Selasa, 10 Juli 2012

RSUD Siap Jadi Rujukan Utama Ponek

GEDUNG rawat jalan untuk pelayanan Hemodialisa (HD) dan pelayanan CT Scan RSUD dr Soeselo Slawi resmi beroperasi, Selasa (10/7) hari ini. Sesuai rencana, peresmian gedung itu bakal dilaksanakan oleh Wakil Bupati Tegal HM Hery Soelistiyawan SH MHum. Sedikitnya 300 undangan baik Muspida maupun undangan lain, bakal menghadiri acara peresmian gedung rawat jalan baru itu.
Diresmikannya gedung layanan rawat jalan baru itu, memperkokoh RSUD dr Soeselo Slawi untuk menjadi rujukan pusat layanan utama Ponek di Pantura Jateng. Jika sebelumnya hanya tiga layanan tempat tidur pasien HD, kini menjadi 16 layanan. Begitupun adanya alat CT Scan yang baru dan lebih canggih dengan 16 slick, RSUD dr Soeselo bisa melayanai lebih banyak masyarakat yang membutuhkan layanan dibidang pengobabatan kesehatan.
“CT Scan canggih ini, nantinya bisa mengetahui sejumlah penyakit pasien pada rongga kepala, rongga dada, ronga perut, rongga pinggul, dan lainnya. Juga sejumlah dokter tamu spesialis dari Kota Tegal dan Pekalongan, siap didatangkan untuk membantu,” terang Direktur RSUD dr Soeselo Slawi, dr H Widodo Joko Mulyono MKes MMR, kemarin.
Dikatakan dr Widodo Joko, sehari setelah peresmian gedung rawat inap tersebut, juga bakal diadakan seminar medis yang mengusung tema “Peran CT Scan Dalam Diagnosa Penyakit Paru”, yang digelar pada Rabu (11/7) besok. Sebagai narasumber dalam seminar itu, adalah ahli paru-paru, dr Aria Wirawan dari Salatiga, dr Priyadi SpP, dan dr Lilik Lestari SpDok. Tujuan seminar sendiri, dalam rangka meningkatkan kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas dibidang rumah sakit regular.
Menurut dia, RSUD dr Soeselo Slawi sendiri, kedepan siap meningkatkan layanan kesehatan masyarakat. Seperti peningkatan layanan kesehatan pasien panederita penyakit gagal ginjal bagi masyarakat di Kabupaten Tegal dan sekitarnya. “Apalagi saat ini sudah memiliki alat CT Scan yang lebih canggih. Dalam mendiagnosa penyakit, bakal lebih canggih pula,” jelasnya.
JADI RUJUKAN
Sesuai keputusan Menkes RI, di Indonesia ada 10 rumah sakit yang menjadi rujukan utama layanan Ponek. Untuk di Jateng sendiri ada dua RS yang menjadi rujukan yaitu RSUD dr Soeselo Slawi untuk wilayah Pantura Jateng dan satunya RS di Banyumas. Dengan diresmikannya gedung baru rawat jalan Pelayanan HD dan Pelayanan CT Scan itu, semakin memperkokoh kesiapan RSUD Dr Soeselo Slawi untuk menapak kedepan.
Disamping itu, layanan kesehatan dengan semakin canggihnya peralatan yang dimiliki, diharapkan bisa semakin lebih meningkat. Pihaknya berharap, masyarakat lebih mempercayai untuk berobat ke RSUD dr Soeselo, khususnya bagi warga Kabupaten Tegal dan sekitarnya. “RSUD menjadi salah satu yang ditunjuk Menkes RI sebagai rumah sakit rujukan Layanan Utama Ponek. Kini saatnya kami akan membuktikan,” ujar dr Widodo Joko.
Sementara atas peresmian gedung rawat jalan Pelayanan HD dan CT Scan, bakal diupayakan untuk lebih memaksimalisasikan layanan utama kesehatan Ponek bagi masyarakat. Sehingga dapat mewujudkan harapan agar masyarakat mendapatkan layanan yang optimal dibidang kesehatan dari RSUD dr Soeselo Slawi. “Kedepan, kami berharap semoga dapat mewujudkan keinginan untuk dapat memberikan layanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat,” pungkasnya. (mohammad ghoni)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/RSUD-Siap-Jadi-Rujukan-Utama-Ponek.html

0 komentar:

Poskan Komentar