Senin, 28 Mei 2012

Dari Lomba Menulis Sepucuk Surat Untuk Ketua DPRD

Lomba Menulis Surat untuk Ketua DPRD Kabupaten Tegal yang diadakan oleh Lembaga Mata Hati Kabupaten Tegal, berhasil memilih tiga juara yang telah diuji keabsahannya oleh dewan juri. Seperti Apa ?

LAPORAN : M FATKHUROHMAN
SEKITAR pukul 07.00 WIB, sebanyak 95 pelajar tingkat SMA/SMK/MA dan sederajat didampingi gurunya masing-masing, nampak mendatangi gedung rakyat Slawi, Minggu (27/5). Kehadiran mereka atas undangan panitia lomba Menulis Sepucuk Surat untuk Ketua DPRD Kabupaten Tegal, karena telah mengirimkan surat tersebut dan telah diseleksi oleh dewan juri. Dari hasil seleksi, kemudian terpilih 20 besar.
    Ke-20 peserta yang terseleksi itu pun kemudian diuji keabsahannya dengan cara pemaparan isi surat tersebut.    Mereka menyampaikan sesuai dengan judul surat dan isi surat yang kemudian ditanyakan oleh kedua dewan juri yakni Edi yang merupakan Wartawan Koran Tempo dan Saefudin MA yang merupakan akademisi Kabupaten Tegal.
    Dari beberapa surat yang disampaikan dalam pemaparan, para peserta lebih banyak menyampaikan kritikan maupun saran mulai dari sisi politik, ekonomi, sosial, budaya, dan sisi pendidikan. Dari 20 besar tersebut, terpilihlah tiga peserta sebagai juara. Yakni Siti Musliha dari SMKN 2 Adiwerna yang menulis surat dengan judul ‘Perlu Dukungan Mencapai Prestasi Gelimang’, meraih juara 1. Aiunrizaq Putri dari SMAN 3 Slawi yang membuat surat dengan judul "Gemilang Kabupaten Tegal' menjadi juara 2, dan Alfiyah Nursalamah dari SMKN 2 Slawi dengan judul 'Sepenggal Asa Milik Anakmu' menjadi juara 3.
Ketiga peserta tersebut mendapatkan tropi, piagam penghargaan, buku bacaan 3 buah, dan uang pembinaan. Sementara bagi peserta lain yang masuk dalam 20 besar, mendapatkan buku dan piagam penghargaan. Serta bagi peserta yang lain, hanya mendapatkan piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Tegal, H Rojikin AH SH, Kabag Humas Setda Kabupaten Tegal Drs Adi Mardiatno, Direktur Lembaga Mata Hati Didi Kusaeri, dan dari kedua dewan juri.
Sementara Ketua DPRD Kabupaten Tegal, H Rojikin AH SH, dalam sambutannya yang juga sekaligus menjawab surat dari peserta, menjelaskan tentang tugas dan fungsi anggota DPRD yakni sebagai legislasi, budgeting, dan monitoring. Dia juga menyampaikan bahwa surat yang ditulius oleh para siswa itu akan dijadikan sebagai referensi dalam menjalankan tugas sebagai seorang anggota DPRD. Dirinya sangat berterima kasih, karena ternyata siswa yang dirasakan kurang peduli dengan pembangunan daerah, tetapi justru dengan adanya lomba tersebut maka banyak siswa yang peduli terhadap pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Tegal mulai dari PKL, jalan rusak, pariwisata, pendidikan, dan lainnya.
"Terima kasih atas kepedulian yang disampaikan para siswa melalui lomba surat ini," ungkapnya.
Sementara, Kabag Humas Setda Kabupaten Tegal, Drs Adi Mardiatno, yang mewakili Wakil Bupati Tegal, mengatakan bahwa budaya menulis ini harus sering dilakukan. Dia menjelaskan bahwa dalam menyampaikan sesuatu itu ada dua cara yakni dengan bahas lisan dan bahasa tulis. (*)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Dari-Lomba-Menulis-Sepucuk-Surat-untuk-Ketua-DPRD.html

0 komentar:

Poskan Komentar