Bandung (ANTARA News) - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) menurunkan 8.525 personil untuk mengamankan rangkaian peringatan wafat Isa Al Masih atau Paskah di gereja-gereja yang tersebar di seluruh Provinsi Jawa Barat.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Martinus Sitompul ketika dihubungi melalui telepon di Bandung, Jumat, mengatakan Polda Jabar menugaskan lima sampai sepuluh personil di setiap gereja yang berada di wilayah Jawa Barat.

"Jumlah personil yang diturunkan untuk seluruh Jawa Barat mencapai 8.525 orang, sedangkan untuk Kota Bandung saja sebanyak 1.743 orang," ujar Martinus.

Menurut dia, Polda Jawa Barat siap mengamankan jalannya prosesi peringatan Paskah yang telah dimulai dengan Kamis putih pada 5 April 2012, Jumat Agung pada 6 April 2012, serta malam Paskah pada Sabtu malam 7 April 2012 dan Minggu Paskah pada 8 April 2012.

"Karena ada empat peringatan yang bisa diselenggarakan beberapa kali di satu gereja, maka jumlah personil yang diturunkan cukup banyak," ujar Martinus.

Martinus mengatakan pengamanan yang dilakukan oleh Polda Jawa Barat sesuai dengan standard operasi yang berlaku termasuk melakukan penyisiran di beberapa gereja besar di Kota Bandung sebelum dimulainya rangkaian peringatan Paskah.

"Untuk beberapa gereja tertentu di Bandung yang umatnya banyak kita melakukan penyisiran," katanya.

Di Provinsi Jawa Barat terdapat 750 gereja dengan beberapa gereja utama di Kota Bandung adalah Gereja Katedral Santo Petrus di Jalan Merdeka dan Gereja Santo Laurentius di Jalan Sukajadi.

Pada Jumat pagi suasana di Gereja Katedral Santo Petrus terlihat masih sepi. Baru sekelompok Umat Kristen yang terlihat berkumpul di depan pintu gereja untuk mengikuti misa. Tidak terlihat pengamanan yang mencolok di sekitar gereja. Demikian juga dengan suasana di Gereja Santo Launrentius.

Namun, Gereja Isa Al Masih di Jalan Lengkong Besar yang menggelar misa Jumat Agung pada pukul 06.30 WIB terlihat ramai. Kendaraan yang diparkir di pinggir jalan menyebabkan kemacetan di ruas jalan Lengkong Besar. Sejumlah polisi tampak berjaga-jaga di depan pintu pagar gereja sambil mengatur lalu lintas.

Sementara itu, Kota Bandung yang dirundung hujan deras sejak dua hari terakhir sempat disinari cerah matahari pada Jumat pagi. Namun, cuaca mulai berawan menjelang siang. Kemacetan pada libur panjang pekan ini mulai tampak di ruas Jalan Setiabudi yang mengarah ke Lembang.
Sumber Berita : http://www.antaranews.com/berita/305038/polda-jabar-turunkan-8525-personil-amankan-paskah