Minggu, 27 Mei 2012

Prosentase Kelulusan 9987 Persen

SLAWI - Sesuai prediksi awal tidak akan terjadi penurunan tingkat kelulusan di Kabupaten Tegal terjawab sudah. Dari hasil pengumuman serentak kelulusan UN tingkat SMA/MA/ SMK yang digelar Sabtu ( 26/5) kemarin, dipastikan dari jumlah peserta UN se Kabupaten Tegal 11.015 siswa, sebanyak 11.001 siswa positif dinyatakan lulus. Atau sebanyak 14 siswa tidak lulus UN tahun ini.
Kepala Dindikpora Drs Edi Pramono melalui sekretaris panitia UN tingkat Kabupaten Tegal, Drs Marwanto Mpd menyatakan, dari hasil akhir kelulusan tahun ini, praktis mengalami kenaikan bila dibanding dengan tahun sebelumnya.  "Di tahun 2011 total kelulusan mencapai 99,84 persen. Bila dibanding dengan tahun ini ada kenaikan sebesar 0,03 persen," terangnya disela-sela rekapitulasi prosentase kelulusan dikantornya, Sabtu ( 26/5) kemarin.
Dia merinci siswa yang tidak lulus UN tahun ini untuk tingkat SMA sebanyak 8 siswa, SMK 1 siswa, dan MA sebanyak 5 siswa. Ketika ditanya soal peringkat kelulusan tingkat Jawa Tengah, pihaknya masih menunggu hasil Badan Standart Nasional Pendidikan (BSNP) yang saat ini sedang diproses oleh pusat. Lebih rinci dia menyatakan, untuk pelaksanaan UN tingkat SMA/ MA/ SMK secara umum berjalan lancar dan tidak ditemui hambatan yang berarti.  "Untuk peserta UN SMA jurusan IPA dari 1.588 siswa yang lulus mencapai 1.587 dan hanya meninggalkan satu siswa yang tidak lulus.  Hal ini terdapat kenaikan dari tahun sebelumnya sebesar 0,07 persen. Tahun lalu yang tidak lulus dari jurusan IPA ada 2 siswa," ujarnya.
Sementara untuk peserta SMA dari jurusan IPS dari jumlah peserta 1.797 siswa yang lulus mencapai 1.790 atau 99.61 persen. Dan yang tidak lulus UN dari jurusan ini sebanyak 7 siswa. Dibanding tahun kemarin terjadi penurunan sebesar 0,44 persen. Sementara untuk MA jurusan IPA tahun ini mampu meraih kelulusan 100 persen berbanding terbalik dengan MA jurusdan IPS yang harus meninggalkan 5 siswanya tidak lulus UN. Kelulusan 100 persen juga dialami MA Keagamaan.
Terpisah Kasi SMK H Suratmo Spd MPd mengakui dari jumlah peserta UN sebanyak 6.826 siswa, tahun ini mampu meluluskan 6.825 siswa atau sekitar 99,94 persen.  "Yang tidak lulus dari jenjang SMK hanya satu orang saja, dan terdapat kenaikan prosentase  sebesar 0,001 persen," ujarnya.
Keduanya menyatakan kenaikan prosentase kelulusan tahun ini merupakan sukses bersama yang telah ditempuh pihak pengajar, dan dinas dalam melakukan motivasi terhadap anak didik. (her)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Prosentase-Kelulusan-9987-Persen.html

0 komentar:

Poskan Komentar