Kamis, 12 Juli 2012

80 Calon Paskibraka Ikuti Pelatihan

SEBANYAK 80 calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Tegal (Paskibraka), mengikuti pelatihan dalam rangka persiapan upacara HUT RI tahun 2012. Latihan yang digelar selama 15 kali pertemuan itu, diawali Rabu (11/7) kemarin, di halaman pendopo Pemkab Tegal dimulai dari pukul 14.00 WIB sampai pukul 17.30 WIB. Para calon Paskibraka itu diberikan pembinaan dari Dikpora Kabupaten Tegal, Kodim 0712/Tegal, dan Kesbang Pol Linmas Setda Kabupaten Tegal.
Saat pembukaan latihan, Kabid POR Dikpora Kabupaten Tegal, Teguh Herdi S,  mengharapkan, para calon Paskibraka dapat menjadi anak yang terlatih dan handal. Terlatih secara teknis dan instruktif serta handal dalam sikap dan mentalnya.
“Apa yang diberikan oleh para instruktur pelatih, agar dapat dijadikan pembelajaran untuk bisa diimpelentasikan di lingkungan maupun di sekolah. Karena pelatihan ini tidak hanya fisik, melainkan ada pula pemberian materi-materi yang lain,” katanya.
Sementara, Kasi Pemuda Bidan POR Dinas Dikpora Kabupaten Tegal, Suwatno, menjelaskan, peserta pelatihan berasal dari siswa SMA/SMK negeri dan swasta se-Kabupaten Tegal. Mereka telah melalui tahapan seleksi, hingga terjaring 80 calon Paskibraka yang terdiri dari 42 putra dan 38 putri. Rencananya, para calon Paskibraka itu akan mengikuti pelatihan selama 15 kali pertemuan. “Mereka akan menjalani latihan sebelum puasa selama lima hari dan pada saat bulan puasa sebanyak sepuluh kali,” ungkapnya.
Pada hari pertama, lanjut Suwatno, para peserta diberikan latihan fisik yang dilanjutkan dengan basic PBB. Dihari kedua dilakukan pembentukan kelompok, mulai dari kelompok 17, 8, dan 45. “Mereka dipersipkan untuk menjadi pengibar bendera pada saat detik-detik Proklamasi,” ujarnya.
Dia menambahkan, pelatihan ini tidak hanya sebatas mengibarkan bendera, tetapi juga bertujuan untuk terbenuknya pasukan pengibar bendera pusaka yang terlatih dan handal, serta terbinanya generasi muda yang disiplin, cerdas, dan berakhlakul karimah. “Selain itu, latihan ini juga diharapkan dapat menciptakan kerukunan di kalangan pelajar Kabupaten Tegal,” pungkasnya. (fat)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/80-Calon-Paskibraka-Ikuti-Pelatihan.html

0 komentar:

Poskan Komentar