dan instansi serta perbankan, terkait ajakan penataan lingkungan dan ruang kerja. Termasuk dalam rangka penghijauan lewat ajakan memasang 'talulapot' atau tanaman hias dalam pot yang diletakkan di depan kantor. Selebihnya, ajakan menempatkan tempat sampah di depan pintu masuk semua instansi dan kantor yang ada.
“Langkah berikut yang hendak kami lakukan terkait penataan drainase yang ada pembuangan airnya. Dimana tahun ini positif dikerjakan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) di bagian Timur kantor kecamatan dan juga di bagian Barat di depan perlintasan rel kereta api. Sebelum kegiatan itu dimulai, warga sekitar sudah kami gerakkan untuk melakukan rintisan awal untuk penataan lingkungan disana," terangnya.
Pihaknya juga mengaku mendorong pola penataan trotoar dari depan Polsek Adiwerna menuju arah Utara. Dimana penataan trotoar ini juga dibarengi dengan penataan saluran drainase untuk mengangkal munculnya genangan air dimusim penghujan. Dan tekrait mengatasi kesemrawutan di sentra Banjaran, pihaknya pun sudah kerap kali menyampaikan hal tersebut di tingkat Pemkab, dan kini menjadi arah pemikiran serius Pemkab untuk mencari alternatif terbaik mencari tempat bagi mereka dalam rangka penataan, agar penataan bisa benar-benar menjadi solusi tanpa melahirkan permasalahan baru. SEMOGA. (*) 
Sumbe Beita : http://www.radartegal.com/index.php/Merintis-Jalan-Menuju-Kecamatan-Adiwerna-Hebat.html

0 komentar:

Posting Komentar