Selasa, 03 April 2012

Sholawat Mampu Satukan Umat

SHOLAWAT yang merupakan salah satu bentuk kecintaan atau mahabah kepada Nabi Muhammad SAW, mampu menyatukan umat manusia. Hal ini dilakukan oleh Ketua DPRD Kabupaten Tegal, H Rojikin AH SH, saat memberikan sambutan di beberapa acara dengan melantunkan sholawat dan syiiran yang dinyanyikan Gus Dur yang berjudul syiir tanpo wathon.
“Sholawat merupakan mahabah atau cinta kepada Rosullulloh. Sehingga paling tidak menjadi pengingat Rosul. Saya sengaja membacakan sholawat setiap kali ada kegiatan di masyarakat atau kegiatan kepartaian, karena ternyata sholawat mampu menyatukan umat dan ini kami lakukan dengan membaca sholawat secara bersama-sama,” kata H Rojikin, disela-sela kegiatan pengajian di Desa Dukuhsalam Kecamatan Slawi, beberapa waktu lalu.
Dikatakannya, sholawat ini sudah sangat menyatu dengan masyarakat Kabupaten Tegal. Pada saat melantunkan sholawat di hadapan audiens, tidak ada kesulitan untuk mengajak bersama masyarakat yang hadir. Pada saat bersama-sama bersholawat, muncul ruh tersendiri.
“Dari sisi keagamaan, membaca sholawat mendapatkan pahala dan ternyata lantunan sholawat tersebut mampu memperngaruhi suasana batin bagi yang membacanya. Ketika yang jenuh menjadi hilang kejenuhannya, yang tegang menjadi lebih tenang dan lainnya,” ungkap H Rojikin.
Dia mempopulerkan sholawat dan telah memasukan ke dapur rekaman yang dinyanyikan olehnya, yakni sholawat yang diberi judul "Ya Nabi Salam, Sholatulloh, Yasirlana, Miftahul Jannah, Sholawat Qurani, dan Syiir tanpa waton Gus Dur. Semua sholawat dan syiir selalu dibawakan pada saat Ketua DPRD menghadiri kegiatan yang diundang oleh masyarakat Kabupaten Tegal khususnya.
“Kami setiap kali menghadiri kegiatan di masyarakat, terkadang sengaja membawa alat musik dan grup rebana yang menjadi backing vokal, namun terkadang juga tidak,” kata H Rojikin, yang juga sudah mempopulerkan lagu Tegalan.
Seperti halnya lagu tegalan yang sudah dibawakannya dan sudah ada video klipnya, dalam sholawat tersebut juga sedang dalam proses pembuatan video klip. “Lagu Tegalan merupakan ciri khas dan patut dibanggakan. Karenanya, dalam syair sholawat juga ada beberapa kalimat yang menggunakan bahasa Tegal,” tambahnya. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Sholawat-Mampu-Satukan-Umat.html

0 komentar:

Posting Komentar